Tips Hemat Traveling di Jogja Ala Backpacker

Daerah Istimewa Yogyakarta memang nggak pernah membosankan buat dijelajahi. Kearifan lokal dan potensi budayanya selalu membuat para traveler selalu pengin balik lagi ke kota istimewa ini. Selain itu, traveling di Jogja juga bisa hemat dan nggak bikin kantong jebol lho, bro. Mau tahu tips hemat traveling di Jogja ala backpacker? Berikut informasi selengkapnya!

Tips Hemat Traveling di Jogja Ala Backpacker

Traveling di Jogja memang terbukti ampuh buat menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran. Keseruan di perjalanan dan momen menyenangkan di setiap tempat wisatanya pasti bakal naikin mood lo yang sempat terpuruk akibat stres, bro.

Meski begitu, traveling di Jogja tetap saja membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Mulai dari biaya transportasi, penginapan, sampai makan pasti bakal menguras isi rekening tabungan kalau lo nggak pintar-pintar mengaturnya. Oleh karena itu, lo harus menerapkan beberapa tips hemat traveling di Jogja berikut ini, bro!

Tips Hemat Memilih Transportasi Traveling di Jogja

Tips Hemat Traveling di Jogja Ala Backpacker

Image source: liburmulu.com

Setibanya di Jogja, lo pasti membutuhkan transportasi menuju penginapan maupun lokasi wisata. Buat menghemat pengeluaran, Trans Jogja bisa menjadi pilihan alternatif lo, bro. Selain murah, Trans Jogja juga mudah buat diakses dari berbagai lokasi. Lo cuma diperlukan membayar ongkos sekitar Rp3.600 saat naik transportasi masal ini, bro.

Ada juga alternatif lain yang bisa lo lakukan demi menghemat biaya transportasi, yaitu berjalan kaki. Cara ini dianggap efektif, karena Jogja merupakan kota yang ramah turis. Berbagai trotoar serta penyeberangan bisa dengan aman lo lalui di Yogyakarta. Nggak hanya itu, dengan berjalan kaki lo juga bisa lebih mengenal penduduk serta budaya lokal setiap jengkalnya, bro.

Tapi, kalau lo mau menjelajahi Jogja dengan lebih leluasa, lo bisa menyewa sepeda motor selama beberapa hari. Selain lebih fleksibel, penggunaan sepeda motor juga bakal membantu lo menjangkau objek wisata yang nggak dilalui angkutan umum, bro.

Harga motor yang disewakan bervariatif, bergantung pada tipe motor dan lama waktu peminjaman. Biar traveling di Jogja aman dan lancar, sebaiknya pilih tipe motor yang sesuai dengan kondisi jalan wisata tujuan lo ya, bro!

Bermalam di Penginapan dengan Harga yang Terjangkau

Tips Hemat Traveling di Jogja Ala Backpacker

Image source: unsplash.com/@marcusloke

Di Jogja, lo juga bisa bermalam di penginapan dengan harga yang terjangkau lho, bro. Ada banyak pilihan penginapan murah yang bisa lo temui, salah satunya di Jalan Sosrowijayan, kawasan Malioboro. Mulai dari hotel guesthouse, homestay, sampai apartemen dengan harga yang terjangkau di jogja bisa lo temukan di sini, bro.

Harga masing-masing penginapan berbeda, tergantung pada fasilitas yang disediakan. Namun umumnya, harga yang ditawarkan berkisar pada Rp100.000–Rp200.000. Menariknya lagi, penginapan di sini juga bisa diisi oleh rombongan. Dengan begitu, harga sewa kamar pun bisa saja menjadi semakin murah, bro.

Tempat Wisata Murah

Tips Hemat Traveling di Jogja Ala Backpacker

Image source: dinpar.kulonprogokab.go.id

Sebagai salah satu destinasi wisata alam di Jogja, Wisata Kalibiru menawarkan pemandangan yang menakjubkan, bro. Lo bisa menaiki gardu pandang di atas pohon untuk melihat keindahan Waduk Sermo yang dikelilingi hamparan pepohonan hijau.

Nggak hanya itu, ada juga beberapa wahana outbond yang bisa lo rasakan buat menambah keseruan traveling di Jogja. Selain itu, sempatkanlah waktu buat berfoto di berbagai lokasi menarik yang ada. Untuk masuk ke Wisata Kalibiru, lo hanya perlu membayar tiket sekitar Rp10.000 per orang saja, bro.

Nah, kalau lo lebih menyukai wisata sejarah, lo bisa menyempatkan diri berkunjung ke Taman Sari. Di sini, lo bisa melihat keindahan arsitektur kuno yang berpadu indah dengan gemercik air mancur. Kalau tertarik mengunjunginya, lo hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5.000 saja, bro!

Nikmati Kuliner Murah Meriah

Tips Hemat Traveling di Jogja Ala Backpacker

Image source: instagram.com/onefoodjogja

Saat berwisata kuliner di Jogja, cobalah untuk mampir ke Mie Ayam Bu Tumini di Jalan Imogiri Timur No 187, Umbulharjo. Perpaduan mi kenyal, kuah kental berwarna cokelat, ayam suwir, serta ceker pasti bakal membuat lo ketagihan untuk datang lagi ke sini, bro. Untuk menikmati cita rasa Mie Ayam Bu Tumini, lo hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp10.000 saja. Cukup terjangkau kan?

Nah, kalau lo mau mencicipi kuliner unik, maka Soto Bathok Mbak Katro tentu bisa menjadi pilihan tepat. Di sini, lo akan menikmati soto daging yang disajikan dalam batok kelapa. Datanglah ke Jalan Candi Sambisari No 6, Purwomartani untuk menikmati seporsi soto seharga Rp5.000 ini, bro!

 

Referensi: https://www.traveloka.com/en-id/explore/tips/panduan-singkat-liburan-ala-backpacker-ke-jogja/18917
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Helmi salim wachdin
Super merakyat
Sumardiyono
tanks infonya
Yeni Kurniasih
Tips hemat ala backpacker
Bahar
Nice info
Ricko Pratama Putra
Nice Tips
Agung Sutrisno
Bila jeli memilih kuliner Jogja terkenal murah untuk kuliner nya...
Amirul Bahri
Mantaap infonya