Running Belt vs Backpack, Mana yang Lebih Nyaman Buat Olahraga Lari?

Saat menjalani olahraga lari apa yang biasanya lo gunakan buat membawa air minum dan barang bawaan lainnya, bro? Running belt atau backpack? Yup, kedua peralatan ini memang terkadang membuat bingung para pencinta olahraga lari. Tapi, diantara running belt dan backpack, mana sih yang lebih asyik buat olahraga lari? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Running Belt vs Backpack, Mana yang Lebih Nyaman Buat Olahraga Lari?

Berlari merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan kapan aja dan di mana aja. Manfaat yang didapat dari olahraga lari juga banyak, bisa mendapatkan kerja jantung yang bagus untuk mengalirkan darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh lo, bro.

Namun, saat berlari lo pasti membutuhkan air minum dan beberapa barang lainnya untuk menunjang olahraga lari. Untuk masalah yang satu ini, lo bisa mengatasinya dengan menggunakan running belt atau backpack saat olahraga lari, bro.

Kedua peralatan ini memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum memilih salah satunya buat dijadikan teman berlari, masih ada beberapa faktor lain yang harus lo perhatikan, bro. Berikut ini beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih running belt atau backpack buat olahraga lari!

Faktor Jarak Berlari

Running Belt vs Backpack, Mana yang Lebih Nyaman Buat Olahraga Lari?

Image source: unsplash.com/@brianericksonco

Yup, ini adalah faktor pertama yang harus lo pertimbangkan saat memilih running belt atau backpack, bro. Kalau lo hanya berlari di sekitar daerah perumahan, taman, atau daerah di dekat tempat lo tinggal, maka running belt bisa jadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, lo nggak perlu membawa banyak barang buat lari di lintasan yang terbilang dekat ini. Yang lo butuhkan hanyalah beberapa barang pribadi seperti smartphone, uang tunai dan air minum kalau dirasa perlu.

Tapi, kalau lo berencana buat berlari di area yang sedikit lebih menantang seperti bukit atau gunung, maka lo membutuhkan bantuan backpack, bro. Sebab, lo bakal butuh ruang yang lebih besar buat membawa beberapa barang keperluan, mulai dari pakaian ganti, makanan ringan, air minum, gadget, sampai obat-obatan pribadi.

Faktor Durasi Berlari

Running Belt vs Backpack, Mana yang Lebih Nyaman Buat Olahraga Lari?

Image source: mpora.com

Serupa dengan faktor lokasi berlari, lo juga harus mempertimbangkan berapa lama lo akan pergi olahraga lari, bro. Apakah lo akan berlari hanya beberapa jam, atau bisa memakan waktu sampai beberapa hari?

Memang, beberapa running belt ada yang didesain dengan kantung berukuran cukup besar buat menampung banyak barang. Namun, jika lo hendak pergi selama beberapa hari, otomatis lo harus mempertimbangkan fungsi backpack itu sendiri, bro.

Faktor Cuaca Saat Berlari

Running Belt vs Backpack, Mana yang Lebih Nyaman Buat Olahraga Lari?

Image source: expocafeperu.com

Ternyata cuaca juga jadi salah satu faktor yang wajib dipertimbangkan buat memilih running belt atau backpack lho, bro. Backpack memang bisa dibilang sebagai ‘lapisan pakaian’ tambahan yang bisa berfungsi sebagai lapisan untuk menjaga punggung tetap hangat, terutama kalau lo berlari saat cuaca sedang dingin.

Akan tetapi, kalau cuacanya sedikit hangat atau bahkan panas, running belt adalah pilihan yang tepat karena benda ini hanya digunakan di area pinggang saja, bro. Yang pasti, running belt nggak akan mengganggu kenyamanan lo saat berlari di saat cuaca sedang panas.

Barang yang Akan Dibawa

Sebelum berlari, lo juga wajib mempertimbangkan barang apa yang benar-benar harus lo bawa, bro. Pertimbangkan beberapa faktor yang sudah dijelaskan dan putuskan barang apa saja yang penting dan dibutuhkan selama berlari. Tujuannya, tentu saja biar lo tetap merasa aman, nyaman, dan nggak repot selama dan setelah berlari.

Seperti yang sudah dijelaskan, jika lo berlari dengan durasi singkat, lo bisa menggunakan running belt dengan membawa beberapa barang penting, mulai dari smartphone, uang, atau kunci mobil.

Namun, jika lo bepergian lebih dari satu hari, backpack adalah pilihan yang tepat. Lo bisa memuat banyak barang sekaligus. Namun, bukan berarti lo bisa membawa apa saja. Lo tetap harus memilih barang apa saja yang bisa penting selama lo berlari, bro.

Nah, itulah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih running belt atau backpack buat olahraga lari. Kedua benda tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi sesuaikan dengan faktor-faktor tersebut ya, bro. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/sports/running-belt-vs-backpack-mana-yang-harus-kamu-pilih-untuk-berlari-35161
Gear Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Nice informasi
Bahar
Mantapppp