Mendaki Gunung Rinjani dengan Budget Minim? Bisa Banget, Bro!

Gunung Rinjani mungkin menjadi salah satu gunung yang diidamkan oleh para pendaki untuk ditaklukkan. Namun, kendala yang sering dihadapi para pendaki adalah budget yang minim. Padahal bisa banget mendaki Gunung Rinjani dengan budget minim, bro. Simak ulasan selengkapnya!

Mendaki Gunung Rinjani dengan Budget Minim? Bisa Banget, Bro!

Selain terkenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Rinjani juga memiliki daya tarik keindahan alam yang luar biasa. Banyak pelancong yang datang karena ingin menyaksikan keindahan alam tersebut. Nggak hanya wisatawan lokal, tapi juga banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk mendaki Gunung Rinjani.

Meskipun demikian, nyatanya masih banyak pendaki gunung Indonesia yang bahkan belum menjejakkan kakinya di Gunung Rinjani. Salah satu alasan yang seringkali disampaikan adalah karena budget yang minim. Sebenarnya ada banyak cara agar bisa mendaki Gunung Rinjani dengan biaya minim, bro.

Apa aja tips mendaki Gunung Rinjani dengan budget minim? Berikut ulasan selengkapnya.

Persiapan Jauh-jauh Hari

Mendaki Gunung Rinjani dengan Budget Minim? Bisa Banget, Bro!

Image source: unsplash.com/@karljkhedin

Untuk mengantisipasi hal yang nggak diinginkan, sebaiknya persiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari. Persiapan ini meliputi fisik, waktu, dan juga perlengkapan. Semakin baik persiapan yang dilakukan, maka akan semakin baik pula.

Olahraga yang teratur, membuat check list perlengkapan, dan mempelajari berbagai hal tentang Gunung Rinjani, termasuk transportasi alternatif yang ada, adalah beberapa hal yang bisa membuat persiapan semakin matang.

Gunakan Transportasi Umum

Mendaki Gunung Rinjani dengan Budget Minim? Bisa Banget, Bro!

Image source: unsplash.com/@sachi_202020

Untuk menghemat biaya, disarankan untuk menggunakan transportasi umum yang lebih murah. Sebagai contoh misalnya jika berangkat dari Pulau Jawa, maka sebaiknya menggunakan kereta. Selain lebih nyaman, tarif kereta juga lebih murah.

Namun, karena harga makanan di dalam kereta umumnya cukup tinggi, ada baiknya juga membawa perbekalan sendiri untuk menghindari rasa bosan dan lapar.

Perjalanan bisa dilakukan dengan naik kereta dari Jakarta ke Surabaya, setelah turun di Stasiun Pasar Turi Surabaya, hanya perlu menyeberang jalan untuk sampai di Terminal Surabaya. Kemudian dari terminal, tinggal naik bus dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak.

Namun perlu diingat, kapal dengan tujuan Surabaya – Lombok nggak berlayar setiap hari. Jadwal pelayarannya hanya tiga kali dalam seminggu, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat. Pastikan untuk nggak terlambat supaya nggak mengalami kendala memulai pendakian Gunung Rinjani.

Menginap di Rumah Warga

Perjalanan dari Pulau Jawa ke Lombok Timur membutuhkan waktu yang cukup panjang. Jadi ada baiknya untuk beristirahat semalam untuk memulihkan tenaga ketika sudah sampai di Desa Sembalun, di kaki Gunung Rinjani.

Karena harga hotel di tempat ini cukup mahal dan menguras kantong, hal ini bisa disiasati dengan menginap di rumah warga. Dengan menginap di rumah warga, tentu aja biaya yang dikeluarkan bisa menjadi lebih ditekan.

Mendaki Tanpa Menggunakan Jasa Guide

Mendaki Gunung Rinjani tanpa jasa guide adalah pilihan yang sebaiknya diambil untuk menghemat biaya selanjutnya. Dengan nggak menggunakan jasa guide dalam pendakian, maka ada biaya yang bisa dipangkas.

Namun konsekuensinya adalah tentu aja harus memastikan pula bahwa pendakian yang dilakukan nggak akan bermasalah tanpa hadirnya seorang guide atau porter.

Keputusan untuk nggak menggunakan jasa guide atau porter ini sebaiknya nggak dilakukan oleh pendaki pemula. Dengan risiko teknis yang cukup tinggi, tanpa dampingan seorang pemandu tentu aja proses pendakian bisa menjadi lebih riskan.

Jadi, ambillah keputusan untuk nggak menggunakan jasa pemandu jika hal tersebut memang benar-benar bisa dilakukan tanpa menambah risiko yang ada, bro.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan jika mau melakukan pendakian ke Gunung Rinjani dengan budget minim. Pastikan peralatan pendakian yang dibawa juga sudah lengkap dan nggak ada yang bermasalah, bro.

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/6-panduan-sederhana-trik-minim-budget-daki-rinjani
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
Agus Sungkawa
Semoga bukan hanya mimpi suatu saat bisa berada d puncak gn rinjani
Bahar
Nice info
dephy
jadi pengen kesana