Menyelam Bisa Sambil Ngayuh Pedal Pakai Seabike, Bro!

Mengayuh pedal umumnya di darat dan diaplikasikan moda transportasi roda dua yang namanya sepeda. Rasanya sulit jika pedal yang biasa dipakai untuk sepeda tiba-tiba berubah fungsinya.

Menyelam Bisa Sambil Ngayuh Pedal Pakai Seabike, Bro!

Tapi nyatanya nih bro, pedal bisa difungsikan sebagai penggerak untuk bisa menyelam di air. Keren! Inovasi memang selalu begitu. Ide-ide di luar nalar kadang bisa menghasilkan wujud yang bikin kagum. Dan benda itu dinamakan Seabike.

Apa itu Seabike?

Menyelam Bisa Sambil Ngayuh Pedal Pakai Seabike, Bro!

Image source: simplesail.com

Seabike merupakan sepeda bawah air yang bisa digunakan baik di permukaan maupun di bawah air. Jadi alat ini mirip dengan skuter bawah air. Bedanya, si pengendara harus mengoperasikan pedal dengan baling-baling yang terletak di belakang untuk bisa bergerak maju di dalam air.

Seabike ini bisa dirakit dalam waktu 30 detik saja tanpa harus pakai alat. Alat ini memiliki tiang yang bisa disesuaikan sama penggunanya. Jadi ketika menyelam, posisi kaki mengayuh ke pedal, sementara kedua tangan memegang tiang yang mirip seperti stang skuter.

Fungsi dari tiang yang dipegang itu untuk menjaga keseimbangan badan di dalam air sekaligus penggerak arah tujuan. Untuk setiap kayuhan pedal, baling-baling akan berputar 3,7 kali lebih cepat.

Bilah baling-baling bisa disesuaikan sehingga memungkinkan untuk memilih mode daya dorong sesuai dengan kondisi iklim gelombang, arus.

Berapa Kecepatan Tertingginya?

Menyelam Bisa Sambil Ngayuh Pedal Pakai Seabike, Bro!

Image source: simplesail.com

Kecepatan tertinggi hingga 8 km per jam. Seabike didesain dapat dirakit dengan sangat cepat. Seabike muat di dalam tas dengan panjang 45 cm dan lebar 17 cm. Jadi buat liburan cocok banget, karena nggak rumit untuk dibawa-bawa. 

Dengan papan ini, lo bisa melakukan snorkeling dengan mudah. Lo bisa bergerak bebas di dalam air untuk melihat kehidupan laut yang indah banget. 

Alat ini juga nggak mematok usia si pemakai. Pokoknya Seabike ini cocok untuk petualangan segala usia dan bisa menyesuaikan tinggi badan mulai dari 155 cm sampai 195 cm.

Alat ini juga cocok untuk air tawar dan air laut, jadi menarik banget buat jadi tempat petualangan air apa pun. Untuk mode nominal memungkinkan gerakan Seabike di dalam air memiliki kecepatan 3,6 km per jam. Kecepatan maksimumnya 7,9 km per jam. Jauh lebih cepat dari kecepatan renang normal atau bahkan renang dengan bantuan sepatu katak.

Perbedaan dengan Sepatu Katak

Menyelam Bisa Sambil Ngayuh Pedal Pakai Seabike, Bro!

Image source: simplesail.com

Perbedaan besar antara Seabike dengan sepatu katak yakni tekanan otot selama berupaya untuk bergerak di dalam air. Kalau sepatu katak itu utamanya merangsang otot punggung dan perut, sedangkan Seabike terutama menggunakan kaki dan bokong. 

Stres pada ligamen pergelangan kaki dan kram kaki nggak mungkin terjadi. Menurut perancangnya, untuk mencapai kecepatan yang sama saat berenang menggunakan kaki katak, 30 persen lebih sedikit energi otot yang akan digunakan.

 

source: https://www.spotmydive.com/en/gear/seabike-the-new-underwater-vehicle-with-a-propeller
Gear Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Nice banget
dephy
Seabike merupakan sepeda bawah air yang bisa digunakan baik di permukaan maupun di bawah air.
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Buat krang yang sudah terlatih berenang
Bahar
Nice info
Muhammad arifudin
Seru kayaknya
Cecep Jajang
Alat yang sangat membantu