Sabana Gunung di Pulau Jawa yang Selalu Bikin Kangen Naik Gunung

Hamparan sabana yang sangat menakjubkan di jalur pendakian menuju puncak gunung bisa dibilang menjadi angin segar bagi para pendaki. Nggak hanya indah dipandang mata, sabana yang luas ini pastinya menjadi tempat ideal untuk mendirikan tenda, bro. Mau tahu dimana saja sabana gunung di Pulau Jawa yang selalu bikin kangen naik gunung? Berikut ulasan selengkapnya!

Sabana Gunung di Pulau Jawa yang Selalu Bikin Kangen Naik Gunung

Padang Savana atau yang biasa juga disebut Sabana, adalah padang rumput yang dipenuhi oleh semak/perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar. Biasanya, sabana di gunung-gunung tertentu di Pulau Jawa seringkali digunakan buat berfoto, mendirikan tenda sampai upacara peringatan hari-hari penting, bro.

Nggak heran, jika banyak orang seringkali mendapatkan momen yang sangat sulit untuk dilupakan di hamparan padang rumput yang luas ini. Dimana saja tempat tersebut? Berikut ini beberapa sabana gunung di Pulau Jawa yang selalu bikin kangen naik gunung, bro!

Sabana 1 & 2, Gunung Merbabu

Sabana Gunung di Pulau Jawa yang Selalu Bikin Kangen Naik Gunung

Image source: instagram.com/aprilianuran

Kalau ada yang bertanya, di mana sabana tercantik yang ada di gunung Indonesia? Mungkin kebanyakan pendaki bakal kompak menjawab sabana 1 & 2 Gunung Merbabu. Yup, sabana Gunung Merbabu ini memang populer sebagai salah satu sabana gunung tercantik yang ada di Pulau Jawa.

Untuk mencapai padang sabana ini lo bisa mendaki Gunung Merbabu lewat jalur Selo atau Gancik, bro. Saat pertama kali sampai di padang sabana ini, lo pasti bakal betah berlama-lama. Sebab, tepat di hadapan sabana yang indah ini ada gunung merapi yang berdiri dengan gagah, bro!

Wajar saja, kalau banyak banget pendaki yang lebih suka lewat jalur Selo dan mendirikan tenda di area sabana ini. Tapi, jika sudah masuk musim penghujan harus ekstra hati-hati mendirikan tenda di sini ya, bro. Pasalnya, area ini sangat rawan terhadap badai atau angin kencang!

Sabana Cikasur, Gunung Argopuro

Sabana Gunung di Pulau Jawa yang Selalu Bikin Kangen Naik Gunung

Image source: kabutipis.com

Gunung Semeru memang menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Tapi, kalau gunung dengan jalur pendakian terpanjang yang ada di Pulau Jawa, Gunung Argopuro juaranya, bro. Yup, Gunung Argopuro ini merupakan gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Jawa, dan terpanjang kedua di Indonesia setelah Gunung Leuser.

Jalur pendakiannya hampir bisa mencapai 40 km. Tapi, kalau lo mendaki Gunung Argopuro lewat jalur Baderan, padang sabana Cikasur bakal jadi suatu keindahan luar biasa yang bisa mengobati lelah lo, bro.

Selain sabana Cikasur, lo juga akan menemukan sabana-sabana kecil di sepanjang jalur pendakian. Itulah kenapa banyak pendaki yang menyebutnya “The Hidden Paradise” di Argopuro. Konon, sabana Cikasur tempat ini merupakan bekas lapangan terbang pada zaman penjajahan Belanda. Sisa-sisa pondasi landasan dan bangunan pada zaman itu bahkan masih ada sampai sekarang, bro.

Oro-oro Ombo, Gunung Semeru

Sabana Gunung di Pulau Jawa yang Selalu Bikin Kangen Naik Gunung

Image source: backpackerjakarta.com

Siapa sih yang nggak tahu tentang keindahan Gunung Semeru? Setelah adanya film 5 CM, orang yang nggak pernah mengenal gunung pun langsung tahu, kalau gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memang memiliki pesona yang nggak main-main, bro.

Salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan padang sabana di Gunung Semeru adalah Oro-Oro Ombo, yang letaknya berada di antara Ranu Kumbolo dan bukit Jambangan. Oro-Oro Ombo sendiri memiliki makna padang rumput yang luas. Bahkan, luasnya diperkirakan sekitar 100 hektare, bro.

Padang sabana ini didominasi oleh tumbuhan Verbena Brasiliensis yang mirip dengan bunga Lavender. Ketika musim penghujan dan bunga ini mekar, lo pasti bakal terpesona melihat hamparan bunga berwarna ungu yang sangat indah, bro!

Nah, itulah beberapa sabana gunung di Pulau Jawa yang selalu bikin kangen naik gunung. Selain list di atas, sabana mana lagi yang selalu bikin kangen naik gunung, bro? Ceritakan di kolom komentar ya!

 

Referensi: https://phinemo.com/9-jalur-pendakian-gunung-di-indonesia-dengan-area-padang-sabana/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow nice
dephy
PENGEN KE MERBABU
Yuniarto ( Tato )
indah yaaaa
Agus Sungkawa
Oro oro ombo semeru amazing
arief
kereennnn, yg bikinkangen yg kaya gininyanih
agung
tq info ya
dwipaadnyana
amazing view