Perilaku Ini Wajib Dihindari saat Melakukan Aktivitas Outdoor

Aktivitas outdoor menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan para pencinta tantangan dan adrenalin. Namun, nggak jarang para pencinta aktivitas outdoor menyepelekan beberapa hal penting. Saat melakukan aktivitas outdoor pun ada perilaku yang harus dihindari, bro. Simak ulasan selengkapnya!

Perilaku Ini Wajib Dihindari saat Melakukan Aktivitas Outdoor

Aktivitas outdoor merupakan kegiatan yang bisa menjadi sangat menyenangkan, namun nggak jarang juga yang menegangkan. Pencinta aktivitas ini bisa melakukan kegiatan sembari menikmati kecantikan alam dengan bebas seakan menyatu dengan alam. Mulai dari trekking di dalam hutan, mendaki gunung, hingga rafting, semuanya memberi kesempatan untuk semakin mencintai alam sekaligus menantang kemampuan diri.

Sekarang ini, semakin banyak pula yang tertarik untuk menjajal serunya beraktivitas outdoor. Perlu diketahui, dalam melakukan aktivitas outdoor pun nggak boleh sembarangan. Ada beberapa perilaku yang wajib dihindari saat melakukan aktivitas outdoor. Mau tahu apa aja? Berikut ini ulasannya.

Pesimis

Perilaku Ini Wajib Dihindari saat Melakukan Aktivitas Outdoor

Image source: shutterstock.com/Panumas Yanuthai

Aktivitas outdoor yang memberikan tantangan tentu jauh berbeda dari kegiatan sehari-hari di dalam ruangan yang cenderung santai. Saat berada di alam terbuka, tantangan yang dihadapi bisa berupa medan yang sulit, terkena sengatan matahari secara langsung, terguyur hujan, dan lainnya.

Maka selain ketahanan fisik, ketahanan mental juga perlu dimiliki untuk melakukan kegiatan ini. Salah satunya dengan membekali diri soal medan yang akan dihadapi. Jangan pernah mudah menyerah saat menghadapi situasi yang sulit. Tetap bersikap positif dalam situasi tersebut mungkin cukup sulit, namun tetap harus dihadapi dengan bijak.

Merusak Alam

Perilaku Ini Wajib Dihindari saat Melakukan Aktivitas Outdoor

Image source: pexels.com/@magda-ehlers

Banyak kalangan anak muda yang mengikuti tren naik gunung demi mengejar eksistensi untuk diperlihatkan ke media sosial. Sayangnya, kegiatan seperti ini kerap dijadikan sebagai wisata ‘biasa’. Akibatnya polusi sampah plastik dan jenis sampah yang nggak bisa terurai lainnya pun menumpuk.

Selain menyenangkan diri sendiri, kegiatan ini juga sesungguhnya untuk semakin meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan alam dan melindunginya, bukan malah mencemari lingkungan tersebut.

Nggak Kooperatif

Perilaku Ini Wajib Dihindari saat Melakukan Aktivitas Outdoor

Image source: pexels.com/@bhine

Dalam beraktivitas outdoor, harus memiliki ketangguhan dalam bertahan baik secara individu maupun kelompok. Ketika dalam situasi sulit seperti tersesat dalam keadaan gelap dan kehabisan perbekalan, maka harus mampu untuk tetap tenang dan menjaga keselamatan diri sendiri maupun kelompok.

Hindari menjadi egois saat berada dalam situasi seperti ini, apalagi melakukan perdebatan yang pada akhirnya membuat kelompok menjadi berpencar. Temukan solusi bersama dengan kepala dingin. Agar lebih mudah, sebaiknya sejak awal tentukan siapa yang menjadi pemimpin kelompok.

Melanggar Aturan

Perilaku Ini Wajib Dihindari saat Melakukan Aktivitas Outdoor

Image source: shutterstock.com/Kuen Lim

Kegiatan outdoor memiliki risiko yang sangat tinggi, setiap aturan yang ditetapkan pun nggak lain sebagai prosedur keselamatan untuk menjaga tetap aman.

Ketika mendaki gunung misalnya, pastikan telah mendaftarkan diri kepada petugas terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri menjadi pendaki ilegal. Selain itu, ikuti batasan-batasan wilayah yang diperbolehkan dan nggak diperbolehkan untuk diakses.

Mengandalkan Orang Lain

Sekalipun melakukan aktivitas outdoor secara berkelompok, jangan pernah mengandalkan anggota lain dalam kelompok. Masing-masing anggota memiliki tanggung jawabnya sendiri, setidaknya melengkapi kebutuhan pribadi seperti ransel, sepatu, pakaian, obat-obatan, senter, dan sebagainya.

Setiap orang yang melakukan kegiatan outdoor juga merasakan hal yang sama seperti yang lo rasakan. Jangan menjadi beban bagi orang lain untuk hal-hal yang bisa diantisipasi sendiri sejak awal.

Nah, itulah beberapa perilaku dasar yang wajib dihindari saat melakukan aktivitas outdoor. Walaupun kegiatan ini sudah mulai digemari banyak orang, ketahuilah bahwa perjalanan yang akan dilalui nggak mudah. Selalu bekali diri dengan pengetahuan mengenai tempat tujuan, sehingga bisa mempersiapkan diri dengan matang.

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/perilaku-yang-harus-dihindari-saat-aktivitas-outdoor?_pos=2&_sid=fc4f2cb3c&_ss=r
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
wajib nihhh
Agus Sungkawa
beberapa perilaku dasar yang wajib dihindari saat melakukan aktivitas outdoor.
Win Gilang Darwin
anggap diri kita tamu...
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Nice info.
SRI YAYA ASTUTI
BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA
Yuniarto ( Tato )
Optimis y bro