Itinerary Traveling ke Jogja 3H2M, Siapkan Budget Bro!

Traveling ke Yogyakarta atau Jogja, pasti sangat disayangkan banget kalau belum menjajal destinasi wisata populer serta wisata kulinernya yang lezat. Biar nggak kelewatan mengunjungi destinasi yang menarik, buat itinerary Jogja sedemikian rupa serta siapkan budget, bro. Simak ulasan selengkapnya!

Itinerary Traveling ke Jogja 3H2M, Siapkan Budget Bro!

Sebelum melakukan traveling, biasanya traveler telah menyusun itinerary atau rencana perjalanan ke berbagai atraksi wisata di destinasi tujuan. Hal ini dilakukan supaya perjalanan lebih tersusun dan bisa disesuaikan dengan budget. Nah, kalau mau traveling yang nggak mengeluarkan banyak budget, lo bisa mencoba traveling ke Jogja, bro.

Budget traveling ke Jogja relatif murah, selama bisa menyiasati destinasi dan atraksi di sana. Jika lo punya waktu terbatas, persiapkan itinerary atau rencana perjalanan dan sesuaikan dengan budget. Berikut itinerary traveling ke Jogja  selama 3 hari 2 malam dengan budgetnya.

Langsung Menuju Candi Prambanan

Itinerary Traveling ke Jogja 3H2M, Siapkan Budget Bro!

Image source: unsplash.com/@eugeniaclara

Jika sampai di Yogyakarta pada pagi hari, lo bisa mampir mengisi perut di dekat area bandara atau stasiun kereta. Pilihan rekomendasinya yaitu makan gudeg, soto bening, ayam goreng kremes, sampai menu lotek yang khas. Manfaatkan waktu pagi hari sebelum check in hotel di siang hari.

Setelah check in di hotel, bisa langsung mengunjungi lokasi wisata Candi Prambanan. Untuk menuju ke lokasi Prambanan, bisa menaiki transportasi umum seperti Trans Jogja lewat halte yang tersedia. Tiketnya sekitar Rp 4 ribu per orang.

Setelah mengunjungi Prambanan, mampir untuk menghabiskan waktu menjelang sore di kawasan titik 0 km, yakni dekat Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949.

Pada sore hari, lo bisa kembali ke hotel untuk istirahat atau mengisi perut di tempat makan yang berjejer di sepanjang kawasan ring satu kota itu.

Malamnya, lo bisa ke Tugu Yogyakarta yang semakin indah dinikmati saat malam hari. Saat hari sudah larut, lo bisa ngopi di beberapa coffee shop atau kuliner khas lainnya. Jejeran kedai kopi itu berada di Jalan Palagan, kawasan Demangan, Babarsari, atau sekitar Plaza Ambarukmo.

Hutan Pinus Mangunan

Itinerary Traveling ke Jogja 3H2M, Siapkan Budget Bro!

Image source: anekaniaga.com

Kawasan hutan pinus ini menjadi salah satu destinasi favorit para anak muda. Tarif yang dikenakan untuk masuk ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini sekitar Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu per orang. Untuk biaya parkir sendiri juga terjangkau, hanya Rp 3 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Suasana di Hutan Pinus Mangunan sendiri sangat sejuk karena letaknya yang berada di ketinggian. Apalagi ditambah dengan dibangunnya panggung serba kayu yang bisa digunakan untuk ruang teater hingga ruang pertunjukan musik di area terbuka yang sejuk.

Pantai Gunungkidul

Itinerary Traveling ke Jogja 3H2M, Siapkan Budget Bro!

Image source: instagram.com/wely.fx

Karena transportasi umum ke Gunungkidul masih jarang, lebih direkomendasikan supaya menyewa motor aja. Yang paling murah tarifnya sekitar Rp 50 ribu per hari, biaya tersebut belum termasuk bensin tentunya.

Walau terhitung jauh, tapi pantai-pantai di Gunungkidul lebih sepi dan alami dibandingkan Parangtritis. Butuh waktu sekitar 2 jam dari kota Yogya untuk menuju pantai-pantai cantik itu. Lo hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 10 ribu untuk masuk ke tiap pantainya.

Keraton dan Taman Sari

Itinerary Traveling ke Jogja 3H2M, Siapkan Budget Bro!

Image source: anekatempatwisata.com

Setelah hari kedua menempuh jarak cukup jauh untuk jelajahi pantai di Yogya, hari ketiga lo bisa mengunjungi keraton. Buka pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, lo bisa menikmati wisata sejarah dan menyaksikan aneka pagelaran seni di dalamnya. Sepulang dari Keraton, lo bisa melanjutkan perjalanan menuju Taman Sari. Gemericik air, keindahan arsitektur yang kuno, dan pemandangan menakjubkan bisa didapati di sini.

Taman Sari Yogyakarta dibangun sejak zaman Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Buwono I pada 1758-1769. Spot-spot yang dapat dilihat adalah kolam pemandian, danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, taman, lorong bawah tanah, kanal air, masjid, dan beberapa bangunan lainnya yang gedungnya sengaja dirancang khusus dengan beberapa arsitektur dunia.

Candi Ratu Boko

Itinerary Traveling ke Jogja 3H2M, Siapkan Budget Bro!

Image source: dejogjaadventure.com

Terakhir, di sore hari sebelum ke bandara atau stasiun kereta api, lo bisa berburu senja di Candi Ratu Boko. Kompleks istana megah yang dibangun pada abad ke-8 ini akan memberikan suasana damai, bro.

Candi Ratu Boko merupakan sebuah situs purbakala yang terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Kawasan ini terletak sekitar 18 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Kawasan Candi Ratu Boko menempati area seluas 25 hektar dan berada pada ketinggian sekitar 196 mdpl.

Harga tiket masuknya sekitar Rp 25 ribu untuk pukul 06.00 sampai 15.00 WIB. Harga tiket masuk ini sudah termasuk dengan biaya yang dikeluarkan untuk parkir. Sedangkan untuk harga tiket masuk setelah jam 15.00 WIB sekitar Rp 100 ribu.

Candi Ratu Boko terkenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogya. Lokasi yang berada di Bukit Seribu ini memungkinkan lo untuk menikmati pemandangan sebagian kota Yogyakarta.

Itulah kira-kira itinerary traveling di Jogja yang bisa dicoba selama 3 hari 2 malam. Sudah siapkan budget lo, bro?

 

Source: https://review.bukalapak.com/travel/itinerary-traveling-ke-yogyakarta-3-hari-2-malam-berapa-bujetnya-79510
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
TRAVELING MURAH
agung
tq info ya
Sumardiyono
tanks infonya
Muhammad Romli
Jogjakarta istimewa.. Siapkan bro n bro budget nya
Bahar
Nice info
Wafiroel N
jogja ngangenin
Agung Sutrisno
Jogja memang Istimewa
Ricko Pratama Putra
Mantull traveling kesana
Cecep Jajang
Jogja selalu bikin kangan
Yuniarto ( Tato )
Jogja Favorite