Persiapan Sebelum Liburan di Tengah Pandemi, Simak Bro!

Meskipun masih memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, kini sektor pariwisata Indonesia pun mulai bangkit kembali dan sudah mulai menerima wisatawan. Kalau lo sudah berniat liburan, maka sebaiknya persiapkan beberapa hal penting biar liburan lo terasa nyaman dan aman, bro. Mau tahu hal penting apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat liburan di tengah pandemi? Berikut ulasan selengkapnya!

Persiapan Sebelum Liburan di Tengah Pandemi, Simak Bro!

Dibukanya sejumlah destinasi wisata tentu saja menjadi angin segar bagi para traveler yang sudah nggak sabar pengen merasakan rasanya berlibur lagi. Akan tetapi, berlibur di tengah situasi pandemi Covid-19 pasti nggak bakal sama seperti saat liburan sebelum pandemi, bro.

Sebab, lo harus menyesuaikan diri dengan adaptasi kebiasaan baru saat berlibur. Sebelum liburan pun ada beberapa persiapan yang harus lo lakukan biar liburan jadi nyaman dan aman meski di tengah pandemi. Oleh karena itu, sebaiknya simak informasi beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum berangkat liburan di tengah pandemi berikut ini, bro!

Tentukan Destinasi Wisata yang Aman

Persiapan Sebelum Liburan di Tengah Pandemi, Simak Bro!

Image source: unsplash.com/@jamie_fenn

Kalau belum memiliki rencana liburan spesifik, maka lo bisa memulainya dengan menentukan destinasi wisata yang mau lo kunjungi dengan mencari referensi di situs-situs perjalanan atau media sosial, bro.

Sebaiknya, untuk saat ini kunjungilah destinasi wisata di dalam negeri. Selain bisa menghemat biaya perjalanan, ini juga sangat membantu roda ekonomi di wilayah yang nantinya lo kunjungi, bro.

Namun, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, faktor kesehatan dan keamanan menjadi salah satu aspek yang patut dipertimbangkan ketika menentukan destinasi wisata. Lebih baik lagi, pilih destinasi yang berada di wilayah zona hijau untuk menurunkan risiko penularan Covid-19, bro.

Selain itu, pilih juga destinasi wisata yang sudah memiliki sertifikasi Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sertifikasi CHSE menandakan bahwa pelayanan dan produk yang ditawarkan destinasi wisata tersebut aman dan sudah memenuhi standar protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan, bro.

Pesan Tiket Wisata dan Akomodasi Secara Online

Persiapan Sebelum Liburan di Tengah Pandemi, Simak Bro!

Image source: shutterstock.com/Vadim Georgiev

Sebaiknya, belilah tiket wisata dan akomodasi secara online untuk mengurangi kontak secara langsung, bro. Saat inipun kebanyakan destinasi wisata menerapkan sistem pembelian tiket masuk secara online.

Begitu pula dengan tiket transportasi dan penginapan selama berlibur. Sebaiknya, lakukanlah pemesanan secara online jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Dengan begitu, lo memiliki lebih banyak waktu untuk memilih tiket dan hotel dengan harga serta fasilitas terbaik, bro.

Bawa Peralatan Kebersihan dan Kesehatan Pribadi

Persiapan Sebelum Liburan di Tengah Pandemi, Simak Bro!

Image source: shutterstock.com/Igisheva Maria

Dilansir laman Kompas, ada empat peralatan yang wajib dibawa saat berlibur di tengah pandemi. Pertama adalah masker beserta cadangannya. Meski sedang berlibur, lo harus tetap disiplin dalam memakai masker, bro.

Jangan lupa untuk selalu mengganti masker maksimal empat jam sekali. Oleh karena itu, bawalah masker cadangan dalam jumlah cukup banyak agar lo bisa dengan mudah menggantinya kapanpun, bro.

Kemudian, bawalah sabun cair dan hand sanitizer. Kedua benda ini dibutuhkan untuk menjaga tangan selalu bersih selama beraktivitas. Ketiga, semprotan disinfektan. Benda ini berfungsi untuk membunuh virus yang menempel pada benda-benda yang rawan disentuh banyak orang. Misalnya, gagang pintu, meja makan di restoran, keranjang belanja, sampai tombol mesin ATM, bro.

Keempat adalah peralatan makan, mandi, dan ibadah pribadi. Bawalah sendok, garpu, botol minum, sikat gigi, sabun, dan perlengkapan ibadah pribadi saat liburan untuk mencegah penularan virus. Sebaiknya, bawa juga obat-obatan dan vitamin selama liburan ya, bro.

Nah, itulah beberapa informasi beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum berangkat liburan di tengah pandemi. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat berlibur ya, bro. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://travel.kompas.com/read/2020/11/10/090300627/5-langkah-persiapan-yang-sebaiknya-dilakukan-sebelum-pergi-liburan?
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
agung
Tq info ya
AZZAM Alfarisqi Hendra
Mantap sekali
Yuniarto ( Tato )
Oke broo mntep nih
Muhammad Romli
Siapkan segala sesuatu nya
Agus Sungkawa
Selalu 3M dan pesan mamah
DEVI TRI HANDOKO
TENTUKAN TERLEBIH DAHULU KEMANA TUJUAN KITA NANTI DARI JAUH-JAUH HARI
Sumardiyono
haturnuwun txs
Yeni Kurniasih
Sya di rumah ajh.. Sambil nyimak
Ricko Pratama Putra
Tahan dlu.. Itung" nabung
Bahar
Nice info