Tips Mengelola Pakaian Saat Melakukan Pendakian

Pakaian ganti menjadi benda wajib yang ada di dalam ransel atau carrier saat melakukan pendakian ke gunung. Namun, ternyata dalam melakukan pendakian, pendaki juga harus bisa mengelola pakaian yang digunakan, bro. Bagaimana caranya? Simak ulasan selengkapnya!

Tips Mengelola Pakaian Saat Melakukan Pendakian

Sebelum melakukan pendakian ke gunung, berbagai peralatan lengkap seperti peralatan camping, alat masak, logistik, serta pakaian ganti akan dipersiapkan ke dalam tas ransel. Pakaian yang digunakan selama pendakian pun harus nyaman serta sesuai dengan kondisi cuaca di gunung. Begitu pula dengan pakaian ganti yang dibawa saat pendakian.

Dalam pendakian, penggunaan pakaian juga harus dikelola dengan benar supaya nggak salah kostum yang bisa berakibat kedinginan hingga hipotermia. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips dalam mengelola pakaian saat pendakian yang bisa diterapkan para pendaki.

Tentukan Lama Perjalanan

Tips Mengelola Pakaian Saat Melakukan Pendakian

Image source: shutterstock.com/Olga Danylenko

Sebelum membawa pakaian ganti, ketahui berapa lama perjalanan yang akan dihabiskan. Ini penting karena ada beberapa gunung yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai puncak, bahkan bisa berhari-hari.

Lama pendakian tentu memengaruhi jumlah pakaian yang dibawa. Yang terpenting ada satu untuk dikenakan saat perjalanan, satu untuk cadangan ketika basah oleh hujan, sedangkan satu lagi untuk persiapan ganti saat dalam keadaan darurat.

Pilih Bahan yang Sesuai

Tips Mengelola Pakaian Saat Melakukan Pendakian

Image source: shutterstock.com/Vitalii Matokha

Ada jenis kain yang cukup hangat ketika digunakan saat mendaki, yaitu jenis fleece dan wol. Namun ternyata bahan ini sulit menguap kembali ketika menyerap air atau keringat. Perlu diingat, bahwa suhu dan cuaca di gunung nggak mudah ditebak.

Jika jenis kain tersebut terkena hujan bisa jadi malapetaka, dan masalah yang bisa menyerang adalah hipotermia.

Sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan polyesters, acrylics, atau bahan ripstop yang sudah teruji handal untuk dijadikan kemeja lapang.

Tentukan Kapan Akan Menggunakan Pakaian Tersebut

Tips Mengelola Pakaian Saat Melakukan Pendakian

Image source: shutterstock.com/Jellis Vaes

Salah satu kunci memilih bahan pakaian yang sesuai adalah tahu kapan akan menggunakan jenis pakaian tersebut. Misal kain jenis wol dan fleece bisa dijadikan kapisan dalam sebelum jaket, sehingga bisa lebih hangat ketika digunakan saat beristirahat.

Sedangkan saat pendakian, gunakan bahan kain yang mudah menyerap dan menguapkan keringat kembali seperti jersey atau kemeja lapang yang ringan.

Kemas Pakaian dengan Efisien

Tips Mengelola Pakaian Saat Melakukan Pendakian

Image source: shutterstock.com/Elnur

Banyak sekali cara untuk mengemas pakaian, namun ketika sedang mendaki, efisiensi tempat dan waktu menjadi krusial. Melipat pakaian yang harus berjejal dengan barang bawaan lain di dalam carrier, akan membuat pakaian tersebut mudah kusut dan agak menyulitkan ketika akan mengambilnya.

Untuk itu, cara yang paling baik adalah dengan menggulungnya seperti sleeping bag. Setelah semuanya rapi, bisa dimasukkan ke dry bag yang tahan air sebelum menjejalkannya ke dalam tas bersama dengan barang lain.

Hal tersebut berfungsi untuk menghindari agar pakaian yang dikenakan nggak basah saat air hujan berhasil menembus tas.

Nah, itulah beberapa tips mengelola pakaian saat melakukan pendakian. Dengan selektif memilih pakaian yang dikenakan saat pendakian, maka perjalanan bisa lebih optimal dan nyaman, bro.

 

Source: https://phinemo.com/tips-mengelola-pakaian-saat-hiking/
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
oke bosss
Agung Sutrisno
Perlu diketahui cara pemakaian dan perawatan
Heni Oen
terima kasih infonya
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Bahar
Mantappp
Muhamad Gerry
Mantap min
agung
tq info ya
Muhammad arifudin
Tips bagus