5 Tips Membeli Tenda Gunung Agar Sesuai Ekspektasi

Tenda yang biasanya dibawa pendaki saat pendakian ke gunung memiliki berbagai macam jenis yang bisa digunakan. Sebelum membeli tenda gunung yang tepat untuk pendakian, perhatikan dulu beberapa tipsnya agar tenda yang dibeli sesuai ekspektasi, bro. Simak ulasannya berikut ini!

5 Tips Membeli Tenda Gunung Agar Sesuai Ekspektasi

Tenda merupakan salah satu benda vital yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan pendakian ke gunung. Nggak hanya itu, tenda juga bisa digunakan untuk berkemah di tempat-tempat alam bebas lainnya. Oleh karena itu, kualitas dari tenda sendiri juga harus diperhatikan dengan baik untuk menentukan kenyamanan serta keamanan saat berkemah.

Membeli tenda yang sesuai dengan kebutuhan juga harus diperhatikan agar terhindar dari penyesalan. Terkadang setelah membeli tenda gunung, lalu dibawa pulang, setelah diperiksa kembali ternyata ada bagian yang rusak, kemudian saat komplain ke penjual malah nggak bisa ditukar kembali.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, ikuti tips membeli tenda berikut ini agar sesuai dengan ekspektasi dan nggak ada rasa sesal karena salah membeli.

1. Buatlah Prioritas

5 Tips Membeli Tenda Gunung Agar Sesuai Ekspektasi

Image source: shutterstock.com/Yuriy Kulik

Buatlah urutan dari beberapa produk tenda pilihan, mulai dari pilihan pertama, kedua, hingga ketiga. Dengan begitu, jadi bisa membuat rencana cadangan apabila tenda pilihan pertama telah out of stock atau habis.

2. Perbanyak Referensi Tenda

5 Tips Membeli Tenda Gunung Agar Sesuai Ekspektasi

Image source: shutterstock.com/pixfly

Mencari review tenda yang sesuai dengan pilihan sebelum membeli adalah pilihan bijak. Tanyakanlah teman yang kebetulan memiliki tenda yang sama, atau minimal pernah memakainya.

Kalau nggak memiliki teman yang bisa dimintai pendapat, cobalah mencarinya lewat internet. Tentu ada banyak sekali yang me-review tenda tersebut melalui blog atau video di YouTube.

3. Hindari Beli Secara Online

5 Tips Membeli Tenda Gunung Agar Sesuai Ekspektasi

Image source: unsplash.com/@burst

Memang sih sudah banyak toko online yang terpercaya dan aman, namun bukan hanya masalah penipuan aja yang dikhawatirkan dalam proses pembelian ini. Pastikan bahwa belanja secara online adalah pilihan terakhir dengan alasan nggak bisa menemukan tenda yang dipilih di beberapa toko.

Membeli tenda secara online tentu jadi nggak bisa merasakan bahan, melihat warna aslinya, dan bisa aja akan memakan waktu ketika melakukan komplain karena tenda tersebut nggak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hitung selisih harga antara membeli langsung di toko secara langsung dengan membeli di toko online + ongkos kirim. Perhitungkan juga waktu yang diperlukan dalam pengiriman hingga sampai di tangan.

Jika memang terpaksa membeli online karena banyak faktor, minimal pastikanlah lo pernah melihat, merasakan, atau memakai langsung tenda yang dipesan di toko online tersebut.

4. Buka Tenda Sebelum Membeli

5 Tips Membeli Tenda Gunung Agar Sesuai Ekspektasi

Image source: shutterstock.com/Khukeng

Beranikan diri untuk mendirikan tenda yang akan dibeli di toko outdoor yang didatangi. Toko peralatan outdoor sudah seharusnya menyediakan ruang yang cukup untuk membuka sebuah tenda. Jangan sungkan untuk mendirikannya sehingga bisa mengecek dengan keseluruhan kondisi tenda tersebut.

Mulai dari jahitan, adakah bagian yang berlubang, kondisi pasak dan frame, serta faktor lainnya yang harus dicoba. Hal ini supaya menghindarkan mendapat tenda yang nggak melewati quality control.

5. Beli Saat Ada Outdoor Festival

Festival outdoor biasanya rutin diselenggarakan di waktu tertentu. Nah, momen ini bisa dimanfaatkan untuk mencari tenda yang diinginkan. Dalam acara tersebut, jadi nggak perlu kerepotan untuk berpindah-pindah mencari tenda pilihan.

Nah, itulah beberapa tips yang dilakukan saat membeli tenda gunung supaya agar ekspektasi dan nggak menyesal nantinya. Pastikan untuk mengecek kembali tenda yang akan dibeli sebelum akhirnya dibayar dan dibawa pulang, bro.

 

Source: https://phinemo.com/tips-membeli-tenda-gunung/
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Bahar
Nice info
dephy
teliti sebelum membeli
Aswar Annas
Saran yang bagus