5 Tips Mendaki Gunung Semeru Buat Pendaki Pemula

Apa yang terlintas di pikiran lo saat mendengar kata Gunung Semeru? Yup, gunung tertinggi di Pulau Jawa memang memiliki panorama yang menakjubkan sepanjang jalur pendakian sampai puncaknya. Disamping itu, ternyata pendaki pemula bisa juga mendaki gunung yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang ini lho, bro. Berikut ulasan selengkapnya!

5 Tips Mendaki Gunung Semeru Buat Pendaki Pemula

Pesona alam Gunung Semeru memang menawarkan keindahan yang nggak ada duanya. Kabar pembukaan jalur pendakiannya pada awal oktober lalu pun disambut hangat oleh para pendaki. Bahkan, kuota pendakian dilaporkan telah mencapai batas maksimal selama awal-awal minggu pembukaannya, bro.

Gunung Semeru memang menyuguhkan pemandangan alam yang memesona, dan rute pendakian yang relatif cukup aman bagi para pendaki pemula. Wajar saja, jika kabar pembukaan Gunung Semeru tersebar di media sosial, banyak pendaki yang berencana menjajal pendakian di gunung tersebut.

Dilansir laman okezone, berikut ini beberapa tips mendaki Gunung Semeru buat pemula yang dijabarkan oleh Rahman, Sekjen Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia.

1. Persiapan Fisik

5 Tips Mendaki Gunung Semeru Buat Pendaki Pemula

Image source: unsplash.com/@modry_dinosaurus

Tips mendaki Gunung Semeru yang satu ini memang nggak hanya bagi para pemula saja, tetapi bagi semua orang yang mau melakukan pendakian gunung dengan medan dan rute yang berbeda-beda, bro.

"Persiapan fisik itu penting, apalagi kalau mendaki gunung dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Selain itu, kita kan juga sempat libur naik gunung karena Covid-19. Jadi sebelum mendaki gunung harus benar-benar menyiapkan fisik yang prima", kata Rahman.

Jenis latihan fisik yang dianjurkan ini bisa berupa jogging, push-up, sit-up, sampai bersepeda. Idealnya, latihan fisik dilakukan satu bulan sebelum pendakian, bro.

2. Persiapan Teknis

5 Tips Mendaki Gunung Semeru Buat Pendaki Pemula

Image source: unsplash.com/@uguccione65

Tips mendaki Gunung Semeru buat pemula selanjutnya yaitu pastikanlah persiapan teknis terpenuhi dengan baik. Mulai dari manajemen perjalanan, seperti apa rencana, agenda dan jadwalnya, termasuk mempelajari medan, cuaca, dan kondisi alam Gunung Semeru, bro.

Peralatan dan perlengkapannya pun harus sesuai dengan standar keamanan. Nah, perlengkapan ini biasanya terbagi menjadi dua kategori, yaitu perlengkapan pribadi, dan perlengkapan kelompok.

"Perlengkapan pribadi itu seperti pakaian lapangan, pakaian hangat, membawa rain coat, dan memakai sepatu yang proper (sepatu gunung). Kalau perlengkapan kelompok seperti tenda, perlengkapan masak, dan logistik. Ingat, perbekalan harus benar-benar mencukupi karena aktivitas di gunung itu berat," tegas Rahman.

Persiapan teknis yang nggak kalah pentingnya mempelajari navigasi serta memperbanyak informasi seputar penanganan-penangan penyakit di gunung seperti Hipotermia.

"Seenggaknya kita harus tahu dulu gejala-gejala awalnya, dan bagaimana memberikan pertolongan pertama," tuturnya.

3. Kemampuan Terkait Kemanusiaan

5 Tips Mendaki Gunung Semeru Buat Pendaki Pemula

Image source: pexels.com/@bhine

Kemampuan terkait kemanusiaan, kata Rahman, berkaitan dengan sikap dan mental positif sang pendaki itu sendiri. Contohnya ketika Lo menyambangi tempat baru, Lo harus menghormati kebudayaan dan kearifan lokal. Jangan lakukan perilaku tidak etis yang dapat menyinggung warga setempat.

"Ini juga menyangkut tentang semangat untuk saling menjaga satu sama lain. Sesama pendaki harus saling mengingatkan dan menyemangati. Kalau ada teman yang butuh istirahat, ya kita harus perhatikan dan menjaga mereka. Jangan egois," tegas Rahman.

4. Kesadaran Menjaga Lingkungan Hidup

5 Tips Mendaki Gunung Semeru Buat Pendaki Pemula

Image source: unsplash.com/@lureofadventure

Tips mendaki Gunung Semeru buat pemula selanjutnya yaitu ada kesadaran menjaga lingkungan hidup. Ini berkaitan tentang etika-etika di alam terbuka, terutama menyangkut konservasi atau pelestarian alam, bro.

"Naik gunung jangan nyampah, kita harus jaga kelestarian alam juga. Kalau itu dilakukan dengan baik, diri kita selamat, alam pun terjaga," imbuh Rahman.

5. Gabung Komunitas atau Gunakan Jasa Pemandu

5 Tips Mendaki Gunung Semeru Buat Pendaki Pemula

Image source: unsplash.com/@akhu

Rahman juga menyarankan agar para pendaki pemula bergabung dalam komunitas pencinta alam. Jadi, ketika lo mau melakukan pendakian gunung, lo bisa mengajak anggota yang berpengalaman untuk memandu proses pendakian, bro.

"Alternatif lainnya bisa menggunakan jada pemandu dan operator. Sekarang sudah banyak pemandu yang tersertifikasi," tandas Rahman.

 

Referensi: https://travel.okezone.com/read/2020/10/01/549/2286938/mau-naik-gunung-semeru-nih-5-tips-buat-pendaki-pemula
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat buat pemula
Yuniarto ( Tato )
mantap bos
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
semua butuh persiapan
Sumardiyono
txs infonya
Bahar
Nice info
Muhammad arifudin
Perlu diperhatikan