Cari Sunrise Tanpa ke Puncak Gunung, Ya ke Bukit Lincing Arjuno Aja!

Matahari terbit tuh jadi pemandangan wajib dinikmati ketika melakukan pendakian. Nggak sah rasanya mendaki gunung tanpa melihat menyaksikan sunrise. Apalagi kalau bisa melihat sunrise tanpa halangan, terus berselimut awan. Rasanya damai bener, bro!

Cari Sunrise Tanpa ke Puncak Gunung, Ya ke Bukit Lincing Arjuno Aja!

Buat yang sering mendaki di Jawa Timur, sempatkan hiking ke Gunung Arjuno. Gunung Arjuno ini salah satu gunung tertinggi di dataran Jawa. 

Urusan pemandangan alamnya jangan diragukan lagi bro, kalau lagi sunrise, gradasi warna awan dari kuning ke oranye cantik banget. Nggak heran kalau lokasi ini kerap jadi perburuan buat melihat matahari terbit.

Nah menariknya, kalau lo mau menikmati sunrise di Gunung Arjuno ini nggak perlu mendaki sampai ke puncak gunung. Cukup dari bukitnya saja.

Gunung yang memiliki tinggi 3.339 mdpl ini memiliki spot cantik yang namanya Bukit Lincing Arjuno. Kayak apa sih?

Lewat Jalur Pendakian via Lawang

Cari Sunrise Tanpa ke Puncak Gunung, Ya ke Bukit Lincing Arjuno Aja!

Image source: instagram.com/jefry_susanto

Nah kalau mau menuju ke Bukit Lincing Arjuno ini, lo harus melakukan perjalanan lewat jalur pendakian Lawang. Nggak susah kok buat menemukan si bukit cantik ini.

Aksesnya mulai dari melewati Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang. Biasanya, pendaki yang mau ke puncak Arjuno ini didata dulu di Desa Wonorejo ini. 

Perjalanan juga bisa dilalui dari gapura sisi utara Hotel Niagara Lawang, menuju kebun teh. Kalau lo dari Surabaya, pintu gapura berada di sebelah kanan keluar dari flyover.

Estimasi waktu pendakian, butuh waktu sekitar satu jam buat sampai ke Pos 1. Lanjut dari Pos 1, jalan lagi dengan waktu tempuh dua jam menuju Bukit Lincing Arjuno ini.

Pemandangan Savana Lincing

Cari Sunrise Tanpa ke Puncak Gunung, Ya ke Bukit Lincing Arjuno Aja!

Image source: instagram.com/si.matcha

Sampai di bukit, rasa capek selama tiga jam perjalanan terbayar tunai bro. Tapi biar pemandangan yang didapat lebih sempurna lagi, lo harus melakukan perjalanan sejak tengah malam bro.

Paling ideal sih pukul 22.00 WIB atau 23.00 WIB. Tapi jangan lupa sama peralatan lengkapnya ya bro, mulai dari tenda, matras, sampai makanan. Karena masih ada waktu berjam-jam buat lo menunggu sunrise tiba. Pemandangan indah itu sebenarnya sudah bisa lo nikmati dari semalam. Kelap-kelipnya lampu kita bisa kelihatan dari atas bukit ini. Sambi menyeruput kopi, menunggu sunrise nggak bakal terasa lama.

Dan, waktu yang ditunggu-tunggu itu pun datang. Matahari itu pelan-pelan bergerak ke barat. Langit memerah dan oranye di antara pemandangan gunung. 

Sebelum matahari benar-benar di atas kepala, lo bisa nikmati lagi indahnya savana Lincing. Gunung-gunung di kejauhan menampakkan siluetnya. Setelah puas, segeralah turun sebelum siang untuk menghindari terik matahari yang panas.

Kenyamanan kawasan Gunung Arjuno nggak sampai di situ aja bro. Saat perjalanan turun lo bisa menikmati suasana sejuk dan keindahan hamparan kebun teh hingga batas vegetasi, antara kebun teh dan hutan Kawasan Gunung Arjuno.

 

Source: https://phinemo.com/spot-sunrise-bukit-lincing-arjuno/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
dephy
AWAL HARI DENGAN MATAHARI YANG TERBIT INDAH
Agus Sungkawa
Amazing banget sunrise nya
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
Bagus juga nih
Bahar
Nice info