Tips Merawat Pakaian Trail Run Biar Nggak Gampang Rusak

Merawat pakaian khusus yang dikenakan untuk olahraga memang nggak selalu gampang. Terutama pakaian olahraga trail run, ada beberapa cara untuk merawat supaya pakaian trail run nggak gampang rusak dan tetap awet. Simak ulasan selengkapnya!

Tips Merawat Pakaian Trail Run Biar Nggak Gampang Rusak

Pakaian compression merupakan jenis pakaian yang sering dipakai oleh para pelari trail run. Pakaian jenis ini bersifat ketat dan press body. Jenis pakaian ini memiliki sedikit keistimewaan yaitu lebih mudah melar dan rusak dibanding jenis pakaian lain, sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Saat pakaian compression sudah melar dan rusak, maka kegunaan dari pakaian ini akan kurang maksimal. Jadi mau nggak mau harus menggantinya dengan yang baru, padahal harga dari pakaian tersebut bisa dibilang cukup mahal. Di sisi lain, banyak yang nggak paham bagaimana cara merawat pakaian ini agar lebih awet dan tahan lama.

Nah, ada beberapa tips merawat pakaian trail run yang perlu diketahui, bro. Berikut ini beberapa cara merawat pakaian trail run yang bisa diterapkan supaya lebih awet dan nggak gampang rusak.

Pilih Pakaian yang Berkualitas

Tips Merawat Pakaian Trail Run Biar Nggak Gampang Rusak

Image source: shutterstock.com/Andre Gie

Sebelum tahap merawat pakaian, pastikan terlebih dahulu bahwa pakaian yang dimiliki memang berkualitas. Maka solusinya adalah harus membeli pakaian dengan bahan dan kualitas jahitan yang memang berkualitas. Ini adalah tahap awal dari sebuah pakaian trail run yang awet dan tahan lama.

Lo bisa memilih pakaian sesuai rekomendasi teman yang sudah pernah memakai pakaian compression. Atau jika membelinya secara online, bisa dilihat beberapa review dari pembeli sebelumnya. Semakin banyak review bagus maka bisa dipastikan semakin bagus kualitas tersebut.

Langsung Cuci setelah Digunakan

Tips Merawat Pakaian Trail Run Biar Nggak Gampang Rusak

Image source: pexels.com/@polina-tankilevitch

Mungkin ada beberapa orang masih malas mencuci pakaian setelah menggunakannya untuk latihan lari. Memang pakaian compression didesain agar mudah kering. Namun, nggak mencuci dan hanya mengeringkannya hanya akan menumpuk kotoran di pakaian.

Saat pakaian sudah sangat kotor, maka kain akan semakin sulit dibersihkan. Ini akan membuat pakaian compression justru cepat rusak. Maka solusinya adalah, harus langsung mencucinya setelah selesai lari. Setelah kering baru bisa memakainya lagi.

Pisahkan dari Pakaian Lain Saat Dicuci

Tips Merawat Pakaian Trail Run Biar Nggak Gampang Rusak

Image source: pexels.com/@rodnae-prod

Meski pakaian compression berwarna hitam atau gelap, tetap pisahkan dengan jenis lain. Memisahkan pakaian compression dengan pakaian lain bertujuan untuk mencegah agar kain nggak mudah rusak karena tertumpuk jenis pakaian lain. Ini juga akan membuat lebih berhati-hati saat mencuci.

Perhatikan Label Pencucian

Meski sama-sama jenis pakaian khusus trail run, nggak semua merek punya standar pencucian yang sama. Jadi perhatikan aturan pencucian yang terdapat di masing-masing label pakaian. Kalau mengikuti aturan ini sebelum mencuci, umur pakaian bisa bertahan cukup lama.

Secara umum, pakaian compression lebih baik dicuci tanpa mesin cuci. Pakaian ini bisa dicuci dengan mengucek langsung menggunakan tangan. Hindari penggunaan deterjen yang mengandung pelembut karena ini akan membuat kain cepat rusak.

Pengeringan Alami Lebih Bagus

Untuk mengeringkan pakaian compression, sebaiknya gunakan panas alami dari matahari. Pilihlah tempat yang nggak terlalu terik. Mengeringkan pakaian menggunakan pengering mesin cuci hanya akan membuat kain cepat mengkerut dan rusak.

Jika takut menggantung pakaian compression dalam posisi vertikal karena takut melar ke bawah, maka bisa menjemur dalam posisi horizontal. Posisi ini lebih aman karena berat pakaian nggak terbeban ke bagian bawah.

Nah, itulah beberapa tips merawat pakaian trail run supaya lebih awet dan nggak gampang rusak. Merawat pakaian trail run mungkin akan sedikit memakan waktu, tapi jika dirawat dengan kesabaran maka hasilnya pakaian akan lebih awet, bro.

 

Source: https://phinemo.com/tips-merawat-pakaian-trail-run-supaya-nggak-gampang-rusak/
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
dephy
mencuci bukan hanya sekedar hanya mencuci
SRI YAYA ASTUTI
tidak semua baju mempunyai standar penyucian yang sama
Agung Sutrisno
Perlu perawatan yg maksimal
Yuniarto ( Tato )
Okeee Bossss
Bahar
Mantapppp