Jenis-jenis Variasi Simpul Delapan dalam Olahraga Climbing

Para pencinta olahraga ekstrem panjat tebing pasti sudah nggak asing dengan yang namanya simpul delapan atau Figure Eight Knot. Sebenarnya simpul yang satu ini masih memiliki jenis-jenis variasi turunannya lho, bro. Mau tahu apa saja jenis-jenis variasi simpul delapan dalam olahraga climbing? Berikut ulasan selengkapnya!

Jenis-jenis Variasi Simpul Delapan dalam Olahraga Climbing

Bagi seorang pemanjat, simpul delapan bisa dibilang merupakan simpul wajib yang wajib diketahui. Sebab, simpul yang satu ini pasti selalu digunakan pada hampir semua kegiatan dalam panjat tebing, bro.

Walaupun simpul delapan yang paling sering dipakai hanya satu atau dua jenis variasi saja, tapi sebenarnya ada beberapa jenis lainnya, lho. Apa saja variasinya? Berikut ini jenis-jenis variasi simpul delapan dalam olahraga climbing yang harus lo pahami, bro!

Simpul Delapan Tunggal

Jenis-jenis Variasi Simpul Delapan dalam Olahraga Climbing

Image source: ukclimbing.com

Simpul ini adalah pola dasar dari semua jenis simpul delapan lainnya, bro. Simpul delapan tunggal ini biasanya digunakan sebagai penanda batas ujung tali. Selain itu, simpul ini juga memiliki fungsi biar ujung tali nggak mudah terurai, bro.

Figure Eight Follow Through

Jenis-jenis Variasi Simpul Delapan dalam Olahraga Climbing

Image source: climbing.com

Jenis variasi simpul delapan dalam olahraga climbing selanjutnya yaitu ada figure eight follow through, bro. Biasanya, variasi simpul ini dibuat untuk membuat simpul delapan di ujung tali, sebuah simpul yang paling sering dipakai saat memanjat.

Selain itu, figure eight follow through ini biasanya juga digunakan sebagai simpul penghubung antara tali panjat dengan harness. Simpul ini lebih sempurna kalau ujung talinya di tambah simpul stopper, bro.

Figure Eight on A Bight

Jenis-jenis Variasi Simpul Delapan dalam Olahraga Climbing

Image source: gravitec.com

Secara bentuk, variasi simpul delapan yang satu ini memang hampir sama dengan simpul untuk harness. Bedanya, simpul ini bisa dibuat di tengah tali, bro. Jadi, meskipun sekilas sama, tetapi cara membuat figure eight on a bight sedikit berbeda.

Kalau pada Figure Eight Follow Through diawali dengan membuat simpul delapan tunggal maka pada simpul ini terlebih dahulu tali dilipat menjadi ganda baru di buat simpul delapan. Simpul ini biasa digunakan untuk membuat anchor.

Figure Eight Directional

Jenis-jenis Variasi Simpul Delapan dalam Olahraga Climbing

Image source: nadoutdoorlife.com

Variasi simpul delapan yang satu ini biasanya dibuat untuk membuat loop di tengah tali. Bentuknya hampir mirip seperti simpul kupu-kupu (butterfly knot) yang sering dipakai pada Vertical Rescue atau Rope Access. Loop di tengah tali memiliki banyak fungsi diantaranya bisa sebagai anchor, membuat anak tangga, untuk melokalisir bagian tali yang rusak dan lain sebagainya, bro.

Double Figure Eight

Jenis-jenis Variasi Simpul Delapan dalam Olahraga Climbing

Image source: eveningsends.com

Variasi simpul delapan yang satu ini sering disebut juga dengan simpul telinga kelinci atau Bunny ear knot karena memiliki bentuk yang menggemaskan lho, bro. Dalam panjat tebing, simpul ini biasanya digunakan untuk membuat anchor.

Selain itu, double figure eight sering juga digunakan untuk menghubungkan tali dengan harness dengan menambah dua carabiner sebagai perantara. Simpul ini sangat kuat tetapi cenderung sulit dilepas setelah diberi banyak beban, bro.

Figure Eight Bend/Flemish Bend

Simpul delapan ternyata juga bisa digunakan untuk menyambung dua tali yang identik, lho. Untuk menghadapi masalah tersebut lo bisa gunakan variasi jenis simpul delapan figure eight bend/flemish bend, bro.

Simpul ini juga sangat kuat dan biasa digunakan sebagai simpul sambungan untuk membuat anchor. Simpul ini lebih sempurna dengan membuat simpul stopper di kedua ujung talinya, bro.

So, itulah jenis-jenis variasi simpul delapan dalam olahraga climbing yang harus lo pahami. Menurut lo mana yang paling sulit, bro?

 

Referensi: https://www.nadoutdoorlife.com/2017/08/6-jenis-simpul-delapan-figure-eight.html
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
belajar simpul
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
Bahar
Mantullllll