5 Kebiasaan Unik yang Dilakukan Orang Jepang di Bulan November

Bulan November mungkin menjadi salah satu dari dua belas bulan yang dirasa biasa aja. Namun berbeda untuk warga Jepang, setiap menjelang pergantian musim di bulan November biasanya mereka menjalankan berbagai tradisi unik. Mau tahu apa aja? Simak ulasan selengkapnya!

5 Kebiasaan Unik yang Dilakukan Orang Jepang di Bulan November

Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Timur, tepatnya di ujung barat Samudra Pasifik. Berbeda dengan Indonesia yang hanya memiliki dua musim, Jepang memiliki iklim subtropis dengan empat musim, yaitu musim panas, musim semi, musim gugur, dan musim dingin.

Setiap menjelang pergantian musim di bulan November, biasanya masyarakat Jepang menjalankan berbagai tradisi dan adat kebiasaan yang terbilang unik. Penasaran tradisi unik apa aja yang dilakukan? Berikut ini beberapa ulasannya yang siapa tahu bisa diterapkan saat pergantian musim di Indonesia, bro.

1. Makan Unagi

5 Kebiasaan Unik yang Dilakukan Orang Jepang di Bulan November

Image source: Randy R.A. Gibbs / Getty Images

Masyarakat Jepang memiliki kebiasaan menyantap makanan penambah energi seperti belut atau unagi saat musim panas. Maklum aja karena saat musim panas, kelembaban udara akan meningkat sehingga menyebabkan tubuh kehilangan energi.

Tradisi menyantap unagi ini dikenal dengan sebutan Doyo no Ushi no Hi yang diperingati setiap bulan Juli hingga awal bulan November.

2. Belajar Mekanisme Pengendalian Bencana

5 Kebiasaan Unik yang Dilakukan Orang Jepang di Bulan November

Image source: smartcitiesworld.net

Setiap tanggal 1 September diperingati sebagai hari pengendalian bencana di Jepang, peringatan tersebut dirayakan dengan belajar mekanisme pengendalian bencana dan tata cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa, angin topan, tsunami, atau kebakaran.

Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan bulan bencana alam di Jepang yang sering terjadi pada Oktober hingga November.

3. Pekan Olahraga

5 Kebiasaan Unik yang Dilakukan Orang Jepang di Bulan November

Image source: savvytokyo.com

Setelah berakhirnya musim panas pada bulan Oktober, maka Jepang akan memasuki musim gugur yang sangat dingin. Aktivitas yang paling populer untuk dilakukan saat awal musim gugur adalah kegiatan olahraga atau yang disebut Undokai.

Beberapa kegiatan olahraga biasanya dilakukan oleh siswa di sekolah masing-masing dengan mengundang para orang tua atau wali murid.

4. Menatap Bulan

5 Kebiasaan Unik yang Dilakukan Orang Jepang di Bulan November

Image source: asiancustoms.eu

Menatap bulan merupakan sebuah festival tradisional Jepang yang dikenal dengan Festival Tsukimi. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, di bulan terdapat seekor kelinci yang sedang menumbuk dengan alu untuk membuat kue mochi setiap musim gugur di bulan Oktober hingga November.

Festival Tsukimi diperkenalkan dari China kepada masyarakat Jepang pada periode Nara dan Heian tahun 710-1185.

5. Momijigari

5 Kebiasaan Unik yang Dilakukan Orang Jepang di Bulan November

Image source: matcha-jp.com

Momijigari merupakan aktivitas menikmati keindahan memerahnya dedaunan pohon yang memerah saat musim gugur di akhir bulan Oktober hingga November. Banyak masyarakat Jepang yang memanfaatkan liburan Sabtu dan Minggu untuk merayakan Momijigari bersama keluarga dan sahabat. Momijigari hampir serupa dengan tradisi Hanami pada musim semi di Jepang.

Nah, itulah beberapa kebiasaan tradisi unik yang dilakukan orang Jepang saat memasuki pergantian musim di bulan November. Walaupun di Indonesia hanya memiliki dua musim, kira-kira tradisi apa yang cocok untuk dilakukan saat pergantian musim di sini, bro?

Source: https://phinemo.com/5-kebiasaan-unik-orang-jepang-di-bulan-november/

Urban Action Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Yoga prisma haryanto
Kereeeennnnn
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
makan unagiiiii