Di Indonesia Ternyata Ada 3 Piramida Kuno Lho, Sudah Pernah ke Sana?

Jejak sejarah di Indonesia tuh banyak banget. Mungkin ini baru sedikit yang tahu, ternyata di Tanah Air kita ada primada kuno. Jadi piramida itu nggak cuma ada Mesir aja bro.

Di Indonesia Ternyata Ada 3 Piramida Kuno Lho, Sudah Pernah ke Sana?

Namun, piramida versi Indonesia ini masih menyisakan misteri di kalangan sejarawan. Salah satu piramida yang paling fenomenal itu diperkirakan sudah ada sejak 5200 tahun sebelum Masehi (SM), jauh sebelum peradaban Mesir lahir. Benar nggak ya?

1. Pugung Raharjo, Lampung Timur

Di Indonesia Ternyata Ada 3 Piramida Kuno Lho, Sudah Pernah ke Sana?

Image source: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Pugung Raharjo berada di Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Situs Pugung Raharjo ini merupakan peninggalan prasejarah di Indonesia yang tergolong sebagai punden berundak dengan empat sisi yang simetris. 

Para arkeolog menduga bahwa situs ini peninggalan zaman Megalitikum pada 2500 SM. Kalau ditotal tuh ada sekitar tujuh punden berundak yang berbentuk piramid. Dulunya, lokasi ini digunakan sebagai tempat untuk menyembah arwah nenek moyang dan meletakkan berbagai sesembahan. 

Di sekitar Pugung Raharjo bisa juga ditemui peninggalan bersejarah lainnya seperti arca, prasasti, dan altar batu.

Dari sisi kronologi, artefak, maupun fiturnya, situs Pugung Raharjo tergolong unik, menarik, dan variatif. Artefak yang ditemukan di situs ini antara lain keramik asing dari beberapa dinasti, keramik lokal, manik-manik, dolmen, menhir, pisau, mata tombak, batu berlubang, batu asahan, batu pipisan, kapak batu, batu trap punden, gelang perunggu, dan batu bergores.

Adapun fitur yang ditemukan di situs Pugung Raharjo antara lain benteng dan parit artificial, punden berundak, batu berlubang, lumpang batu, batu bergores, batu kandang (batu mayat).

2. Candi Sukuh, Jawa Tengah

Di Indonesia Ternyata Ada 3 Piramida Kuno Lho, Sudah Pernah ke Sana?

Image source: Luthfi Adipradana

Candi Sukuh ini terletak di Kelurahan Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Candi Sukuh diperkirakan dibangun pada masa akhir Kerajaan Majapahit, yaitu abad ke-15, pada masa pemerintahan Ratu Suhita (1429-1446).

Tata letak situs Candi Sukuh terbagi menjadi 3, yaitu teras pertama berada pada lahan paling bawah, teras kedua di tengah, dan teras ketiga yang paling tinggi terdapat candi induk. Masing-masing teras dibatasi dengan pagar batu candi dan untuk memasuki masing-masing teras harus melalui gapura.

Candi Sukuh ini juga memiliki segudang mitos, salah satunya mitos tentang keperawanan. Konon, apabila ada gadis perempuan yang melewati tangga menuju ke atas piramida, kemudian kainnya robek, berarti gadis tersebut sudah nggak perawan lagi.

Satu lagi jadi misteri adalah, Candi Sukuh bentuknya mirip dengan Piramida Aztec di Amerika Latin. Padahal belum ada kontak dari Nusantara ke benua Amerika. Hal ini yang masih jadi misteri.

3. Gunung Padang

Di Indonesia Ternyata Ada 3 Piramida Kuno Lho, Sudah Pernah ke Sana?

Image source: Okky Febrian

Gunung Padang merupakan situs purbakala berupa punden berundak yang berbentuk piramid. Lokasinya di Desa karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Penemuan situs ini menjadi sangat fenomenal karena diduga telah ada sejak 9.000-20.000 tahun lalu, lebih lama dari Peradaban Mesir dan Mesopotamia yang dipercaya sebagai peradaban tertua

Tinggi daripada Situs Gunung Padang sekitar 220 meter. Sedangkan, luasnya sekitar 29,1 hektar. Gunung Padang memiliki lima punden berundak. Di tingkat paling atas, ada lokasi yang disebut-sebut berkaitan dengan asal-usul umat manusia bagaikan kisah Adam dan Hawa. 

Lalu tingkat kedua, ada batu 'mahkota dunia' yang membuat banyak orang beranggapan ada harta karun terpendam di Gunung Padang. Situs prasejarah ini pun dianggap sakral oleh penduduk sekitar, karena dianggap sebagai tempat Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam.

 

source: https://nationalgeographic.grid.id/read/131270531/ilmuwan-ungkap-gunung-padang-sebagai-struktur-piramida-tertua-di-dunia?page=all
https://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/public/objek/detailcb/PO2016031700008/candi-sukuh
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/situs-taman-purbakala-pugung-raharjo-dari-tinggalan-pra-sejarah-sampai-hindu-budha/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Peninggalan bersejarah yg harus selalu dijaga
Yuniarto ( Tato )
Luar Biasa Bro
dephy
cagar budaya
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Warisan budaya yang senantiasa di jaga dan di lestarikan
SRI YAYA ASTUTI
saksi peradaban manusia
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Pengin Kesanaaaa
Bahar
Mantapppp