Gunung Thor Punya Tebing Vertikal Paling Terjal di Dunia, Bro!

Pernah dengar Gunung Thor yang terletak di Kanada, bro? Jika dilihat dari namanya, mungkin akan mengingatkan dengan nama karakter superhero di salah satu film Marvel. Nggak main-main, gunung ini juga memiliki tebing vertikal paling terjal di dunia. Simak ulasan selengkapnya!

Gunung Thor Punya Tebing Vertikal Paling Terjal di Dunia, Bro!

Buat para pendaki, sudah pernah dengar Mount Thor atau Gunung Thor? Nama dari Gunung Thor sendiri pasti akan mengingatkan adegan dalam sebuah film besutan Marvel berjudul ‘Thor: The Dark World’ di mana karakter Thor, Jane Foster, dan Loki terombang-ambing di dalam pesawat dan terlempar ke dalam gunung batu tinggi yang mencekam.

Ternyata gunung yang menjadi setting film Thor: The Dark World tersebut bukan sekadar kisah fiksi sebagai pemanis film aja, nyatanya Gunung Thor memang ada di dunia, bro.

Lantas bagaimana sebenarnya fakta Mount Thor atau Gunung Thor yang konon memiliki tebing vertikal dengan kemiringan yang cukup terjal tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Gunung dengan Tebing Terjal

Gunung Thor Punya Tebing Vertikal Paling Terjal di Dunia, Bro!

Image source: whenonearth.net

Mount Thor atau Gunung Thor sendiri terletak di Kanada, tepatnya di Taman Nasional Auyuittuq, Pulau Baffin, Nunavut, Kanada. Gunung granit yang memiliki tebing kokoh ini menjadi salah satu gunung paling berbahaya di dunia.

Setiap pendaki yang ingin menaklukkan Gunung Thor harus menanjaki jalanan berbatu dan tebing yang terjal. Bahkan, di kalangan pendaki, gunung ini disebut sebagai gunung dengan tebing paling vertikal. Ketinggian tebingnya sendiri mencapai 1.250 meter, lebih tinggi dari Burj Khalifa yang memiliki ketinggian 828 meter.

Dengan kemiringan tebing yang mencapai 105 derajat, gunung ini nampak seperti gunung yang dipotong lurus dari atas ke bawah. Berada di puncaknya pun akan menimbulkan perasaan mencekam pastinya, bro. Apalagi, permukaan batu Gunung Thor adalah granit, membuat permukaan yang keras dan agak halus, jadi sangat licin dan berbahaya. Lo berani mencoba?

Berlomba Meraih Puncak Thor

Gunung Thor Punya Tebing Vertikal Paling Terjal di Dunia, Bro!

Image source: whenonearth.net

Dikenal sangat ekstrem dan juga mematikan, banyak pendaki yang justru malah berlomba untuk meraih puncak Gunung Thor ini. Club Alpine Kanada adalah tim yang pertama kali mendaki Gunung Thor ini. Pendakiannya dilakukan pada tahun 1965, kemudian pada Juli 2006 baru kembali ditaklukkan oleh pendaki asal Amerika Serikat.

Bagi pendaki yang belum terlatih melakukan pendakian vertikal, memang sangat nggak disarankan untuk mendaki Gunung Thor ini.

Sementara bagi pendaki yang sudah sangat terlatih, mereka bisa berkemah hingga mengunjungi Nunavut, untuk melakukan berbagai kegiatan outdoor termasuk paralayang, serta hiking, karena daerah sekitarnya sangat menakjubkan jika dilihat dari udara.

Memang mengerikan dan mematikan, meski demikian, nggak hanya pendaki yang mengunjungi destinasi Gunung Thor di Kanada ini. Penggila olahraga paragliding pun bisa datang ke tempat ini untuk menjajal titik awalan penerbangan mereka.

Jika tertarik untuk melakukan perjalanan menantang dan nggak biasa ini, sebaiknya siapkan fisik dan mental yang matang untuk melakukan pendakian di Gunung Thor yang ada di Taman Nasional Auyuittuq, Pulau Baffin, Nunavut, Kanada. Jangan lupa untuk selalu membawa peralatan yang lengkap sesuai dengan medan yang dilalui, bro.

 

Source: https://phinemo.com/gunung-thor-kanada-gunung-paling-vertikal-dan-mengancam-nyawa/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

31 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Harus Menyiapkan fisik dan mental yang matang untuk mendaki di Gunung Thor
Yuniarto ( Tato )
Wow cukup bikin degdeg serrr
Hengky  kik
baca artikel artikel disini jadi nambah wawasan
Bahar
Nice info
dephy
menjadi tantangan tersendiri bagi pendaki
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Ada gunung Thor ya
Heni Oen
bagusnya
Dicky Dianto
Menambah wawasan dan informasi yang bagus.
Yuniarto ( Tato )
Luar biasa