Solusi Biar Nggak Tersesat di Gunung, Pendaki Harus Tahu Mountable Nih!

Tersesat kerap kali menghantui para pendaki gunung. Hal itu nggak bisa dianulir karena faktanya, masih ada beberapa kasus pendaki yang tersesat.

Solusi Biar Nggak Tersesat di Gunung, Pendaki Harus Tahu Mountable Nih!

Bercermin dari kasus yang sudah kejadian, tentunya harus jadi pelajaran berharga bagi pendaki-pendaki lain yang mau nanjak. Perlengkapan dan pengetahuan akan pendakian harus benar-benar ngelotok.

Tapi seiring berkembangnya zaman, inovasi di sektor teknologi terus lahir. Salah satunya alat yang diberi nama mountable. Mountable adalah salah satu alat baru yang direkomendasikan untuk para petualang dan pendaki gunung. Alat ini bisa mengecilkan resiko berat saat tersesat di gunung. Gimana sih proses kerjanya?

Alat Komunikasi Tanpa Sinyal

Solusi Biar Nggak Tersesat di Gunung, Pendaki Harus Tahu Mountable Nih!

Image source: goodnewsfromindonesia.id

Jadi pencetus alat ini adalah Valda Orchidea Zahwa. Ide dasar lahirnya mountable ini untuk alat penyelamat bagi para pendaki gunung. Karena dia tahu risiko tersesat di gunung besar banget bahkan bisa meregang nyawa.

Alat ini bisa memantau area tanpa sinyal dan tanpa internet. Jadi kalau diterapkan pada pendakian maka bisa mengetahui lokasi dan kondisi pendaki, sampai melakukan panggilan darurat dan mendeteksi cuaca pada area pendakian.

Alat ini dilengkapi beberapa sistem mulai dari tracking tools, pemancar sinyal, website dan aplikasi. Jadi berguna banget nih kalau lagi hiking.

Lalu, kok bisa sih alat dipakai tanpa sinyal? Hal ini dikarenakan integrasi yang menggunakan pemancar sinyal berbasis Long Range. Pemancar sinyal itu adalah teknologi nirkabel yang memiliki cakupan luas, dengan konsumsi daya yang kecil sehingga mempunyai ketahanan baterai sampai 2 bulan.

Jadi Long Range akan dipasang tiap radius 2–3 kilometer yang masih bisa ditambahkan lagi jumlahnya sesuai dengan kebutuhan jarak tempuh pendakian gunung. Kalau alat ini sudah mulai aktif, maka Mountable itu bisa mengirimkan pesan darurat dan dipantau via website.

Semua pemberitahuan bisa dilihat pengelola gunung. Jadi, kalau ada pendaki yang tersesat, pengelola bisa melihat posisinya di mana dari pemberitahuan yang ada di website tersebut, lalu bisa cepat-cepat melakukan evakuasi.

Apa Bedanya dengan Walkie Talkie?

Solusi Biar Nggak Tersesat di Gunung, Pendaki Harus Tahu Mountable Nih!

Image source: shutterstock.com/Kochneva Tetyana

Alat ini memiliki fitur tambahan antara lain sistem pendeteksi cuaca, real time system, sampai group tracking yang fungsinya sudah dijelaskan tadi, bisa mengetahui lokasi anggota yang terpisah atau tersesat. Jadi dengan alat ini memudahkan dalam pencarian dan evakuasi. 

Dalam proses pembuatannya, alat ini juga menggunakan biaya operasional dan biaya produksinya yang lebih murah karena menggunakan teknologi Internet of Things. Sistem yang ditanam di Mountable ini sudah teruji dan sudah menyelamatkan sembilan pendaki yang terjebak badai di Gunung Sumbing.

Fungsi dari alat ii sudah terbukti dengan meraih penghargaan medali emas dalam ajang Indonesian International Invention Festival 2019 lalu. 

Memang ciptaan manusia itu nggak melulu sempurna. Pasti ada aja kekurangan dan kelebihannya. Dan, pada Mountable ini, sang pencetus mengatakan kekurangannya ialah nggak bisa mengirim komunikasi suara. Tapi dari sisi keunggulannya, alat ini terdepan dalam komunikasi data, analisa data dan komunikasi berbasis text di area tanpa sinyal seluler serta jangkauan. 

 

Source: https://kumparan.com/kumparantravel/mountable-jadi-solusi-terbaik-para-pendaki-saat-tersesat-di-gunung-1r4R2Am6Lhe/full
Gear Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
peralatan yang sangat penting
Heni Oen
lengkap juga yah
Ilhamakbar
Thanks infonya
Bahar
Nice info