5 Jenis Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Pendakian

Melakukan pendakian ke gunung ternyata nggak hanya asal pakai sepatu gunung aja. Sepatu gunung juga harus dipilih berdasarkan medan pendakian gunung yang akan didaki. Bagaimana cara memilih sepatu gunung yang sesuai dengan medan pendakian? Simak ulasan selengkapnya!

5 Jenis Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Pendakian

Sepatu gunung memiliki berbagai macam jenis yang disesuaikan dengan fungsinya. Sepatu yang digunakan naik gunung tentu nggak bisa disamakan dengan sepatu untuk sehari-hari. Dalam menentukan sepatu gunung yang tepat, perlu diperhatikan jenis yang sesuai dengan fungsi dan medan pendakian yang akan didaki.

Oleh karena itu, para pendaki sebaiknya mengetahui jenis sepatu gunung mana yang cocok digunakan untuk medan pendakian yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis sepatu gunung yang bisa dipilih sesuai dengan fungsi dan medan pendakian.

1. Trail Running Shoes

5 Jenis Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Pendakian

Image source: shutterstock.com/Panumas Yanuthai

Sepatu trail running bukan seperti sepatu lari pada umumnya. Sepatu ini diciptakan untuk melewati jalur gunung. Sepatu ini juga cocok digunakan untuk mendaki gunung yang nggak terlalu tinggi dan memiliki jalur trekking yang pendek.

Sol sepatu yang dibuat lebih kuat dan keras akan melindungi kaki dari cuaca dan kondisi medan yang buruk. Sepatu gunung jenis ini memudahkan kaki untuk menjangkau tanjakan. Selain nyaman untuk mendaki, bentuknya yang simple juga cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

2. Hiking Shoes

5 Jenis Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Pendakian

Image source: shutterstock.com/adriaticfoto

Hiking shoes sangat pas digunakan untuk pendakian dengan jalur yang landai dan medan nggak berat. Kerangka model sepatu gunung ini memberikan kenyamanan untuk kaki saat melewati jalur pendakian yang nggak terlalu terjal.

Umumnya hiking shoes terbuat dari bahan suede, nilon, atau kulit. Meskipun bantalan kaki nggak begitu tinggi, tetapi kerangka sepatu dapat melindungi pergelangan kaki (engkel). Jangan sampai terkecoh dengan berbagai jenis sepatu di pasaran yang mirip dengan hiking shoes ini.

3. Mid-Weight Boots

5 Jenis Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Pendakian

Image source: shutterstock.com/Natalia Deriabina

Mid-Weight Boots, sepatu gunung dengan model klasik ini sangat cocok digunakan untuk naik gunung dengan medan yang cukup berat dan jalur pendakian yang nggak begitu mulus. Konstruksi model dan sol sepatu gunung yang keras memang membuat kaki terasa kurang nyaman.

Bantalan sepatu yang tingginya nanggung membuat pergerakan kaki kurang fleksibel. Nggak jarang para pemakai sepatu gunung jenis ini merasa nggak nyaman ketika menjangkau tanjakan yang tinggi. Namun, sepatu ini sangat sesuai jika digunakan untuk pendakian yang memakan waktu berhari-hari.

4. Heavy Boots

5 Jenis Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Pendakian

Image source: shutterstock.com/Bizi88

Secara teknis, sepatu Heavy Boots dengan bantalan kaki tinggi memiliki kerangka sepatu yang lebih baik. Umumnya bahan sepatu gunung ini terbuat dari Gore-tex. Kelebihan bahan gore tex adalah tahan air, uap tetap bisa menembus lapisan bahan ini, dan nggak mudah lembab. Sangat cocok digunakan untuk mendaki gunung di medan yang berat.

5. Mountaineering Boots

5 Jenis Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Pendakian

Image source: shutterstock.com/Vixit

Mountaineering Boots sangat cocok digunakan untuk mendaki gunung yang bersalju dan memiliki medan yang sulit. Biasanya para pendaki mengkombinasikan sepatu tipe ini dengan Crampon (kerangka penyangga sepatu untuk berjalan di salju atau es).

Sepatu gunung ini diciptakan untuk mendaki gunung es namun kurang nyaman ketika berjalan di trekking yang sangat panjang. Mountaineering Boots terbuat dari bahan yang melindungi kaki dari suhu terendah.

Nah, itulah beberapa jenis sepatu gunung yang bisa dipilih berdasarkan medan pendakian gunung. Sebaiknya kenali dulu fungsi sepatu gunung dan medan yang akan didaki, jangan sembarang memilih. Salah memilih sepatu tentu akan berbahaya bagi keselamatan lo, bro.

 

Source: https://phinemo.com/tips-memilih-sepatu-gunung/
Gear Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Mantap Bos
DEVI TRI HANDOKO
sesuaikan saja dengan aktifitasmu
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Informasi sepatu gunung yang bermanfaat
SRI YAYA ASTUTI
sepatu itu snagat penting
Bahar
Mantapppp
Muhammad arifudin
Stock harus banyak
Agung Sutrisno
Harus tepat dalam memilih