5 Danau di Atas Gunung Indonesia yang Punya Keindahan Luar Biasa!

Melakukan pendakian ke gunung tentu menjadi momen berharga untuk para pendaki. Apalagi jika gunung yang didaki menyuguhkan berbagai keindahan alam seperti danau yang memukau. Di Indonesia sendiri terdapat danau yang berada di atas gunung, bro. Mau tau di mana aja? Simak ulasan selengkapnya.

5 Danau di Atas Gunung Indonesia yang Punya Keindahan Luar Biasa!

Pendakian ke gunung nggak hanya sekadar untuk mencapai puncak aja, namun juga menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Di beberapa gunung di Indonesia, pendaki juga bisa menjumpai keberadaan danau dengan pemandangan yang sangat memukau. Nggak heran kalau para pendaki kerap menghabiskan waktu cukup lama untuk mengagumi keindahan danau di atas gunung tersebut.

Nah, buat para pendaki yang berencana melakukan pendakian dalam waktu dekat, beberapa gunung ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Apalagi, beberapa gunung ini terkenal memiliki danau memukau yang menjadi lokasi favorit para pendaki.

Lantas danau di atas gunung Indonesia mana aja yang bisa dijadikan destinasi untuk pendakian selanjutnya? Berikut ini daftarnya.

1. Danau Gunung Tujuh, Gunung Kerinci

5 Danau di Atas Gunung Indonesia yang Punya Keindahan Luar Biasa!

Image source: instagram.com/andrey_chart

Danau Gunung Tujuh yang berada di Gunung Kerinci ini bisa menjadi pilihan danau memukau pertama yang bisa dikunjungi. Danau ini memiliki lokasi yang benar-benar merepresentasikan namanya, dikelilingi oleh 7 gunung, yakni Gunung Hulu Tebo, Gunung Jar Panjang, Gunung Hulu Sangir, Gunung Lumut, Gunung Madura Besi, Gunung Selasih, dan Gunung Tujuh.

Danau di atas Gunung Kerinci ini juga memiliki sebutan lain sebagai Danau Para Dewa. Julukan tersebut disematkan karena masyarakat sekitar percaya kalau di tempat ini bersemayam sepasang naga serta makhluk halus bersosok harimau di dalamnya. Air di danau tersebut juga selalu dalam kondisi bersih dan jernih.

2. Danau Segara Anak, Gunung Rinjani

5 Danau di Atas Gunung Indonesia yang Punya Keindahan Luar Biasa!

Image source: unsplash.com/@wollio

Danau Segara Anak yang berlokasi di Gunung Rinjani, Lombok, ini memiliki ketinggian 2.010 mdpl dan berada di kaldera Gunung Rinjani yang membuatnya semakin memesona.

Pemandangan menyeluruh dari danau ini bisa disaksikan ketika sampai di Puncak Rinjani. Selain itu, keberadaan kolam air panas alami di sekitar danau juga membuat para pendaki semakin betah berlama-lama menikmati keindahan danau ini.

3. Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

5 Danau di Atas Gunung Indonesia yang Punya Keindahan Luar Biasa!

Image source: unsplash.com/@nofish

Selain dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru juga memiliki ciri khas dengan keberadaan Ranu Kumbolo di atasnya. Bahkan, sering pula pendaki berniat melintas jalur pendakian Gunung Semeru dengan tujuan akhir danau ini, bukan berniat sampai ke puncak.

Selain danau tersebut, ada pula beberapa danau lain yang nggak kalah memukau dan bisa disaksikan saat melakukan pendakian ke Puncak Mahameru. Danau tersebut adalah Ranu Pani dan Ranu Regulo yang letaknya nggak jauh dari titik awal keberangkatan.

4. Danau Taman Hidup, Gunung Argopuro

5 Danau di Atas Gunung Indonesia yang Punya Keindahan Luar Biasa!

Image source: ksmtour.com

Danau Taman Hidup yang berada di Gunung Argopuro ini konon menjadi tempat favorit Dewi Rengganis dari Kerajaan Majapahit.

Karena keindahannya tersebut, para pendaki juga kerap menjadikan danau ini sebagai lokasi peristirahatan. Apalagi, di sini juga sering terlihat beragam jenis hewan liat seperti kancil, babi hutan, ataupun rusa.

Ekosistem yang alami antara latar belakang puncak Argopuro dan hamparan Telaga Taman Hidup yang berair jernih menjadi daya tarik tersendiri dari Gunung Argopuro.

5. Danau Habema, Pegunungan Trikora

5 Danau di Atas Gunung Indonesia yang Punya Keindahan Luar Biasa!

Image source: ksmtour.com

Pernah melakukan pendakian ke kawasan Pegunungan Trikora di Papua, bro? Kalau belum, pegunungan ini bisa menjadi pilihan menarik yang akan menyuguhkan keindahan danau cantik bernama Danau Habema. Danau ini merupakan danau keramat di kalangan Suku Dani. Apalagi, karena danau ini adalah sumber kesuburan serta kehidupan suku mereka.

Danau ini dulunya dikenal dengan nama Danau Yuginopa. Namun, namanya diubah menjadi Danau Habema yang diambil dari nama seorang Letnan Prajurit Belanda yang melakukan pengawalan ekspedisi ke Puncak Gunung Trikora pada 1909. Berada di ketinggian 3.225 mdpl, danau ini merupakan danau gunung tertinggi yang ada di Indonesia.

Nah, itulah beberapa danau di atas gunung yang ada di Indonesia. Dari beberapa pilihan danau di atas gunung yang memukau tersebut, lo tertarik untuk mengunjungi yang mana, bro?

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/gunung-gunung-di-indonesia-yang-memiliki-danau-indah
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Ilham akbar
Nice info
Sumardiyono
wow keren
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
Sangat menakjubkan
Hengky  kik
Indonesia kaya akan keindahan alam dan budaya nya
Bahar
Nice info
Heni Oen
luar biasa jndahnya
Yuniarto ( Tato )
Keren cuy
Heni Oen
banyak belum yang dikunjungi nih
arief
Nice info