Persiapan Kalau Mau Mountain Biking Malam Hari

Sebagian orang punya anggapan kalau bersepeda malam hari itu nggak menyenangkan. Sudah gelap, terus dingin, dan dinilai berbahaya. Padahal, kalau bersepeda dengan peralatan lengkap, seru-seru aja kok.

Persiapan Kalau Mau Mountain Biking Malam Hari

Sama halnya dengan mountain biking, aktivitas tergolong ekstrem ini juga sah-sah saja kalau mau dilakukan malam hari. Bahkan, kalau lo salah seorang yang mencari ketegangan, bersepeda malam hari di pegunungan jadi hal yang menantang banget, sekaligus seru.

Cuma, lo nggak bisa nyelonong begitu aja, gowes ke pegunungan terus turun gitu aja. Ada beberapa persiapan yang harus lo matangkan dulu.

Paling nggak keamanannya harus diutamakan. Karena kegiatan extrem sport sudah pasti bahaya banget. Apalagi dilakukan malam hari. So, simak terus ke bawah ya, apa aja sih persiapannya?

Lampu, Lampu, dan Lampu!

Persiapan Kalau Mau Mountain Biking Malam Hari

Image source: pinemountainsports.com

Bersepeda malam hari di jala biasa saja sudah pasti membutuhkan yang namanya lampu. Apalagi melakukan mountain biking, lampu adalah item utama yang wajib banget diaplikasikan ke sepeda 

Idealnya, ketika bersepeda di gunung malam hari itu menggunakan dua lampu di untuk visibilitas bagian depan. Pertama bisa lo pasang di stang, lalu yang kedua dipasang di helm. Tujuannya untuk mengarahkan cahaya ke rintangan di depan atau bagian jalan.

Pastikan baterai lampu dalam kondisi penuh ya. Perhatikan juga rem dan suspensi sepeda. Sama satu lagi nih bro, bawalah lampu atau baterai cadangan. 

Bukan cuma sekadar nyala aja. Di momen istirahat lampu haru lo matikan untuk menghemat daya baterai. Ingat ya bro, perjalanan lo bersepeda bukan di lokasi yang dekat rumah apalagi kendaraan roda empat lalu lalang. Jadi Perencanaannya harus matang betul, bro.

Tetap Berada di Jalur yang Dikenal

Persiapan Kalau Mau Mountain Biking Malam Hari

Image source: mbr.co.uk

Kalagi riding malam itu jangan punya ide yang aneh-aneh ya. Karena lo lagi gowes bukan saat lagi terang, tapi malam hari yang risikonya tinggi banget.

Maka gowes di malam hari itu baiknya dinikmati dan buat senang-senang. Untuk itu sebisa tetaplah pada jalur yang sudah lo kenal. Karena kegelapan kadang bikin penglihatan kita jadi tampak asing. 

Paling baik lagi tuh kalau lo sudah berpengalaman menyusuri jalur itu sebelumnya. Jadi bentuk rintangannya kayak apa dan rutenya bagaimana, lo sudah hafal betul. 

Utamakan Keselamatan

Persiapan Kalau Mau Mountain Biking Malam Hari

Image source: redbull.com

Mountain biking malam hari artinya risiko jadi makin tinggi dan artinya keamanan harus ekstra. Pastikan lo memberitahu ke orang lain kalau lo pergi bersepeda ke pegunungan bersama teman-teman. 

Lalu periksa juga sepeda sebelum keluar rumah, karena lo nggak mau kan saat lagi di jalan setapak gunung tiba-tiba berhenti buat benerin sepeda? 

Bawalah pakaian berlapis karena lo bakal berhadapan dengan cuaca malam yang tingkat kedinginannya naik satu level. Sarung tangan juga perlu tuh, bro. Gunakan juga kacamata bening untuk berjaga-jaga ranting pohon. 

 

Source: https://www.rei.com/blog/cycle/tips-for-mountain-biking-in-the-dark
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Safety first..
Yuniarto ( Tato )
Bener banget nih
Agus Sungkawa
Utamakan keselamatan
dephy
selalu berhati-hati
agung
tq info ya