9 Tips Memilih Akomodasi yang Tepat untuk Solo Traveling

Solo Traveling menjadi salah satu kegiatan liburan yang bisa dibilang menantang dan mengesankan. Bepergian sendiri ke lokasi wisata yang baru membuat para solo traveler harus memikirkan secara matang akomodasi yang dipilih. Simak tips memilih akomodasi untuk solo traveling berikut ini!

9 Tips Memilih Akomodasi yang Tepat untuk Solo Traveling

Merencanakan solo traveling tentu membutuhkan persiapan yang matang. Selain itu, ada banyak pilihan dalam hal akomodasi yang kerap membuat para solo traveler bingung. Terkadang tempat paling sederhana lebih bisa menjanjikan pengalaman mengesankan daripada tempat-tempat yang terkesan mewah, tapi semua itu tergantung budget yang dimiliki.

Namun, sebelum memilih tempat untuk menginap dan sambil merencanakan perjalanan solo traveling, berikut beberapa tips yang dapat membantu lo memilih akomodasi yang tepat untuk solo traveling.

1. Cari Tahu Tempat yang Akan Dikunjungi

9 Tips Memilih Akomodasi yang Tepat untuk Solo Traveling

Image source: unsplash.com/@simonmigaj

Yang pertama adalah lo perlu mencari tahu mengenai tempat yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Buatlah daftar semua kegiatan yang ingin dicoba dan buat daftar tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi.

2. Menyendiri atau Berbaur?

9 Tips Memilih Akomodasi yang Tepat untuk Solo Traveling

Image source: pexels.com/@cottonbro

Jika ingin mendapatkan teman baru dan bersenang-senang di pesta saat solo traveling, hostel adalah pilihan terbaik. Jika ingin merasa seperti di rumah, memasak makanan sendiri, lo bisa memilih apartemen dan rumah sewa.

Dan tentu aja, jika ingin dimanjakan atau memanjakan diri dengan kemewahan dan layanan lengkap lainnya, hotel adalah pilihan terbaik.

3. Tentukan Budget

9 Tips Memilih Akomodasi yang Tepat untuk Solo Traveling

Image source: pexels.com/@karolina-grabowska

Wajar jika para solo traveler menginginkan yang terbaik saat melakukan solo traveling, tapi ada baiknya jika lo pergi atau tinggal di tempat yang sesuai dengan budget keuangan yang telah ditentukan, kecuali jika lo nggak ragu-ragu ingin menghabiskan waktu di hotel-hotel mewah.

4. Pilih Tempat Sesuai Kebutuhan

9 Tips Memilih Akomodasi yang Tepat untuk Solo Traveling

Image source: pexels.com/@tommymila

Tentukan tempat dan pilih tempat yang sesuai kebutuhan. Jika ingin melihat pemandangan laut yang indah, maka carilah tempat yang dekat dengan pantai. Atau ingin berada di tengah kota, atau bisa lebih dekat dengan bandara. Jadi, tentukan pilihan tempat wisata atau penginapan yang sesuai keinginan dan juga kebutuhan.

5. Periksa Ulasan dan Peringkat

9 Tips Memilih Akomodasi yang Tepat untuk Solo Traveling

Image source: pexels.com/@nurseryart

Sebelum memesan tempat/akomodasi, periksa terlebih dahulu ulasan dan peringkat yang ditemui di internet, terutama dengan keluhannya. Hal ini akan membantu dalam memutuskan apa yang nggak diinginkan selama tinggal nantinya.

6. Membuat Daftar Perjalanan

9 Tips Memilih Akomodasi yang Tepat untuk Solo Traveling

Image source: pexels.com/@nurseryart

Buatlah jadwal dari semua tempat yang ingin dikunjungi dan kegiatan yang sudah direncanakan. Dengan begitu, lo dapat memeriksa akomodasi/tempat tinggal di sekitaran area tersebut tergantung rencana yang telah dibuat.

7. Perhatikan Tempat Wisata dan Jarak Tinggal

Akan menyebalkan jika menghabiskan waktu berjam-jam hanya karena tempat wisata yang jauh dari tempat menginap sehingga akhirnya menjadi lelah. Periksalah apakah tempat menginap lo jauh dari tempat wisata atau nggak, agar nggak menghabiskan waktu di perjalanan yang begitu lama.

8. Mencari Tempat yang Aman

Penting untuk diingat, jangan lupa memastikan bahwa di manapun lo memilih tempat, pastikan tetap aman. Memilih tempat menginap yang aman juga akan membuat nyaman dalam perjalanan solo traveling.

9. Meminta Rekomendasi

Jika masih bingung memilih akomodasi yang tepat, lo bisa meminta rekomendasi teman atau dapat mencari lewat travel blogger yang akan membantu mendapatkan rekomendasi yang layak dan berbagi pengalaman satu sama lain.

Itulah beberapa tips memilih akomodasi yang tepat sebelum melakukan solo traveling. Lo sudah punya rencana solo traveling ke mana, bro?

 

Source: https://male.co.id/detail/9118/tips-memilih-akomodasi-untuk-solo-traveling-anda-men-scope-3
Tips Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Membuat dlu daftr bawaan
SRI YAYA ASTUTI
perlu rencana dan analisis yang tepat
Sumardiyono
tanks infonya
Adam Gilang Fadhillah
Mengerikannnnnn
dimas
mmmaaannnntttaaaapppp...
Helmi salim wachdin
Super cermat
Yuniarto ( Tato )
Sip Lahhh
Muhammad Romli
Mantaaaaap min tips nya
Ahmad Juhanda
Tips thanks
Umar
thank you...