Selain di Taman Nasional Komodo, Ini Lho Sebaran Habitat Komodo di Indonesia

Taman Nasional Komodo (TNK) lagi jadi sorotan selepas ada foto viral seekor komodo berhadapan dengan mobil truk proyek pembangunan. Dalam kurun waktu belakangan, Taman Nasional Komodo memang sedang proses pembangunan.

Selain di Taman Nasional Komodo, Ini Lho Sebaran Habitat Komodo di Indonesia

Jadi di sana, khususnya di Pulau Rinca akan mengalami perubahan desain yang bisa dibilang cukup signifikan. Ke depannya Pulau ini akan menjadi destinasi wisata premium dengan pendekatan konsep geopark atau wilayah terpadu yang mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan

Tapi kita lagi nggak ngebahas soal proyek si Taman Nasional Komodo nih bro. Yang kali ini bakal dikuliti itu tentang habitat Komodo yang ada di Indonesia selain di Taman Nasional Komodo.

Karena kebanyakan wisatawan itu tahunya kalau habitat komodo ya di Taman Nasional Komodo itu. Memang sih, di sana habitat paling banyak reptil bernama latin Varanus komodoensis. Cuma sebarannya di Indonesia nggak cuma di Taman Nasional Komodo aja.

Cagar Alam Wae Wuul 

Selain di Taman Nasional Komodo, Ini Lho Sebaran Habitat Komodo di Indonesia

Image source: Media Indonesia/John Lewar

Kawasan Cagar Alam Wae Wuul di Desa Macan Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), juga jadi habitatnya komodo. Kawasan Cagar Alam Wae Wuul ini memiliki luas sekitar 3.000 hektare yang mana merupakan habitat satwa purba komodo, rusa, babi, hingga kuda liar.

Pada pertengahan Agustus 2020 lalu, Kawasan Cagar Alam Wae Wuul terbakar.  Titik api yang muncul berada di wilayah Wingkol bagian barat kawasan cagar alam.

Taman Wisata Alam 17 Pulau

Selain di Taman Nasional Komodo, Ini Lho Sebaran Habitat Komodo di Indonesia

Image source: satyawinnie.com

Kawasan konservasi Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung, tepatnya di Pulau Ontoloe juga menjadi salah satu habitat komodo. Di lokasi ini menjadi tempat menetasnya telur komodo.

Pada tahun 2015 lalu, ada 16 telur komodo yang menetas. Dan, peristiwa itu bikin gempar dunia konservasi karena mamang katanya hal ini peristiwa yang langka terjadi. 

Telur komodo yang menetas di Pulau Ontoloe dianggap sebagai keberhasilan pemerintah, khusus Kementerian Kehutanan melalui Balai Besar KSDA Kupang dalam menjaga kelangsungan dan keberlanjutan konservasi. 

Nah buat yang belum tahu, selain jadi habitat komodo, Pulau Ontoloe juga tempat berkumpulnya burung kalong, burung gosong atau dalam bahasa lokal burung wontong (Megapodius reinwardt), dan 33 ribu kalong. Ada juga burung camar laut, mawar laut, ikan kerapu, ikan hias arwana, ikan sunu, ikan barakuda dan ikan tenggiri. Dan, yang nggak kalah cantik tuh terumbu karang di bawah laut 17 Pulau Riung.

Tanjung Torong Padang

Torong Padang di Utara Pulau Flores juga menjadi habitat alami biawak Mbou/Mbau atau yang lebih dikenal sebagai biawak komodo (Varanus komodensis). Torong Padang juga merupakan habitat bagi satwa mangsa komodo yakni rusa Timor. 

Populasi rusa Timor relatif sedikit, hanya kurang dari 20% dari populasi di Taman Nasional Komodo. Makanya komodo dan rusa Timor sulit dijumpai di lokasi ini. Torong Padang juga menjadi lokasi acara Napak (perburuan adat) yang dipimpin oleh Raja Riung bersama dengan pemuka adat. 

Dalam perburuan adat ini seluruh warga menggunakan kuda, jerat, anjing berburu, dan tombak. Satwa yang diburu mulai dari rusa, babi hutan, babi landak dan musang. Tujuan acara adat ini untuk membasmi hama sebelum bertani pada bulan September–Oktober. Jadi proses acara adat ini adalah upacara penentuan tempat berburu, berburu adat, dan upacara pesta pembagian hasil buruan.

 

Source:
https://travel.detik.com/travel-news/d-5229383/fakta-fakta-habitat-komodo-selain-di-taman-nasional-komodo
https://ksdae.menlhk.go.id/info/5163/23-mbou-di-torong-padang.html#:~:text=Torong%20Padang%2C%20suatu%20tanjung%20di,biawak%20komodo%20(Varanus%20komodensis).
https://travel.kompas.com/read/2015/03/11/162500227/Keajaiban.Taman.Wisata.Alam.17.Pulau.Riung.di.Flores?page=all
Trending Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
dephy
LESTARIKAN
Yuniarto ( Tato )
Indahnya Negriku
Agus Sungkawa
Nice informasi
agung
tq info ya
Agung Sutrisno
Pulau Rinca akan mengalami perubahan
samsul hadi
Bener2 jurasic parknya dunia