5 Hal yang Harus Lo Hindari Setelah Scuba Diving, Bro!

Scuba diving merupakan salah satu aktivitas menyelam yang membutuhkan persiapan matang serta peralatan lengkap. Ternyata, setelah melakukan aktivitas scuba diving, ada beberapa hal yang nggak bisa langsung dilakukan, bro. Mau tahu apa aja? Simak ulasan selengkapnya!

5 Hal yang Harus Lo Hindari Setelah Scuba Diving, Bro!

Aktivitas menyelam scuba diving merupakan salah satu kegiatan yang cukup ekstrem yang membutuhkan persiapan dan perencanaan matang. Persiapan tersebut meliputi pengecekan peralatan dan safety check. Secara garis besar, persiapan sebelum menyelam penting dilakukan agar tahu apa yang harus diperhatikan di lokasi demi menjamin kesehatan dan keselamatan.

Namun, sebenarnya faktor keselamatan tersebut nggak berhenti setelah keluar dari air. Ada pula beberapa hal yang harus diperhatikan setelah selesai menyelam. Berikut ini beberapa aktivitas yang nggak boleh dilakukan setelah scuba diving.

1. Hindari Naik Pesawat setelah Menyelam

5 Hal yang Harus Lo Hindari Setelah Scuba Diving, Bro!

Image source: unsplash.com/@evadarron

Terbang atau naik pesawat setelah menyelam adalah salah satu hal yang berisiko bagi kesehatan. Sebenarnya yang bikin bahaya bukan terbangnya, melainkan tekanan di kabin pesawat.

Tekanan udara berkurang ketika terbang. Jika terbang setelah menyelam, peningkatan ketinggian tersebut akan menyebabkan penurunan tekanan yang tiba-tiba. Efeknya serupa dengan naik ke permukaan terlalu cepat ketika menyelam.

Ketika menyelam, udara yang dihirup melalui tangki terdiri dari 79% nitrogen dan 21% oksigen. Semakin lama dan semakin dalam menyelam, semakin banyak pula nitrogen yang terserap ke dalam darah. Oleh karena itu, ketika menyelam, harus melakukan safety stop di kedalaman tertentu agar nitrogen tersebut bisa keluar dari tubuh.

Setelah keluar dari air pun, masih ada nitrogen yang tertinggal di dalam tubuh. Oleh karena itu, harus memberi waktu agar nitrogen keluar dari tubuh sebelum naik pesawat.

Untuk menyelam tanpa dekompresi, harus menunggu 12 jam sebelum terbang; untuk beberapa kali selam, harus menunggu 18 jam; sementara untuk menyelam yang membutuhkan beberapa kali decompression stop, harus menunggu 24 jam sebelum terbang.

2. Hindari Zip-Lining

5 Hal yang Harus Lo Hindari Setelah Scuba Diving, Bro!

Image source: bus2alps.com

Lokasi zip-lining biasanya terletak di area pegunungan atau area yang tinggi. Alasannya sama dengan terbang, hindari aktivitas zip-lining selama 24 jam setelah scuba diving. Melakukan aktivitas ini setelah menyelam bisa menyebabkan decompression sickness.

3. Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol

5 Hal yang Harus Lo Hindari Setelah Scuba Diving, Bro!

Image source: unsplash.com/@lgnwvr

Mengonsumsi minuman beralkohol setelah menyelam bisa mengganggu proses tubuh membuang nitrogen dalam darah. Selain itu, dehidrasi adalah salah satu penyebab utama decompression sickness, dan alkohol adalah salah satu zat yang menyebabkan dehidrasi.

Jadi, sebaiknya banyak minum air putih sebelum dan sesudah scuba diving, dan mungkin, tunggu beberapa jam sebelum mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Hindari Mendaki Gunung

5 Hal yang Harus Lo Hindari Setelah Scuba Diving, Bro!

Image source: unsplash.com/@bayusyaits

Mendaki gunung ternyata juga harus dihindari 24 jam setelah menyelam, bro. Alasannya sama dengan beberapa penyebab yang telah dijelaskan mengenai area yang tinggi. Kalau memang mendaki gunung dan scuba diving sudah ada dalam rencana perjalanan, lakukanlah mendaki dulu, baru pergi menyelam. Urutan ini nggak berisiko menyebabkan decompression sickness.

5. Hindari Melakukan Pijat

5 Hal yang Harus Lo Hindari Setelah Scuba Diving, Bro!

Image source: unsplash.com/@anniespratt

Dipijat setelah seharian menyelam mungkin terdengar seperti ide yang bagus untuk melepas lelah dan menghilangkan pegal-pegal. Namun, mungkin sebaiknya hindari aktivitas pijat, karena dipijat setelah menyelam berisiko membuat gelembung-gelembung kecil nitrogen dalam tubuh menyatu menjadi gelembung besar.

Meski belum ada kasus decompression sickness yang terjadi karena pijat, ada baiknya untuk menghindari risiko tersebut, bro.

Itulah beberapa aktivitas yang sebaiknya nggak dilakukan setelah melakukan scuba diving, karena adanya risiko yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Tetap utamakan keselamatan serta persiapan yang matang, bro.

 

Source: https://review.bukalapak.com/sports/5-hal-yang-tidak-boleh-kamu-lakukan-setelah-scuba-diving-75109
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Helmi salim wachdin
Super seruu
Agus Sungkawa
Nice informasi
agung
tq info ya
Muhammad Romli
beristirahat terlebih dahulu
DEVI TRI HANDOKO
Mengonsumsi minuman beralkohol setelah menyelam bisa mengganggu proses tubuh membuang nitrogen dalam darah
Ricko Pratama Putra
Makasih sarannya
Ahmad Rizza
Manfaat sekali
Agung Sutrisno
Tetap utamakan keselamatan