Motret Foto Low-Light Pakai HP Nggak Susah Kok Bro, Coba Tipsnya Nih!

Motret saat suasana malam hari pasti PR banget deh. Apalagi kalau cuma modal ponsel di kantong celana, harus butuh cahaya lampu di sekitaran lokasi biar hasil jepretan kaya akan cahaya.

Motret Foto Low-Light Pakai HP Nggak Susah Kok Bro, Coba Tipsnya Nih!

Tapi, itu kayaknya kendala di zaman baheula alias zaman dulu. Kalau sekarang hampir semua ponsel pintar punya fitur yang bisa mengatur pencahayaan buat suasana gelap. Bahkan ada lho yang kualitasnya menyamakan kamera pocket atau SLR. Canggih ya!

Nah kalau mau motret foto di low-light ada teknik-tekniknya sendiri dan cara mengatasinya. Secara basic, kalau pakai kamera profesional, low-light ini bisa diatasi dengan pengaturan ISO, memperlambat shutter speed, sampai bukaan lensa. Terus kalau pakai HP gimana?

Cari HP dengan Spesifikasi Tepat

Motret Foto Low-Light Pakai HP Nggak Susah Kok Bro, Coba Tipsnya Nih!

Image source: pexels.com/@devonrockola

Supaya hasil foto low-light menghasilkan bidikan yang menawan, maka tentunya kamera ponsel juga arus pas. Spesifikasi ponsel menentukan kualitas hasil jepretan. 

Idealnya, kamera ponsel yang mampu menangkap momen terbaik di kondisi gelap yakni dengan spesifikasi kamera 12 megapiksel. Spesifikasi itu memenuhi standar foto kualitas jempolan.

Seperti di awal tadi, foto low-light bisa diakali dengan memanfaatkan kondisi pencahayaan di sekitar spot foto. Meski sedikit, cahaya tetap menentukan hasil foto bagus atau nggak. Lo sebagai fotografer harus jeli melihat sumber cahaya. 

Cari Golden Moment

Motret Foto Low-Light Pakai HP Nggak Susah Kok Bro, Coba Tipsnya Nih!

Image source: pexels.com/@blitzboy

Fotografer biasanya ada istilah golden moment dan golden light. Nah, di dunia perfotoan, momen itu sekitaran pukul 18.00 WIB atau sebelum matahari terbit. Kondisi itu masih low-light dan bagus banget. Momen itu kadang diburu sama fotografer.

Sama satu hal lagi, harus paham juga sama medan atau lokasi yang dijadikan spot foto. Lo sebagai fotografer harus bisa menentukan ojek yang mau diambil itu sudah kelihatan bagus cahayanya atau belum maksimal.

Kalau memang sumber cahaya nggak begitu memadai, lo mungkin bisa membawa cahaya tambahan seperti lampu. Sayang kan kalau sudah jauh-jauh tapi nggak dapat foto keren. Memanfaatkan lampu dari kamera ponsel juga cukup kok.

Kamera Harus Stabil

Ini paling penting, karena kamera profesional juga butuh teknik ini supaya foto hasilnya jadi manis. Jadi, kamera buat foto itu harus dalam kondisi yang stabil, yang mana nggak boleh bergerak sama sekali.

Dalam mengambil momen di cahaya yang minim, kestabilan kamera jadi faktor utama. Maka item tambahan yang harus disiapkan adalah tripod atau benda apapun yang bisa dipakai buat menyangga kamera.

Kalau tangan lo sering tremor, coba deh pakai alat bantuan. Harus stabil. Kalau nggak tripod, tembok atau tiang juga bisa diandalkan kok. Senderkan aja kameranya, ketika sudah stabil, tinggal cari spot yang paling pas aja deh. 

 

Source: https://travel.kompas.com/read/2019/11/12/123000027/tips-foto-low-light-dengan-kamera-smartphone?page=all
Tips Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Bahar
Nice info
dephy
perlu skil dan jam terbang tinggi
agung
tq info ya
Bahar
Kerennnnnn