5 Tempat di Indonesia yang Punya Arsitektur Ala Eropa

Kota-kota megah dengan arsitektur yang sangat khas memang seringkali membuat negara-negara di benua Eropa menjadi tujuan utama para traveler di Indonesia. Tapi, ternyata di Indonesia juga punya tempat-tempat yang sangat mirip dengan bangunan gaya Eropa lho, bro. Dimana saja tempat-tempat di Indonesia yang memiliki arsitektur ala Eropa ini? Berikut ulasan selengkapnya!

5 Tempat di Indonesia yang Punya Arsitektur Ala Eropa

Berwisata ke Eropa bisa dibilang merupakan salah satu hal yang sangat diimpikan banyak traveler di Indonesia. Namun, biaya traveling yang setinggi langit seringkali membuat para traveler harus gigit jari dan mengurungkan niatnya buat bertualang ke benua biru ini.

Sebenarnya, lo juga bisa merasakan suasana tersebut tanpa harus meninggalkan Indonesia lho, bro. Sebab, kini sudah banyak destinasi wisata bertema Eropa di Indonesia. Mau tahu dimana saja tempat-tempat tersebut? Langsung saja, simak informasi tempat-tempat di Indonesia yang memiliki arsitektur ala Eropa berikut ini, bro!

1. Merapi Park, Yogyakarta

5 Tempat di Indonesia yang Punya Arsitektur Ala Eropa

Image source: instagram.com/rendhy26

Destinasi wisata yang terletak di daerah Kaliurang, Sleman ini memiliki berbagai replika landmark ikonik dari seluruh penjuru dunia. Beberapa diantaranya yaitu Menara Eiffel dari Paris, jam Big Ben dari London, dan juga menara kincir dari Belanda, ada di sini, bro! 

Menariknya lagi, berbagai replika landmark tersebut dikelilingi taman bunga berwarna-warni yang instagramable. Pasti kece banget kalau lo berfoto di tempat tersebut. Pada hari Senin sampai hari jumat, Merapi Park buka pukul 9 pagi dan tutup pukul 4.30 sore. Sedangkan di akhir pekan dan musim liburan tertentu, Merapi Park buka pukul 8.30 pagi dan tutup pukul 5 sore, bro. 

Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, lo cuma perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 20.000/orang untuk masuk area the world landmark. Sedangkan, untuk masuk area kids waterpark, lo hanya dikenakan biaya Rp. 10.000/orang, bro. Untuk masalah parkir, lo hanya dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

2. Kota Mini Lembang, Bandung

5 Tempat di Indonesia yang Punya Arsitektur Ala Eropa

Image source: instagram.com/denusatravel

Lo pasti sudah nggak asing dengan tempat di Indonesia yang memiliki arsitektur ala Eropa ini. Yup, Kota Mini Lembang yang berada di Bandung ini emang suasananya Eropa banget. Selain karena bangunan-bangunan khas Eropa yang menghiasi tempat ini, daerahnya yang sejuk juga bakal membuat lo benar-benar seperti berada di Eropa. Serunya lagi, lo juga bisa menyewa pakaian ala Eropa buat berfoto di tempat ini, bro! 

Kota Mini Lembang buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk weekend, Kota Mini Lembang buka pukul 08.00 sampai 19.00 WIB. Lo bisa membeli tiket masuk dengan beberapa jenis, bro. Mulai dari tiket masuk saja dan tiket terusan yang sudah termasuk bermain beberapa wahana. Harga tiket masuk Kota Mini Lembang ditawarkan mulai dari Rp 30.000 saja, bro. 

3. Little Venice Kota Bunga, Cianjur

5 Tempat di Indonesia yang Punya Arsitektur Ala Eropa

Image source: instagram.com/awanikhwan

Jalan-jalan ke Puncak rasa Eropa? Bisa banget, bro! Tempat wisata Kota Bunga di daerah Cianjur ini menyediakan area bernama Little Venice yang lengkap dengan gondola. Lo bisa menikmati momen seru bersama orang-orang terdekat dengan menaiki gondola dan mengarungi sungai kecil di tempat ini. Jadi, nggak perlu jauh-jauh ke Venezia, bro! 

Kota Bunga buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 18.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai dari Rp20.000-an, tergantung dari usia dan hari saat lo berkunjung ke tempat ini, bro. 

4. Stonehenge Cangkringan, Sleman

5 Tempat di Indonesia yang Punya Arsitektur Ala Eropa

Image source: instagram.com/ilham_kurnia_p

Mau melihat keindahan jejeran patung Stonehenge yang tersohor di negeri Ratu Elizabeth? Nggak perlu jauh-jauh ke Inggris, karena Sleman juga punya, bro! Tepatnya di daerah Kepuharjo, lo bisa menemukan replika Stonehenge yang kini sukses mencuri perhatian orang dan banyak dijadikan sebagai spot berfoto-foto.

Mengunjunginya saat cuaca cerah akan membuat keindahan tempat ini semakin mempesona, bro! Bukan hanya itu, lo juga bisa melihat gagahnya Gunung Merapi dari beberapa spot di tempat ini. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, yaitu hanya Rp5.000 saja! 

5. Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri

5 Tempat di Indonesia yang Punya Arsitektur Ala Eropa

Image source: instagram.com/ratna249

Mau lihat Arc de Triomphe yang terkenal di Paris, Perancis tanpa harus jauh-jauh ke sana? Kediri juga punya bangunan yang menyerupainya di daerah Simpang Lima Gumul, bro. Satu hal yang membedakan Arc de Triomphe di Kediri dan di Paris adalah areanya. 

Kalau di Paris letaknya di jalanan, di Kediri letaknya justru dikelilingi taman, jadi lo bakal bisa bebas berfoto-foto, bro. Nggak ada harga tiket masuk yang perlu lo keluarkan untuk mengunjungi tempat ini alias gratis! 

So, itulah informasi tempat-tempat di Indonesia yang memiliki arsitektur ala Eropa. Menurut lo ada tempat serupa lainnya di Indonesia nggak, bro? Ceritakan di kolom komentar ya!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/travel/nggak-perlu-jauh-jauh-ke-eropa-kunjungi-saja-9-tempat-ala-eropa-di-indonesia-85399
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
indonesia rasa eropa
Yuniarto ( Tato )
Kuren Broooo
Bahar
Mantappppp