Etika Mencuci Peralatan Makan Saat di Gunung

Saat melakukan pendakian gunung pastinya ada aturan-aturan yang harus lo taati bro. Memang sih nggak ada aturan tertulis, tapi ketika lo di tengah alam, lo nggak bisa bebas banget juga melakukan apa aja yang kalian mau.

Etika Mencuci Peralatan Makan Saat di Gunung

Misalnya, perkara mencuci peralatan makan. Ini juga ada etikanya yang harus lo ketahui. Kelihatannya sih simple tapi memang nggak dibenarkan juga kalau asal-asalan mencuci peralatan makan. 

Nah, makanya, buat lo yang pertama kali naik gunung, pahami ini dulu ya. Karena lo 'bertamu' di gunung, maka setidaknya cara mencuci peralatan makan yang baik dan benar lo ketahui sedari awal.

Hindari Pakai Sabun

Etika Mencuci Peralatan Makan Saat di Gunung

Image source: theactivetimes.com

Normalnya mencuci peralatan makan supaya bersih ya harus pakai sabun. Tapi selama pendakian di gunung, hindari dulu penggunaan sabu untuk mencuci peralatan makan kalian. 

Penggunaan sabun di gunung sama sekali nggak dilarang karena lo bisa merusak ekosistem di sekitaran gunung. Sabun mengandung senyawa kimia yang bisa mengganggu kehidupan makhluk hidup di gunung.

Jadi lebih baik, supaya peralatan makan lo tetap higienis, cari alternatif lain yang bisa bikin alat-alat itu tetap kinclong setelah digunakan. Lo bisa memanfaatkan dedaunan sebagai penggantinya. Tapi ingat juga bro, jangan asal petik daunnya.

Kalaupun memang nggak ada si dedaunan itu, cuci saja menggunakan air untuk membilas. Kalau nggak terlalu bersih bisa ditambah pakai tisu basah atau tisu kering. Sampahnya jangan lupa dibawa pulang bro. Momen kayak gini harap dimaklumi ya, namanya juga petualangan di alam. Ya kan?

Cucilah Peralatan Makan Jauh dari Sumber Air

Etika Mencuci Peralatan Makan Saat di Gunung

Image source: unsplash.com/@nathananderson

Masih banyak para pendaki yang mencuci peralatan makan langsung dari sumber airnya, di sungai atau danau. Duh, kalau bisa sih jangan diulang ya bro. Sebab, sumber air itu juga jadi sumber airnya para hewan yang tinggal di sekitar sana. 

Kalau mencuci langsung di sumber airnya, bisa jadi berminyak, air kotor, sehingga nggak bisa diminum sama hewan-hewan di sana. Baiknya sih mencuci peralatan dengan membawa wadah sendiri. Lalu bekas air cuciannya dibuang ke tanah, cuma jangan sekaligus, bisa dengan diciprat-cipratkan ke seluruh area.

Tips Mencuci

Kalau cara mencuci peralatan makan lo bisa mulai dengan membersihkan kerak-kerak yang tersisa menggunakan air serta sendok atau pisau. Kerak juga bisa dibersihkan pakai spoon cuci. Lo bisa siapkan dari sebelum perjalanan ke gunung. Kalau nggak ada bisa juga menggunakan tisu kering yang dibasahi air.

Yang paling penting nih bro, semua sampah yang dihasilkan harus dikumpulkan ke trash bag dan dibawa lagi sampah kalian turun. Intinya jangan sampai mengotori gunung.

Buat catatan kalian nih, alat masak dan makan yang digunakan di gunung sebenarnya nggak perlu dibersihkan sampai kinclong dan detail. Sekadar menghilangkan kotoran, lalu bisa dilanjut selepas pendakian, baik itu di basecamp atau di rumah kalian masing-masing. 

 

source: https://travel.detik.com/travel-tips/d-2928001/cara-makan-amp-cuci-piring-yang-baik-saat-naik-gunung
Tips Beginner Extreme solo traveling

2 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Saran yg bagus
Bahar
Nice info