Tips Biar Aman Main Rollerblade di Jalanan Jakarta

Rollerblade atau lebih dikenal dengan Inline skate merupakan jenis sepatu roda yang kembali banyak digunakan masyarakat Indonesia. Banyak tempat yang bisa digunakan untuk bermain rollerblade, bahkan ada yang di jalanan sekalipun. Kalau mau main rollerblade di jalanan Jakarta, simak tips keselamatannya berikut ini!

Tips Biar Aman Main Rollerblade di Jalanan Jakarta

Inline skate atau sering disebut rollerblade adalah jenis sepatu roda yang digunakan untuk inline skating. Nggak seperti sepatu quad yang memiliki dua roda depan dan dua roda belakang, rollerblade memiliki dua, tiga, empat, atau lima roda yang diatur dalam satu baris. Meluncur dengan rollerblade juga perlu latihan rutin supaya bisa bermain dengan lancar.

Dalam bermain rollerblade, sebenarnya bisa di mana aja, namun lo harus memerhatikan keselamatan. Nggak hanya bermain di skatepark, bahkan ada juga yang bermain di pinggir jalan raya, termasuk jalanan Jakarta. Supaya bermain rollerblade di jalanan Jakarta tetap aman, berikut ini beberapa tips keselamatan yang harus dilakukan.

Gunakan Helmet

Tips Biar Aman Main Rollerblade di Jalanan Jakarta

Image source: xtremeinn.com

Helm adalah suatu keharusan setiap kali meluncur. Ini adalah bagian penting dari peralatan keselamatan, apalagi kalau akan meluncur di jalanan Jakarta. Helm sepeda juga bisa digunakan daripada nggak sama sekali, tapi juga bisa menggunakan helm yang dirancang khusus untuk inline skating atau skateboard.

Karena helm khusus dirancang lebih rendah di belakang yang akan melindungi tulang dasar tengkorak, hal ini untuk perlindungan maksimal kalau jatuh ke belakang. Itulah kenapa harus gunakan helm yang pas di kepala, jangan terlalu besar dan selalu kencangkan tali dagu pas di bawah dagu sehingga helm nggak bergerak.

Gunakan Sepatu yang Kokoh

Tips Biar Aman Main Rollerblade di Jalanan Jakarta

Image source: pexels.com/@thatguycraig000

Belilah sepasang sepatu rollerblade yang kuat dan kokoh, cirinya dengan banyak dukungan perlindungan untuk pergelangan kaki. Salah satu cara untuk memeriksa apakah sepatu menawarkan dukungan yang dibutuhkan adalah dengan merasakan plastik boot.

Lo dapat menekan apakah bahan tersebut cukup kuat atau nggak dan nyaman digunakan. Pastikan untuk mendapatkan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk kompetisi profesional atau hanya untuk bermain santai.

Periksa sepatu sebelum memakainya. Pastikan bahwa roda dan rem dalam kondisi yang baik. Jika roda atau rem ada yang using, gantilah segera. Periksa setiap gesper (ikatan sepatu) sudah bekerja dengan baik. Sehingga sepatu rollerblade selalu nyaman dan aman ketika meluncur di jalanan Jakarta.

Gunakan Knee dan Elbow Pads

Tips Biar Aman Main Rollerblade di Jalanan Jakarta

Image source: wsj.com

Terluka, pergelangan tangan terkilir atau patah adalah risiko yang dihadapi saat bermain rollerblade. Oleh karena itu, gunakan bantalan lutut (knee pads) dan bantalan siku (elbow pads) supaya tetap terjaga setiap kali meluncur. Bantalan lutut dan siku harus memiliki bahan dan interior yang empuk dengan shell plastik keras untuk melindungi terhadap goresan.

Pergelangan tangan harus dijaga dengan bahan yang terbuat dari plastik kaku sehingga tetap aman ketika terjatuh. Semua bantalan harus tepat dan harus terpasang erat setiap saat ketika meluncur.

Pilih Tempat Bermain yang Tepat

Untuk para pemula yang baru bermain rollerblade, sebaiknya pilih daerah yang bebas dari hambatan dan orang lain, seperti lapangan kosong atau hamparan aspal mulus. Setelah skill sudah semakin maju, lo mungkin ingin mempertimbangkan untuk bermain di skatepark atau bahkan di jalanan.

Jika harus menggunakan trotoar atau jalan untuk bermain rollerblade, jangan pernah meluncur di tengah lalu lintas, sopanlah kepada pejalan kaki, pengendara sepeda, dan orang lain yang mungkin ditemui dan selalu gunakan penyeberangan untuk menyeberang jalan.

Di manapun tempat meluncurnya, tetap perhatikan lubang, retak, atau hambatan lainnya yang bisa ditemui di jalan. Pastikan jalanan yang dilalui kering dan bebas dari daun basah. Hindari meluncur di malam hari, dan jangan pernah meluncur ketika hujan karena bisa memperbesar risiko terjatuh dan terluka.

Itulah beberapa tips keselamatan yang bisa dilakukan ketika ingin bermain rollerblade di jalanan Jakarta. Gunakan selalu perlengkapan yang dibutuhkan agar tetap terjaga keamanannya, bro.

 

Source: https://funskatejakarta.wordpress.com/2012/09/24/85/
Tips Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Muhammad Romli
tips yang bermanfaat
Sumardiyono
tanks infonya
Agung Sutrisno
Jaga keselamatan itu yg utama
Yeni Kurniasih
Nice info
Ricko Pratama Putra
Makasih Infonya