Cara Biar Kamera Lo Tetap Aman Saat Dibawa Rafting

Haram hukumnya kalau liburan nggak bawa kamera. Sayang banget kalau momen traveling nggak didokumentasikan lewat mata kamera.

Cara Biar Kamera Lo Tetap Aman Saat Dibawa Rafting

Kalau cuma posting IG Story rasanya belum cukup. Kamera ponsel juga bisa dibilang masih kurang dari kata keren. Paling sempurna, ya dijepret pakai kamera. Atur ISO-nya dulu, terus utak-atik diafragma lensa. Cekrek! Beuh bokehnya, mantap!

Sayangnya ada beberapa momen yang dipikir nggak memungkinkan buat membawa kamera diajak liburan. Misalnya buat nemenin kegiatan ekstrem di tengah alam. 

Salah satunya adalah kegiatan rafting. Alasannya takut kena air lah, atau lepas dari pegangan tangan, terus tenggelam. 

Tapi tenang aja bro, kamera kesayangan lo masih bisa kok dibawa buat seru-seruan rafting. Lo cuma perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini aja.

Jangan Lupa Bawa Dry Bag

Cara Biar Kamera Lo Tetap Aman Saat Dibawa Rafting

Image source:  bidderface.com

Main wahana air nggak sah kalau nggak basah-basahan kecipratan air. Nah karena sudah mempersiapkan buat bawa kamera, maka hal yang pertama kali lo persiapkan adalah kantong anti air alias dry bag. Ini berguna banget ketika lo melakukan aktivitas rafting.

Lo cuma perlu taruh barang-barang di dalamnya, terus santai aja ikutin arus sungai saat rafting. Kamera pocket juga harus masuk di dalamnya. Ingat ya, si dry bag ini harus diikat dengan kuat. Kalau kemasukan air bisa cepat rusak nanti. Terus jangan lupa juga buat diisi udara sebelum ditutup. Jadi dry bag bisa mengambang.

Casing Anti Air

Cara Biar Kamera Lo Tetap Aman Saat Dibawa Rafting

Image source:  bukanrastaman.com

Casing anti air ini sudah banyak yang jual kok. Bentuk dan materialnya juga beragam. Jadi nggak ada alasan kalau kamera malah mojok di kamar penginapan.

Lo bisa beli casing anti air buat kamera di toko-toko online. Harganya beragam mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 500 ribu. Masih kejangkau kan?

Pakai Kamera yang Efisien 

Karena lo lagi berkegiatan di tempat basah, maka bijaklah ketika menggunakan kamera yang lo bawa. Jangan semuanya dijepret. Selain batrenya cepat habis, bahaya juga buat kamera lo. Kamera bisa kecipratan air di momen rafting, meski sedang istirahat di tempat kering.

Dengan menahan hasrat motret, maka kamera lebih aman, dan bisa mengcover seluruh kegiatan lo di atas arus deras. Sederhananya, jeli aja saat melihat objek foto yang ciamik. Misalnya lo bisa membidik dari atas bebatuan supaya mengambil gambar juga aman. Tapi jangan sampai terpeleset ya bro, bahaya!

Handuk Wajib Dibawa Ya!

Harusnya sih item ini nggak ketinggalan dibawa karena lo sudah merencanakan untuk rafting sedari awal. Maka anduk ini nggak cuma untuk mengeringkan badan, tapi juga bisa jadi pelindung kamera dari cipratan air.

Handuk ini juga buat mengeringkan tangan yang basah ketika rafting. Jadi kalau mau pegang kamera aman dan bikin kamera kena air sama sekali. 

Sam satu lagi nih bro, meski lo sudah bawa dry bag dan casing anti air, usahakan supaya kamera kesayangan lo itu ditaruh di dalam plastik. Lalu ikat plastiknya dengan baik. Jadi kalau dry bag itu robek, plastik bisa melindungi kamera kena air. Berguna banget kan? 

 

source: https://travel.detik.com/travel-tips/d-1843437/byur-6-tips-membawa-kamera-saat-rafting
Tips Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
dephy
MENGAMANKAN PIRANTI PENTING
Yuniarto ( Tato )
Oke bossss
Bahar
Nice info