Traveling Turun di Stasiun Lempuyangan, Ini Tempat Wisata Terdekatnya Bro!

Stasiun ini sangat familiar. Bukan sekadar jadi tempat pemberhentian gerbong kereta api saja. Tapi juga jadi titik awal dimulainya cerita seru liburan di Yogyakarta.

Traveling Turun di Stasiun Lempuyangan, Ini Tempat Wisata Terdekatnya Bro!

Iya bro, ini adalah Stasiun Lempuyangan. Hiruk pikuknya terlihat ketika kereta baru saja berhenti. Banyak yang bergegas lari keluar stasiun. Ada juga yang menunggu keluarga tiba dari luar Yogyakarta.

Di stasiun ini memori itu tercipta. Jadi titik awal, sekaligus perpisahan yang manis untuk Kota Pendidik yang selalu bikin rindu. Ah, jadi kangen sama Yogyakarta.

Buat lo yang sudah nggak sabar liburan, siap-siap buat atur tanggalnya. Traveling naik kereta turun di Lempuyangan ini bisa dibilang jadi pengalaman menarik.

Setelah keluar dari stasiun lo nggak bakalan kebingungan deh mau cuci mata kemana. Karena letak stasiun ini dekat banget ke tempat-tempat wisata di Yogyakarta. Ada apa saja sih?

Situs Warungboto

Traveling Turun di Stasiun Lempuyangan, Ini Tempat Wisata Terdekatnya Bro!

Image source: instagram.com/maaaaasber

Ini salah satu destinasi yang bisa lo kunjungi ketika turun dari Stasiun Lempuyangan. Lokasinya ada di Jalan Veteran, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo. Kira- kira 3,4 kilometer dari Lempuyangan.

Situs Warungboto merupakan petilasan yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I. Kalau dihitung dari tahun masehi, situs Warungboto dibangun mulai tahun 1785.

Di dalam situs terdapat taman, segaran, kolam, serta kebun. Situs Warungboto kelihatan banget megahnya dari bangunan batu yang berdiri tinggi dan kokoh. Struktur bangunan dengan lorong, pintu, dan jendela dengan aksen lengkung pada bagian atasnya begitu menarik.

Kebun Binatang Gembira Loka

Traveling Turun di Stasiun Lempuyangan, Ini Tempat Wisata Terdekatnya Bro!

Image source: ksmtour.com

Kebun binatang ini bisa dibilang super lengkap. Kalau lo ke sini bakal disuguhkan berbagai macam hewan serta atraksi yang menarik.  Kalau lo naik mobil, waktu tempuhnya dari Lempuyangan sekitar 10 menit. Tapi kalau jalan kaki, waktu tempuhnya kurang-lebih 45 menit. Lo bisa pilih deh, jalan kaki sambil menikmati suasana kota juga seru kok.

Kebun Binatang Gembira Loka buka jam 8 pagi dan tutup di jam 5 sore. Untuk harga tiket masuk kawasan sebesar Rp 30 ribu untuk weekday dan Rp 35 ribu saat weekend.

Museum Benteng Vredeburg

Traveling Turun di Stasiun Lempuyangan, Ini Tempat Wisata Terdekatnya Bro!

Image source: id.wikipedia.org

Lokasi ini lebih dekat daripada Kebun Binatang, jaraknya hanya 2,2 km dari stasiun. Kalau jalan kaki, estimasi waktunya 30 menit. Museum Benteng Vredeburg ini buka setiap harinya pada hari Senin sampai hari Minggu pukul 07.30 WIB-16.00 WIB.

Masuknya murah banget cuma Rp 2 ribu untuk anak-anak, Rp 3 ribu untuk dewasa, dan untuk wisatawan mancanegara cukup mengeluarkan uang Rp 10 ribu.

Bangunan yang memiliki tinggi kurang lebih 5 meter ini memiliki ciri khas dari arsitektur Belanda. Jangan lupa protokol kesehatannya ya, lo wajib memakai masker, cuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh, jaga jarak minimal 1,5 meter saat antre dan di area museum. Terpenting, dilarang berkerumun, dan harus mengurangi kontak fisik.

Kawasan Malioboro

Traveling Turun di Stasiun Lempuyangan, Ini Tempat Wisata Terdekatnya Bro!

Image source: minews.id

Di sepanjang jalan Malioboro ini banyak banget deretan pedagang kaki lima yang menawarkan pakaian, kuliner, hingga pernak pernik khas Jogja. Mampir ke lokasi ini sudah paling pas kalau liburan ke Yogyakarta. 

Malioboro menjadi wisata legendaris di Yogyakarta yang nggak pernah sepi. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara, Malioboro selalu punya daya tarik tersendiri. Jarak dari Stasiun Lempuyangan lo bisa berjalan kaki sepanjang 1,2 kilometer (km) atau naik transportasi umum.

 

source: https://travel.kompas.com/read/2020/11/06/141456027/stasiun-lempuyangan-trending-di-twitter-ini-5-pilihan-tempat-wisata-terdekat
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Stasiun lempuyangan letak strategis dengan tempat wisata di Jogja. Meski kereta yg turun disana kelas ekonomi... Its oke...
Yuniarto ( Tato )
Mantap nih
Sumardiyono
nice infonya
dephy
BANYAK CERITA DISTASIUN INI
Yuniarto ( Tato )
Salam lestari
Bahar
Nice info
Yeni Kurniasih
station setelah tugu
arief
meanirk nih makaish infonya
wildan
keren nih tempat2nya