Agung Soegiharto, Bikin Hobbystar RC Jadi Bisnis yang Menjanjikan

Selain bisa membeli langsung mobil remote control yang sudah jadi, ternyata mobil remote control juga bisa dirakit sendiri, bro. Agung Soegiharto sebagai pemilik Hobbystar RC memulai hobi merakit mobil remote control menjadi sebuah bisnis menjanjikan. Simak ulasan selengkapnya!

Agung Soegiharto, Bikin Hobbystar RC Jadi Bisnis yang Menjanjikan

Memainkan mobil remote control kerap dianggap sebagai permainan anak-anak, nyatanya mobil remote control bisa dirakit sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah mobil yang tangguh untuk dimainkan di medan yang cukup sulit, bro. Kegiatan merakit mobil remote control ini berawal dari sebuah hobi Agung Soegiharto yang dikembangkan menjadi bisnis yang menjanjikan.

Agung Soegiharto adalah pemilik bengkel mobil remote control Hobbystar RC, yang berlokasi di Kebun Seni (Bandung Zoological), Jalan Tamansari, Kota Bandung. Semula dirinya hanya mencoba mengutak-atik mobil mainan yang biasa dijual di toko mainan. Kemudian di tahun 2008, hobi tersebut akhirnya dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang menarik.

Konsep Bengkel

Agung Soegiharto, Bikin Hobbystar RC Jadi Bisnis yang Menjanjikan

Image source: instagram.com/agunghobbystar

Dengan mengambil konsep bengkel, Hobbystar RC memberikan kesempatan kepada konsumen untuk melihat secara langsung proses perakitan mobil remote control sembari bertukar wawasan. Hobbystar juga merangkul para komunitas RC, jadi konsep tempat ini pun nggak seperti toko tapi lebih ke bengkel, walaupun juga menjual beberapa brand mobil remote control.

Di bengkel sekaligus toko milik Agung ini, konsumen dapat memperbaiki sekaligus membeli dan memesan unit mobil remote control sesuai keinginan. Nggak hanya itu aja, Agung juga menjual berbagai sparepart mobil, merchandise, dan aksesoris untuk mobil remote control lainnya.

Merakit Banyak Jenis Mobil RC

Agung Soegiharto, Bikin Hobbystar RC Jadi Bisnis yang Menjanjikan

Image source: instagram.com/agunghobbystar

Saat ini, Agung mampu merakit banyak jenis mobil remote control, mulai dari mobil touring, drift, truck, hingga adventure. Harga yang ditawarkan juga beragam, dari yang paling murah untuk satu jenis mobil remote control rakitan dengan ukuran kecil dibanderol seharga Rp 700 ribu. Tetapi harga tersebut masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan beberapa bengkel rakitan lain seperti di Kota Jakarta.

Menariknya, Agung bisa membuat mobil jenis tertentu yang kemudian dibuatkan replikanya untuk mobil remote control. Kalau di Bandung sendiri biaya pembuatannya masih terbilang murah, namun di Jakarta bisa mencapai puluhan juta.

Untuk satu unit mobil rakitan, Agung dapat menyelesaikannya dalam waktu dua sampai tiga hari tergantung tingkat kesulitan dan skala pembuatan mobil. Agung menjelaskan hampir beberapa suspensi dari mobil remote control rakitannya dibuat secara handmade. Makanya kenapa penampakannya hampir seperti replika mobil jenis aslinya.

Penjualan Meningkat saat Pandemi

Agung Soegiharto, Bikin Hobbystar RC Jadi Bisnis yang Menjanjikan

Image source: instagram.com/agunghobbystar

Lebih lanjut, Agung mengaku saat pandemi seperti sekarang penjualan mobil remote control justru meningkat, banyak yang lebih memilih menjalankan hobinya termasuk merakit mobil remote control ini. Walaupun harus bersaing dengan beberapa penjual dari toko online, Hobbystar RC dapat dijadikan andalan dalam mencari jenis mobil remote control untuk pemula.

Agung memiliki strategi penjualan yaitu dengan cara berkonsultasi. Jadi sebelum membeli, konsumen dapat mengeluarkan keluh kesahnya terlebih dahulu sehingga ketika sudah tercipta komunikasi yang baik, maka tingkat kepercayaan konsumen akan terbangun. Dari situlah alasan kenapa bengkelnya dapat bertahan.

Itulah cerita mengenai Agung Soegiharto pemilik Hobbystar RC yang memulai hobi merakit mobil remote control menjadi bisnis yang menjanjikan. Bahkan dari sebuah hobi pun bisa menjadi sesuatu yang mendatangkan rezeki, bro.

 

Source: https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-35831826/berawal-dari-hobi-agung-suhartono-raup-rupiah-dari-merakit-mobil-remote-control-lewat-hobbystar-rc
Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Yeni Kurniasih
informasi yg bermanfaat buat pencinta RC
Muhammad Romli
Penjualan meningkat saat pandemi
Sumardiyono
wow amazing
Ricko Pratama Putra
Mantulll
dimas
mmmmmaaaaannnnnntttttaaaaaappppppp
samsul hadi
Info info dong, ,. ,di lumajang yang ada komunitas RC
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
samsul hadi
Hobby yang muahaaal... Xixixi
Agung Sutrisno
jadi ingat masa kecil
Cecep Jajang
Jadi pengen RC..hobi yang manttap