Mau Diving, Cari Tahu Dulu Kegunaan Wetsuit dan Baju Pelampung

Keindahan bawah laut adalah target yang dicari bagi para penyelam. Penampakannya tak pernah seragam. Biota laut dan formasi terumbu karang yang cantik selalu bikin kagum setiap orang yang terjun ke dasar laut. Tak terbayangkan.

Mau Diving, Cari Tahu Dulu Kegunaan Wetsuit dan Baju Pelampung

Dunia menyelam ini susah-susah gampang. Ada beberapa syarat supaya lo bisa menikmati sunyinya dalam air. Bagi penyelam kedalaman kurang dari 18 meter lo harus mengantongi lisensi open water. Nah kalau mau jauh lebih dalam maka harus label advan yang lo punya

Tapi raja terakhirnya, lo mesti mengantongi lisensi rescue, untuk bisa benar-benar dicap sebagai penyelam andal. Kok gitu? Karena untuk lisensi rescue ini sebenarnya tingkat selamnya sama dengan advan, yang membedakan penyelam rescue itu dibekali keterampilan menolong orang lain.

Nah, si penyelam ini nggak bisa asal-asalan masuk ke dalam air. Harus disiplin dengan pegangan lisensinya masing-masing.

Kalau baru pemula alias masih coba-coba dan mau mulai menekuni dunia selam, mesti tahu dulu soal jenis pakaiannya. Biasanya, untuk permulaan si penyelam ini bakal diperkenalkan dengan dua jenis pakaian yang dipakai buat nyebur ke laut.

Pertama ada baju pelampung. Dan, satu lagi itu wetsuit. Apa sih bedanya?

Wetsuit

Mau Diving, Cari Tahu Dulu Kegunaan Wetsuit dan Baju Pelampung

Image source: subea.com

Wetsuit atau drysuit adalah pakaian yang digunakan untuk menyelam. Meski baju ini buat menyelam tapi kegunaannya juga beda, ada yang untuk cold water atau warm water. 

Kalau mau menyelam di air yang hangat atau warm water, wetsuit yang harus digunakan itu menggunakan material berlapis neoprene rubber. Bahan ini nggak waterproof atau anti air, jadi air bisa tembus. Sementara kalau untuk drysuit itu digunakan pada cold water. Bahan yang digunakan waterproof, tubuh bisa terlindungi dari dinginnya air saat menyelam.

Wetsuit ini seringnya disebut mandatory atau baju selam. Pakaian ini cocok buat pemula atau orang yang nggak tahan dingin air.

Sebagai basic ilmu yang harus lo tahu, dingin air bisa bikin tubuh manusia lebih cepat kehilangan suhu tubuh. Jadi bahaya banget kan kalau diving pakai baju yang nggak tepat. Ujung-ujungnya malah berisiko, menyelam jadi hal yang nggak menyenangkan lagi deh.

Baju Pelampung

Mau Diving, Cari Tahu Dulu Kegunaan Wetsuit dan Baju Pelampung

Image source: unsplash.com/@bergoglio

Pemula yang belum bisa berenang dengan cara snorkeling dianjurkan untuk memakai baju pelampung sebelum lancar menyelam di bawah laut. Pakaian ini dipakai kalau lo lagi belajar menyelam, atau masih belum bisa berenang dengan cara snorkeling.

Sesuai dengan namanya aja, baju pelampung ini supaya tubuh lo bisa mengambang di permukaan laut. Biasanya nih kalau mau belajar menyelam, atau snorkeling, baju pelampunglah yang paling identik. 

Fungsi baju pelampung ini menjaga tubuh tetap seimbang dan selalu mengapung di atas air. Jadi kalau lo nggak bisa berenang bisa menikmati laut dengan nyaman dan aman.

 

Source: https://www.superadventure.co.id/news/3218/personal-dive-gear-ini-gunanya-wetsuit-dan-baju-pelampung/
Gear Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
dephy
pelajari dulu dan cari tau dulu
Agus Sungkawa
Fungsi baju pelampung ini menjaga tubuh tetap seimbang dan selalu mengapung di atas air.
agung
tq info ya
Bahar
Nice info