5 Destinasi Wisata Buat Para Pencinta Astronomi

Menikmati pemandangan langit malam menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Di beberapa tempat di dunia sendiri terdapat destinasi yang menyajikan fasilitas untuk mengamati bintang-bintang. Mau tahu di mana aja? Simak ulasan selengkapnya!

5 Destinasi Wisata Buat Para Pencinta Astronomi

Beberapa orang mungkin cenderung memilih pergi ke pantai untuk menikmati deburan ombak, pergi naik gunung untuk camping, atau menikmati kota di malam hari. Namun ternyata ada juga yang bepergian untuk berburu bintang, menjelajahi tempat baru dan menarik untuk mengamati langit di malam hari.

Destinasi-destinasi ini menunjukkan sisi lain keindahan di mana bisa berkontemplasi mengamati bintang saat malam. Bagi para pencinta astronomi, destinasi-destinasi ini akan sangat cocok dikunjungi untuk melakukan observasi tentang peta perbintangan. Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Mauna Kea, Hawaii

5 Destinasi Wisata Buat Para Pencinta Astronomi

Image source: theworldonmynecklace.com

Mauna Kea berjarak sekitar 14.000 kaki di atas permukaan laut, terletak di salah satu pulau terindah di dunia yaitu Hawaii. The Mauna Kea Observatories memiliki kondisi ideal untuk melihat bintang bagi wisatawan.

Fasilitas penelitian independen ini menawarkan kesempatan melihat bintang bersama dengan tur, dan beberapa bahkan menyediakan teleskop untuk pengunjung. Pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca sebelum berencana mengunjungi salah satu observatorium.

2. Royal Observatory, London

5 Destinasi Wisata Buat Para Pencinta Astronomi

Image source: gostargazing.co.uk

Jika tertarik dengan astronomi dan sejarah. Royal Observatory, Greenwich di London adalah tempat yang wajib dikunjungi. Gedung yang dibangun di tanah yang sama di mana bangunan kerajaan kuno berada di era Raja William I ini adalah rumah dari Greenwich Mean Time (GMT) dan Meridian Utama dunia.

Observatorium dibagi menjadi museum dan planetarium. Apa yang membuatnya bahkan lebih istimewa adalah bahwa Royal Observatory adalah satu-satunya planetarium di kota London. Jadi, jika pergi ke London, destinasi ini wajib ditambahkan ke daftar perjalanan, bro.

3. Gurun Atacama, Chili

5 Destinasi Wisata Buat Para Pencinta Astronomi

Image source: myguidechile.com

Gurun Atacama Chili menawarkan kondisi yang hampir sempurna untuk melihat bintang, termasuk udara kering, langit cerah, sedikit polusi, dan ketinggian.

Jika ingin merasakan pengalaman melihat bintang, bisa pergi ke pegunungan Cerro Paranal ke Observatorium Paranal. Observatorium ini menawarkan teleskop besar dan tur gratis setiap Sabtu.

4. Taman Nasional Teide, Spanyol

5 Destinasi Wisata Buat Para Pencinta Astronomi

Image source: peakvisor.com

Dengan pemandangan indah dan langit malam yang sejernih kristal, Teide National Park di Pulau Tenerife adalah lokasi impian untuk berkemah dan mengamati bintang.

Taman Nasional ini menyelenggarakan festival setiap September yang disebut Starmus, yang menarik para pencinta astronomi dan pencinta seni dari seluruh dunia berkumpul di sini. Taman Nasional Teide juga memiliki observatorium yang patut dikunjungi.

5. Bosscha Observatory, Bandung

5 Destinasi Wisata Buat Para Pencinta Astronomi

Image source: instagram.com/bandunginframe

Observatorium Bosscha adalah observatorium modern tertua di Indonesia, dan salah satu yang tertua di Asia. Observatorium ini terletak di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 kilometer utara Bandung.

Kota ini terletak di atas enam hektar tanah berbukit dan 1.310 meter di atas permukaan laut rata-rata. Untuk mengunjungi destinasi ini, dibagi menjadi 2 shift siang dan malam, untuk jadwal, harga tiket dan maksimum kuota per kunjungan bisa langsung cek di website resmi Bosscha Observatory.

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi para pencinta astronomi. Sebelum mengunjungi destinasi yang ada di luar negeri, bisa mengunjungi yang dekat terlebih dulu, bro.

 

Source: https://phinemo.com/destinasi-khusus-buat-kamu-pencinta-astronomi/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
dephy
dari dulu pengen ke Bosscha Observatory, Bandung
SRI YAYA ASTUTI
Bosscha Observatory, Bandung yang paling dekat dan bisa dijangkau saat ini
Agung Sutrisno
Observatorium Bosscha adalah observatorium modern tertua di Indonesia
Bahar
Nice info
Sumardiyono
nice infoya
Agus Sungkawa
Yang dekat ajah kebandung
Ilham akbar
Nice info
Wafiroel N
kapan bisa kesana
Yuniarto ( Tato )
Saya Sukaaaa
Bahar
Mantapppp