Jenis Makanan Sehat untuk Pemulihan Cedera Sehabis Aktivitas Outdoor

Aktivitas di alam bebas dan kegiatan olahraga ekstrem memang memiliki sejumlah risiko yang harus siap dihadapi, termasuk cedera pada bagian tubuh tertentu. Jika cedera sudah terlanjur terjadi, maka lo bisa mengonsumsi makanan sehat buat membantu pemulihan cedera yang lo alami, bro. Mau tahu apa saja jenis makanan sehat yang bisa membantu pemulihan cedera? Berikut ulasan selengkapnya!

Jenis Makanan Sehat untuk Pemulihan Cedera Sehabis Aktivitas Outdoor

Ternyata, asupan makanan sehat juga bisa membantu mempercepat pemulihan cedera, lho. Yup, selain melakukan perawatan atau penanganan yang tepat, makanan yang sehat ini membantu proses pemulihan cedera dari dalam tubuh lo, bro.

Risiko cedera bisa dibilang memang menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari aktivitas luar ruangan dan olahraga ekstrem. Proses penyembuhannya pun turut dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah konsumsi makanan sehat yang membantu proses pemulihan cedera dari dalam.

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu pemulihan cedera. Simak baik-baik ya, bro!

Makanan dengan Kandungan Tinggi Protein

Jenis Makanan Sehat untuk Pemulihan Cedera Sehabis Aktivitas Outdoor

Image source: pexels.com/@vanmalidate

Jenis makanan sehat yang bisa membantu pemulihan cedera yang pertama yaitu makanan dengan kandungan tinggi protein, bro. Menurut sejumlah penelitian, protein memang telah terbukti mampu membantu meningkatkan kekuatan dan massa otot tubuh.

Nggak hanya itu, asupan protein yang cukup ternyata juga bisa membantu memulihkan bagian tubuh yang terluka dan membangun kembali jaringan otot yang rusak lho, bro. Lo bisa mendapatkan asupan makanan sehat tinggi protein dengan mengonsumsi daging, ikan, unggas, tahu, kacang-kacangan atau biji-bijian.

Makanan Sehat Tinggi Vitamin C

Jenis Makanan Sehat untuk Pemulihan Cedera Sehabis Aktivitas Outdoor

Image source: unsplash.com/@annapelzer

Berdasarkan penelitian, vitamin C juga terbukti mampu membantu tubuh memproduksi kolagen untuk membantu menjaga integritas tulang, otot, kulit dan bagian tendon tubuh, lho. Kandungan vitamin C ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang mampu membantu mempercepat waktu pemulihan tubuh dengan cara mencegah tingkat peradangan yang lebih parah, bro.

Lo bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah jeruk, paprika merah dan kuning, sayuran berdaun gelap, kiwi, brokoli, beri, tomat, mangga dan pepaya.

Asam Lemak Omega-3

Jenis Makanan Sehat untuk Pemulihan Cedera Sehabis Aktivitas Outdoor

Image source: jovee.id

Jenis makanan sehat yang bisa membantu pemulihan cedera yang pertama yaitu makanan dengan kandungan asam lemak Omega-3, bro. Peradangan yang terjadi akibat pemulihan cedera pasti bakal berakibat pada lamanya waktu pemulihan.

Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mencegah peradangan berlebih adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung lemak omega-3, bro. Lo bisa mendapatkan asupan makanan sehat ini dengan mengonsumsi ikan, ganggan, kenari, biji rami dan biji chia yang disebut-sebut memiliki sifat anti-inflamasi.

Makanan Sehat Tinggi Serat

Jenis Makanan Sehat untuk Pemulihan Cedera Sehabis Aktivitas Outdoor

Image source: unsplash.com/@nobiteuntilphoto

Makan sehat dengan tinggi serat cenderung memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang sangat penting bagi pemulihan tubuh. Makanan sehat kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat lo konsumsi untuk mempercepat pemulihan cedera, bro.

Makanan Sehat Kaya Vitamin D Dan Kalsium

Selain bagus untuk gigi dan tulang, ternyata kalsium juga bagus untuk kontraksi otot dan sinyal saraf lho, bro. Beberapa sumber makananan sehat yang kaya akan kandungan kalsium meliputi produk olahan susu, sayuran berdaun hijau, sarden, brokoli, okra, almond, rumput laut dan tahu.

Sedangkan vitamin D memiliki manfaat dalam membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang datang dari makanan yang dikonsumsi. Kalsium dan vitamin D ini punya peranan yang sangat penting dalam masa pemulihan, terutama pemulihan cedera tulang, bro.

Makanan dengan Kandungan Creatine

Creatine merupakan zat alami yang bisa ditemukan dengan mudah pada sumber makanan sehat seperti daging sapi, daging unggas, dan juga ikan. Creatine ini terbukti lebih mampu meningkatkan perkembangan massa otot dan kekuatan yang hilang selama periode pemulihan tubuh yang berlangsung selama dua minggu daripada plasebo, bro.

Nah, itulah beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu pemulihan cedera. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat bertualang ya, bro!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/sports/jenis-makanan-sehat-untuk-memulihkan-cedera-olahraga-110124
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
tanks infonya
Yuniarto ( Tato )
Nice banget
Hengky  kik
Info yang sangat menarik dan membanti
Heni Oen
infonya bagus nih
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
Bahar
Mantapppp
Agung Sutrisno
Wajib di coba
HendraNusu
Perlu di coba
AZZAM Alfarisqi Hendra
Sangat luar biasa