Mengenal Jenis-jenis Diving dan Perbedaannya, Wajib Tahu!

Buat sebagian orang, segala aktivitas diving yang dilakukan untuk melihat keindahan laut mungkin terasa sama aja. Namun ternyata, diving memiliki beberapa jenis kegiatan yang juga memiliki perbedaan masing-masing. Mau tahu apa aja jenis-jenis diving dan perbedaannya? Simak ulasan selengkapnya!

Mengenal Jenis-jenis Diving dan Perbedaannya, Wajib Tahu!

Istilah-istilah seperti scuba diving, freediving, atau snorkeling mungkin terdengar sama aja buat orang yang awam. Bahkan, buat yang baru belajar menyelam pun kemungkinan belum tahu perbedaan antara aktivitas tersebut. Padahal sebenarnya masing-masing memiliki perbedaan yang cukup jelas dan signifikan, bro.

Lantas, apa yang membedakan aktivitas menyelam ke dalam beberapa jenis? Daripada penasaran, berikut ini beberapa jenis diving dan perbedaannya yang wajib lo tahu sebelum mencobanya, bro.

Scuba Diving: Menggunakan Alat Bantu Pernapasan

Mengenal Jenis-jenis Diving dan Perbedaannya, Wajib Tahu!

Image source: unsplash.com/@mitchelwijt

Scuba diving merupakan jenis kegiatan menyelam yang paling mudah didefinisikan. Scuba sendiri merupakan singkatan dari Self Contained Underwater Breathing Apparatus, yang diterjemahkan secara langsung menjadi ‘Perangkat Bernapas Bawah Air yang Berdiri Sendiri’.

Itu adalah istilah lama yang berarti kombinasi antara tangki oksigen dan regulator. Jadi, kalau menyelam dengan bantuan tangki udara dan bernapas melalui mouthpiece yang terhubung dengan tangki tersebut, maka namanya sedang melakukan scuba diving.

Namun, perlengkapan scuba diving bukan hanya tangki udara dan regulator aja, bro. Tapi juga membutuhkan diving mask untuk melihat di dalam air, fin untuk membantu dorongan, dan Bouyancy Control Device untuk membantu daya apung.

Selain itu, juga akan membutuhkan pelindung dari exposure, seperti rash guard untuk menyelam di daerah tropis, wetsuit untuk di daerah beriklim sedang, dan dry suit untuk daerah dingin.

Snorkeling: Tanpa Peralatan Canggih

Mengenal Jenis-jenis Diving dan Perbedaannya, Wajib Tahu!

Image source: unsplash.com/@bweijie

Snorkeling merupakan aktivitas yang paling populer dalam kegiatan menyelam. Pasalnya, ini adalah aktivitas yang paling mudah dilakukan tanpa pengalaman yang tinggi atau peralatan canggih dan mahal. Nggak bisa berenang pun tetap bisa melakukan snorkeling, tapi harus menggunakan pelampung dan didampingi rekan setiap saat.

Dalam snorkeling, penyelam tetap berada di permukaan laut sementara terbenam di dalam air, menikmati pemandangan di dalam laut dan bernapas melalui snorkel. Kalau sesekali ingin menyelam dan berfoto di dalam air, boleh banget, bro. Namun, biasanya setelah itu harus mengeluarkan air laut yang masuk ke dalam mask. Fin untuk snorkeling juga lebih lentur dibandingkan untuk scuba.

Freediving: Berkompetisi dalam Air

Mengenal Jenis-jenis Diving dan Perbedaannya, Wajib Tahu!

Image source: pexels.com/@emmali

Freediving memang bukan lagi olahraga baru. Namun, berbeda dengan aktivitas menyelam lainnya, freediving memiliki sisi kompetitif. Ada banyak sekali cabang kompetitif dalam freediving.

Misalnya, berada dalam air selama mungkin dengan satu tarikan napas; No Limit Diving, menyelam sedalam mungkin; Constant Weight Without Fins, di mana freediver naik dan turun ke dalam air tanpa bantuan alat sama sekali, dan berbagai variasi lainnya.

Meski memiliki subkegiatan yang bersifat kompetitif, nggak berarti semua freediver melakukannya. Ada juga yang melakukan freediving untuk menikmati pemandangan bawah laut beserta segala keindahannya.

Freediver biasanya menggunakan mask menyelam, tetapi nggak menggunakan snorkel atau alat bantu pernapasan lain. Freediver kadang menggunakan kaki katak. Biasanya, fin yang digunakan sangat panjang, full foot fin, atau monofin.

Skin Diving: Menyelam Lebih Santai

Mengenal Jenis-jenis Diving dan Perbedaannya, Wajib Tahu!

Image source: pexels.com/@bagus-tri-kuncoro-j

Skin diving sendiri merupakan kombinasi dari freediving dan snorkeling. Skin diver biasanya berada di permukaan air, menikmati lanskap laut sembari bernapas melalui snorkel. Sesekali, skin diver akan menyelam ke bawah dan melihat ikan atau terumbu karang dari dekat.

Skin diving juga nggak membutuhkan sertifikat tertentu, tetapi siapapun yang ingin melakukannya harus menguasai teknik berenang dan menyelam yang memadai. Peralatan yang digunakan biasanya adalah mask, snorkel, dan wetsuit, tergantung dari suhu air yang diselami.

Nah, itulah beberapa jenis diving serta perbedaan dari masing-masing aktivitas selam tersebut. Aktivitas menyelam yang mana yang sudah lo coba, bro?

 

Source: https://review.bukalapak.com/sports/kenali-berbagai-jenis-diving-dan-perbedaannya-79387
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
nice infonya
Agus Sungkawa
Wajib tahu juga perbedaan nya
agung
tq info ya
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Jenis dan macam macam diving
Hari Tristiyanto
layak di coba
Wafiroel N
mantap infonya
Amirul Bahri
Tapi dasarnya harus pintar berenang dan menyelam dulu nih min?