Fakta Unik dan Menarik tentang Gunung Everest!

Gunung Everest memang terkenal dengan jalur pendakiannya yang sangat ekstrem dan menantang. Selain itu, ternyata gunung tertinggi di dunia ini memiliki sejumlah fakta unik dan menarik lho, bro. Mau tahu apa saja fakta unik dan menarik Gunung Everest yang wajib buat diketahui sebelum ke sini? Berikut ulasan selengkapnya!

Fakta Unik dan Menarik tentang Gunung Everest!

Memiliki predikat sebagai gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest pasti menjadi salah satu gunung impian bagi banyak pendaki. Edmund Hillary dan Tenzing Norgay disebut-sebut menjadi manusia tangguh pertama yang berhasil mendaki sampai ke puncak gunung tertinggi yang satu ini pada 29 Mei 1953, bro.

Kini, berkat kemajuan infrastruktur dan teknologi, sudah semakin banyak pendaki yang berhasil mencapai puncaknya. Tertarik mendaki gunung yang terletak di antara Nepal dan Tibet ini? Simak dulu beberapa fakta unik dan menarik Gunung Everest berikut ini, bro!

Memiliki Kadar Oksigen yang Relatif Tipis

Fakta Unik dan Menarik tentang Gunung Everest!

Image source: Shaunna Burke

Pada ketinggiannya, Gunung Everest juga memiliki kadar oksigen yang relatif tipis lho, bro. Para ilmuwan memperkirakan bahwa tubuh manusia nggak mampu bertahan melewati batas saat sudah mencapai ketinggian di atas 19.000 kaki.

Saat pendaki bergerak lebih tinggi, asupan oksigen pun mulai berkurang. Kemungkinan terkena radang dingin atau frostbite juga meningkat. Buat memperkecil kemungkinan tersebut, sebagian besar pendaki memakai tabung oksigen meski terasa sangat berat. Tapi, jangan buang sampah tabung oksigen sembarangan ya, bro.

Masih Terus Bertambah Tinggi

Fakta Unik dan Menarik tentang Gunung Everest!

Image source: Agence France-Presse ó Getty Images

Memiliki ketinggian puncak sekitar 8.850 meter di atas permukaan laut (mdpl), atau 29.035 kaki membuat Gunung Everest dinobatkan sebagai gunung tertinggi di dunia. Para ilmuwan juga memperkirakan bahwa ini sudah ada sejak 50–60 juta tahun lalu, bro.

Usia tersebut sama seperti usia seorang anak muda dalam standar geologi. Gunung Everest terbentuk oleh kekuatan yang dihasilkan saat lempeng tektonik India dan Eurasia bertabrakan. Sampai saat ini, kekuatan tersebut masih bekerja mendorong puncak Everest sekitar seperempat inci lebih tinggi setiap tahunnya, bro.

Nama Gunung Diambil dari Peneliti Asal Inggris

Fakta Unik dan Menarik tentang Gunung Everest!

Image source: Everest

Gunung Everest dulunya diberi nama “chomolungma” oleh masyarakat Tibet. Artinya adalah ibu dewi alam semesta, ibu dewi bumi, atau dewi lembah. Sementara dalam bahasa Sanskrit, gunung tersebut memiliki nama “sagarmatha” yang artinya adalah puncak dari surga, bro.

Nama tersebut diberikan oleh Pemerintah Nepal. Pada tahun 1865, seorang pemimpin penelitian asal Inggris bernama George Everest bekerja di India pada 1823–1830 sebagai seorang surveyor.

Selama bertugas di sana, ia dan para pendahulu lainnya sempat melakukan pengukuran terhadap puncak Himalaya dengan busur meridional dari Himalaya ke Cape Comorin. Gunung tersebut akhirnya diberi nama demikian guna menghargai jasa George Everest.

Ritual Sebelum Mendaki

Puncak Gunung Everest dianggap sebagai tempat yang suci bagi penduduk setempat. Sebelum melakukan pendakian, lo diharuskan untuk meminta izin sebelum benar-benar menginjakkan kaki di gunung tersebut, bro.

Hal tersebut dilakukan selama upacara Puja. Secara tradisional, upacara dilakukan di Base Camp sebelum pendakian dimulai. Upacara Puja dilakukan oleh Lama (gelar bagi guru Dharma dari Tibet), serta dua atau lebih biksu.

Selama upacara berlangsung, mereka juga bakal meminta keberuntungan dan perlindungan buat para pendaki yang tengah bersiap-siap. Mereka juga akan memberkati seluruh peralatan mendaki agar bisa berfungsi optimal selama pendakian, bro.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik Gunung Everest. Sudah siap mendaki gunung tertinggi di dunia ini, bro?

 

Referensi: https://travel.kompas.com/read/2020/08/03/161000027/7-fakta-menarik-gunung-everest-ada-ritual-pendakian?page=all
In Depth Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Ricko Pratama Putra
Mksh infonya
Sumardiyono
nice infonya
Agung Sutrisno
Diberkati seluruh peralatan mendaki agar bisa berfungsi optimal selama pendakian keep safe
Yeni Kurniasih
Nice informasi
agung
tq info ya
AZZAM Alfarisqi Hendra
Ini soal keajaiban
AZZAM Alfarisqi Hendra
Luar biasa sangat
AZZAM Alfarisqi Hendra
Sangat luar biasa
Yuniarto ( Tato )
Keren bro
Yeni Kurniasih
beberapa fakta menarik dari puncak tertinggi yang belum pernah didaki