Tips Memilih Ban Sepeda Gunung yang Tepat Buat Bertualang!

Sepeda gunung atau mountain bike (MTB) memang identik dengan jalur offroad yang sulit dan menantang. Nggak heran, jika setiap komponennya, termasuk ban sepeda, haruslah yang terbaik agar bisa mulus melewati setiap tantangan yang ada di hadapan. Lalu, bagaimana tips memilih ban sepeda gunung yang tepat bertualang? Berikut ulasan selengkapnya, bro!

Tips Memilih Ban Sepeda Gunung yang Tepat Buat Bertualang!

Bertualang dengan sepeda gunung pasti bakal lebih nyaman dan menyenangkan jika menggunakan ban sepeda gunung yang tepat dan sesuai. Dengan ban sepeda gunung yang tepat, lo bisa melibas semua jalur yang menantang dengan kemampuan terbaik lo, bro.

Semua ban sepeda gunung memang sekilas sama semua, dengan tekstur yang bergerigi dan kasar. Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang harus lo pertimbangkan jika mau membeli ban jenis sepeda petualangan yang satu ini, bro.

Biar nggak salah pilih, sebaiknya simak tips memilih ban sepeda gunung yang tepat buat bertualang berikut ini!

Perhatikan Kondisi Tonjolan dan Alur Ban

Tips Memilih Ban Sepeda Gunung yang Tepat Buat Bertualang!

Image source: unsplash.com/@babil_mash

Kalau lo sering bertualang di trek off-road, maka pilihlah ban dengan banyak alur yang menonjol. Sedangkan untuk balapan di trek, lo harus pilih tonjolan yang kecil. Sementara untuk trek dengan rintangan alami, sebaiknya pilih banlah sepeda gunung dengan tonjolan tinggi, bro.

Ban lebar dengan tonjolan lebar berguna pada trek lembut dan tonjolan yang berjarak cukup lebar baik digunakan pada permukaan keras. Pilih ban dengan tonjolan yang jarang jika lo berencana melibas trek yang berlumpur, bro.

Sesuaikan dengan Trek Sepeda Gunung

Tips Memilih Ban Sepeda Gunung yang Tepat Buat Bertualang!

Image source: unsplash.com/@christnerfurt

Tentunya lo harus mengetahui terlebih dahulu medan atau trek seperti apa yang ingin lo lalui dengan sepeda gunung kesayangan lo, bro. Kalau lo mengutamakan performa, maka lo harus memilih ban dengan lapisan kevlar yang kuat namun ringan, untuk mengurangi beban total sepeda.

Sedangkan, kalau lo memilih medan yang permukaan tanahnya lembut, pilih ban yang cenderung tipis, 2 inchi atau di bawahnya. Sementara bagi lo yang senang bersepeda di permukaan keras atau berbatu, sebaiknya memilih menggunakan ban sepeda gunung dengan lebar 2,2 inchi. Semakin ekstrem trek sepeda gunung, maka semakin lebar pula seharusnya ban yang lo pilih, bro.

Sesuaikan dengan Berat Badan

Tips Memilih Ban Sepeda Gunung yang Tepat Buat Bertualang!

Image source: unsplash.com/@timberfoster

Lo semua pasti tahu, kalau ban sepeda adalah pusat dari penyangga beban utama, untuk itu dibutuhkan ban sepeda yang menyesuaikan berat badan lo, bro. Kalau lo sekiranya memiliki bobot tubuh yang terbilang gemuk, maka sebaiknya gunakanlah jenis ban yang menggunakan ban dalam. 

Tapi, kalau berat badan lo termasuk ringan atau kurus, maka pilihan terbaik jatuh pada ban sepeda gunung tubeless, bro.

Cek Alur Ban

Tips Memilih Ban Sepeda Gunung yang Tepat Buat Bertualang!

Image source: unsplash.com/@martinbullaoffciall

Lo juga harus memperhatikan alur dari ban, hal ini agar lo dapat menyesuaikan dengan gaya dan jenis MTB atau sepeda gunung yang lo lakukan. Semakin banyak alur di ban, semakin bagus juga daya cengkram ban di permukaan tanah, bro.

Kalau lo hobi bersepeda di perkotaan, maka lo bisa memilih ban basah untuk memudahkan memperoleh kecepatan yang diinginkan. Ada juga ban semi basah cocok digunakan untuk bersepeda di perbukitan dekat kota karena mampu mendapatkan traksi yang lebih baik dan mengurangi backsliding ketika berbelok tajam, bro.

Perhatikan Lebar Ban

Jangan lupa untuk memperhatikan lebar ban yang mau dipasang pada sepeda gunung kesayangan lo, bro. Pasalnya, ban yang lebih lebar memberikan stabilitas yang lebih besar. Terutama saat sepeda menikung dan bergerak dengan cepat. Area permukaan ban yang lebih luas ini tentu saja bakal meningkatkan traksi ban ke permukaan tanah, bro.

Ban yang lebar juga memiliki kelemahan, karena mengurangi sisa ruang antara ban, fork dan frame sepeda. Sehingga dapat membuat lumpur dan material lain menjadi tersangkut hingga membuat gesekan, dan mempengaruhi kecepatan sepeda. Ada baiknya lo mencari informasi dan spesifikasi model pelek yang digunakan, agar nggak mengurangi performa sepeda, bro.

So, itulah beberapa tips memilih ban sepeda gunung yang tepat buat bertualang. Jadi, jangan sampai salah pilih ya, bro!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/sports/tips-memilih-ban-sepeda-gunung-109614
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
dephy
jangan asal beli, kenali dulu apa yang akan kita beli
Ilham akbar
Luar biasa
agung
tq info ya
Agung Sutrisno
Dengan ban sepeda gunung yang tepat, lo bisa melibas semua jalur yang menantang