Curug Cikaso, Air Terjun Memesona di Ujung Genteng Sukabumi

Kalau berbicara tentang air terjun, Indonesia memang banyak memiliki air terjun yang terkenal dengan keindahannya. Salah satu air terjun yang memesona adalah Curug Cikaso di kawasan Ujung Genteng, Sukabumi. Mau tahu bagaimana menakjubkannya air terjun ini? Simak ulasan selengkapnya.

Curug Cikaso, Air Terjun Memesona di Ujung Genteng Sukabumi

Curug Cikaso merupakan salah satu air terjun yang masih alami dan memiliki panorama alam yang begitu indah. Air terjun dengan keindahan yang memesona ini terletak di Kampung Ciniti, tepatnya di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata alam paling diminati di Ujung Genteng.

Curug Cikaso memiliki ketinggian 80 meter. Lebar dari curug ini adalah 100 meter, yang terbagi menjadi beberapa aliran air terjun. Curug Cikaso bermuara di Muara Tegal Buleud Kabupaten Sukabumi. Di sini wisatawan akan melihat pesona keindahan dari limpahan 3 air terjun yang indah dikelilingi pepohonan asri dan memukau.

Lantas apa aja yang membuat air terjun di kawasan Ujung Genteng ini begitu menarik perhatian para wisatawan? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Terdiri Dari 3 Air Terjun

Curug Cikaso, Air Terjun Memesona di Ujung Genteng Sukabumi

Image source: pariwisataindonesia.id

Berbeda dengan curug lain yang biasanya hanya memiliki 1 curahan air terjun, namun air terjun di Curug Cikaso sendiri memiliki 3 tumpahan air terjun yang sangat memesona. Dengan tumpahan dari ketiga air terjun tersebut membuat grojogan dari curug menjadi semakin keras dan menakjubkan.

Ketiga titik curahan air terjun tersebut juga memiliki nama masing-masing, yaitu Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Air dari Curug Cikaso ini melimpah ke dalam kolam yang berwarna biru kehijauan. Hasil dari limpahan ketiga curug yang menjadi curahan Curug Cikaso ini memang benar-benar membuat tampias warna yang indah dan memberikan suasana sejuk menyegarkan.

Jalan Menantang Menuju Curug Cikaso

Curug Cikaso, Air Terjun Memesona di Ujung Genteng Sukabumi

Image source: instagram.com/andi.cyy

Curug Cikaso cukup mudah ditemukan karena letaknya hanya sekitar 8 km dari Surade. Dari Jampang Kulon, curug ini akan bisa ditempuh dalam jarak 15 km. Jika dari Ujung Genteng, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 32 km.

Untuk menuju ke Curug Cikaso ini harus melakukan perjalanan menuju Pantai Ujung Genteng. Jalan menuju Curug Cikaso pun sangat menantang. Bagi yang belum terbiasa pergi ke tempat wisata alam, pasti akan merasa tertantang. Nggak hanya persiapan fisik dan mental aja, namun juga harus mempersiapkan kendaraan yang benar-benar layak jalan.

Nantinya, kendaraan diparkir di tempat parkir khusus wisatawan yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata alam Curug Cikaso. Untuk mencapai ke lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan dalam jarak 1 km. Menantang bukan?

Mitos Curug Cikaso

Curug Cikaso, Air Terjun Memesona di Ujung Genteng Sukabumi

Image source: instagram.com/jhe_ridzwan17

Dengan segala keindahan air terjunnya, Curug Cikaso nggak akan pernah terlepas dari mitos yang diyakini oleh masyarakat setempat. Ada sedikit mitos yang konon mengatakan bahwa air terjun yang indah ini ternyata memiliki ‘penunggu’. Mitos yang beredar di masyarakat setempat adalah bahwa ‘penunggu’ dari Curug Cikaso adalah Nyi Blorong.

Konon Nyi Blorong menunggu Curug Aseupan, Eyang Santang menunggu Curug Meong, dan Prabu Siliwangi merupakan penunggu dari Curug Aki.

Namun, hal tersebut kembali kepada kepercayaan masing-masing. Yang jelas, setiap himbauan dan peringatan yang disampaikan oleh pihak pengelola diharapkan untuk bisa dipatuhi dengan sebaik-baiknya, bro.

Itulah beberapa fakta menarik dari keindahan air terjun Curug Cikaso yang paling terkenal di kawasan Ujung Genteng, Sukabumi. Tertarik untuk menikmati keindahan air terjun yang memesona itu, bro?

 

Source: https://www.nativeindonesia.com/curug-cikaso/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

23 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
AIRNYA PSATI DINGIN DAN SEGER BANGET
Helmi salim wachdin
Super sejuk
Cecep Jajang
Indonesia memang luar biyasa.. indah banget
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Selain geopark ciletuh.. Ada juga curug cikaso nih.. Sukabumi amazing
agung
tq info ya
Muhammad Romli
waw..air terjunnya manatap
Sumardiyono
nice infonya
Yuniarto ( Tato )
Redemnya , min respon
Ricko Pratama Putra
Menarik juga curugnya