Melihat Pemandangan Bukit Siadtaratas Pesona Danau Toba dari Ketinggian

Kalau kalian punya rencana liburan ke Sumatera Utara (Sumut), destinasi ini wajib banget lo sambangi. Tiga hari satu malam rasanya masih cukup, untuk melihat indahnya bentang alam dari ketinggian.

Melihat Pemandangan Bukit Siadtaratas Pesona Danau Toba dari Ketinggian

Bukan naik gunung bro. Tenang aja, ini cuma bukit yang sedikit menanjak, tapi bikin puas mata dan bikin hati meleleh sesampainya di atas bukit. Pandangan mata rasanya dimanjakan dengan segala lukisan alam. 

Bukit di Sumatera Utara yang wajib lo kunjungi yakni Bukit Siadtaratas. Dari titik tertinggi bukit ini, lo bisa menikmati suasana Danau Toba dari sudut yang berbeda.

Pemandangan Bukit Siadtaratas

Pemandangan Bukit Siadtaratas

Image source: instagram.com/sibangzul_

Bukit Siadtaratas ini berlokasi di Kabupaten Dairi. Bukit ini dipenuhi dengan padang rumput yang luas dan rute yang nggak sulit buat dijangkau. 

Dari ketinggian ini lo bisa menikmati lanskap Danau Toba sembari menunggu matahari terbenam sore hari. Lo yang mau datang ke Bukit Siadtaratas harus menyiapkan perbekalan sebelum hiking ke atas bukit. Siapkan perbekalan yang cukup mulai dari minuman, juga makanan.

Meski treknya gampang, jalan menanjak lumayan menguras energi juga. Apalagi kalau lo mau bermalam di atas bukit. Karena lokasi itu juga bisa dipakai buat camping. Keren kan?

Estimasi 4 Jam dari Kota Medan

Estimasi 4 Jam dari Kota Medan

Image source: instagram.com/danielmraja

Menuju Bukit Siadtaratas nggak sulit bro. Kurang lebih bisa memakan waktu sampai 4 jam perjalanan dari Kota Medan. Rutenya Medan–Merek–Tongging–Wisata Paropo. So, kalau lo berencana ke Danau Toba, Bukit Siadtaratas bisa jadi pilihan lain untuk menikmati alam sekitar. Biasanya rute menuju bukit sudah diberi petunjuk jalan dan ramai juga wisatawan yang ke sana. 

Ada harga tiket masuk yang harus dibayar untuk sampai ke atas bukit. Saat hari biasa (weekday) pengunjung dikenakan biaya Rp 10 ribu per orang. Sementara hari libur (weekend) setiap pengunjung  dikenakan tarif Rp 15 ribu per orang. Bentangan bukit yang instagenic cocok banget dijadikan lokasi foto-foto hingga prewedding.

Bisa Camping di Bukit Siadtaratas

Camping di atas bukit Bukit Siadtaratas jadi alternatif liburan lain selain mampir ke Danau Toba. Saat pagi hari lo bisa melihat indahnya saat sunrise atau matahari terbit, sekaligus sunset atau matahari terbenam.

Lewat bukit ini  wisatawan bisa merasakan asyiknya melihat panorama danau dari ketinggian alih-alih berlayar dengan perahu. Meski demikian, pengunjung harus berhati-hati ketika menjelajahi bukit karena kemiringan lerengnya yang curam.

Dan, satu lagi nih bro, kalau sudah gelar tenda di atas bukit, sebisa mungkin nggak membuang sampah sembarangan atau bahkan meninggalkannya di atas bukit ya. Liburan boleh, tapi lingkungan kudu tetap dijaga.

 

source: https://www.pariwisatasumut.net/2019/04/bukit-siadtaratas.html
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

19 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
kita dapat melihat indahnya saat sunrise atau matahari terbit, sekaligus sunset atau matahari terbenam.
Ldr_Lstyd
Keren banget
Sumardiyono
wow keren guys
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Sungguh pesona yang mengagumkan
Agung Sutrisno
Destinasi ini wajib banget disambangi
Yuniarto ( Tato )
Keren broooo
Bahar
Mantapppp
Muhammad Romli
pesonan danau toba yang ngk ada duanya