Sensasi Ngopi Sambil Wisata di Dalam Gua Lawa, Purbalingga

Caving atau susur gua merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan di dalam gua. Namun, ternyata selain caving, juga bisa ngopi di coffee shop sambil menikmati keindahan di dalam gua, bro. Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Sensasi Ngopi Sambil Wisata di Dalam Gua Lawa, Purbalingga

Menyeruput secangkir kopi di ketinggian gunung sambil berkemah mungkin sudah menjadi hal yang biasa buat para petualang, tapi bagaimana kalau mencoba menikmati kopi di dalam gua? Yap, nggak hanya aktivitas caving aja yang bisa dilakukan di dalam gua, namun pengalaman ngopi sambil wisata juga bisa dilakukan. Pengalaman seru ini ditawarkan oleh Gua Lawa, bro.

Keberadaan kedai kopi ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dengan tujuan menarik minat wisatawan ke Purbalingga, khususnya ke Gua Lawa. Bagaimana pesona gua yang juga menjadi tempat ngopi ini? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Fakta Gua Lawa

Sensasi Ngopi Sambil Wisata di Dalam Gua Lawa, Purbalingga

Image source: Instagram.com/tomisul 

Gua yang berada di Desa Siwarak, Purbalingga ini dinamakan Gua Lawa karena banyak kelelawar yang hidup di dalamnya. Selain itu, beberapa orang juga menyebut gua vulkanik ini sebagai Golaga.

Gua Lawa terbentuk dari lava gunung api aktif yang meleleh dan mengalami pendinginan selama ribuan bahkan jutaan tahun. Dari proses ini kemudian terbentuk stalaktit dan stalagmit indah di dalam gua. Umumnya, gua vulkanik memiliki lorong dan air terjun yang terbentuk secara alami.

Jika disusuri, Gua Lawa memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer dan terletak di ketinggian sekitar 900 mdpl, sehingga suasana di dalam gua cenderung sejuk. Di dalam gua juga terdapat 14 gua kecil lainnya. Seperti Gua Pancuran Slamet, Gua Sendang Slamet, Gua Dada Lawa, dan lainnya yang memiliki cerita masing-masing.

Lava Coffee Shop: Inovasi di Dalam Gua

Sensasi Ngopi Sambil Wisata di Dalam Gua Lawa, Purbalingga

Image source: Eva Oktifikasari/Travelingyuk

Yang membuat Gua Lawa semakin unik dan menarik adalah keberadaan kedai kopi di dalamnya. Suasana sejuk di dalam gua tentu sangat cocok jika disandingkan dengan hangatnya secangkir kopi dari kedai kopi yang diberi nama Lava Coffee Shop. Menikmati secangkir kopi akan sangat berbeda dengan menikmati pemandangan eksotis di dalam gua.

Selain pemandangan alamnya yang sudah eksotis, pemerintah Kabupaten Purbalingga juga memahami hobi anak muda yang senang berswafoto. Di bagian dalam Gua Lawa juga dilengkapi dengan hiasan lampu warna-warni yang membuat latar belakang foto jadi semakin menarik.

Jika merasa hiasan lampu warna-warni masih kurang cukup, beberapa spot foto di kedai juga dilengkapi dengan hamparan rumput, dan pohon pinus bercabang.

Harga kopi di Lava Coffee Shop Gua Lawa ini juga nggak terlalu mahal. Cenderung sama dengan harga kopi di kedai-kedai pada umumnya.

Kedai yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga ini menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan. Bahkan Kepala Bidang Pariwisata Olahraga dan Pariwisata, mengatakan keberadaan kedai kopi di dalam gua telah berhasil meningkatkan jumlah kunjungan ke Gua Lawa hingga 45 persen selama 2017 ke tahun 2018 yang lalu.

Itulah beberapa informasi mengenai Gua Lawa dan Lava Coffee Shop di dalamnya. Jadi, tertarik untuk menikmati secangkir kopi sambil menikmati pemandangan stalaktit dan stalagmit yang memukau di dalam Gua Lawa, bro?

 

Source: https://penjelajah.com/goa-lawa-purbalingga-sediakan-kopi-di-dalam-goa/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
boleh lah minggu besok kesana
Agus Sungkawa
Sensasi nya yang berbeda
Bahar
Nice info