4 Tips Gampang Memulai Olahraga Trail Running Buat Pemula

Seorang trail runner asal Pekanbaru, Riau, Rezky Agung mau berbagi pengalaman nih bro, mengenai bagaimana tips memulai olahraga Trail Running buat pemula. Tips ini pasti cocok banget buat lo yang minat banget sama trail running tapi bingung harus mulai darimana. Daripada penasaran, langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini!

4 Tips Gampang Memulai Olahraga Trail Running Buat Pemula

Lari lintas alam atau yang kini kerap disebut trail running memang bisa jadi pilihan olahraga yang sangat menyenangkan bagi para petualang. Dengan menjalani olahraga luar ruangan yang satu ini, lo bisa berlari di tengah indahnya hutan belantara yang sangat menantang, bro.

Namun, trail running tetaplah memiliki risiko yang nggak main-main, apalagi kalau lo masih terbilang baru dan belum pernah mencoba olahraga ekstrem yang satu ini. Lo bisa saja tergelincir atau bahkan tersesat di tengah alam liar, bro.

Nah, biar lo semakin percaya diri buat mencoba olahraga trail running, seorang trail runner asal Pekanbaru, Rezky Agung mau memberikan tips-tipsnya nih, bro. Langsung saja, simak tips memulai olahraga trail running buat pemula berikut ini!

1. Persiapkan Fisik dan Mental dengan Baik

4 Tips Gampang Memulai Olahraga Trail Running Buat Pemula

Image source: shutterstock.com/sportpoint

Faktor kesiapan fisik dan mental memang selalu memegang peranan penting saat ingin menjalani olahraga luar ruangan. Termasuk trail running yang dijalankan di alam liar dan memiliki medan yang sangat ekstrem.

“Fisiknya harus lebih dipersiapkan sih, mentalnya juga harus siap lebih capek, soalnya nanti medannya bakal jauh lebih berat daripada lari di road," ujar Rezky saat dihubungi team Super Adventure melalui sambungan telepon.

“Walaupun kita olahraga biar tubuh fit dan sehat ya, cuma karena kita lari di alam kalau kita kurang fit agak repot juga nanti di tengah hutan," kata Rezky melanjutkan.

2. Jangan Sendiri dan Cari Rute yang Bersahabat

4 Tips Gampang Memulai Olahraga Trail Running Buat Pemula

Image source: shutterstock.com/Andre Gie

Tips memulai olahraga Trail Running buat pemula yang selanjutnya yaitu carilah teman yang berpengalaman dan carilah rute yang bersahabat buat pemula. Trail running memang seringkali dilangsungkan di alam liar. Lintasannya pun sangat ekstrem bisa berupa hutan, gunung, bahkan sungai, bro.

“Trail running ini memang risiko cideranya lebih besar, kalau ke hutan juga takutnya ketemu hewan buas atau tersesat. Jadi kalau yang awal-awal (pemula) ambil aja rute yang nggak terlalu liar banget, atau gunung-gunung yang masih ramai, terus kalau bisa cari temen biar lebih asik juga," kata Rezky.

3. Gabung Komunitas

4 Tips Gampang Memulai Olahraga Trail Running Buat Pemula

Image source: shutterstock.com/Lukas Budinsky

“Banyak kok sekarang komunitas-komunitas lari, kalau emang belum punya temen buat trail running. Biasanya, komunitas lari terbagi menjadi dua, yaitu lari road atau trail running. Komunitas yang gue ikutin sekarang, Libur Run, kan banyaknya road, tapi kalau ada acara trail pasti gue ikut," lanjut Rezky.

Ia pun mengakui, kalau komunitasnya tersebutlah yang memperkenalkan ia kepada olahraga trail running dan membuatnya mengerti lebih banyak tentang olahraga ekstrem yang satu ini, bro.

4. Survey Seputar Trail Running

Wawasan mengenai tempat memang sangat penting saat ingin menjalani olahraga luar ruangan. Termasuk trail running yang memiliki risiko besar pada pelaksanaannya, bro.

“Gue kemarin trail running juga masih searching dulu, tutup atau buka, jalurnya lewat mana, pintu masuknya lewat mana, udah ada yang pernah trail running di sana atau belum, berapa jam jarak tempuhnya," tambah Rezky.

Selain mencari informasi melalui dunia maya, ia pun menyarankan agar mencari informasi melalui teman yang sudah pernah trail running di lintasan yang bakal lo lalui, bro. Sebab, biasanya informasi melalui teman ini sangatlah akurat dan bisa dipercaya.

Nah, itulah beberapa tips memulai olahraga trail running buat pemula. Selamat mencoba, bro!

Tips Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
oke broooooo
agung
tq info ya
Bahar
Nice info