Aplikasi yang Bikin Traveling di Tengah Pandemi Jadi Lebih Aman

Pesatnya perkembangan teknologi memang sangat memudahkan berbagai macam aktivitas manusia, termasuk dalam hal traveling di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, lo bisa mengurangi atau mencegah penularan virus yang sedang mewabah ini dengan menggunakan aplikasi canggih di smartphone lo, bro. Mau tahu apa saja aplikasi smartphone yang bisa bikin traveling di tengah pandemi jadi lebih aman? Berikut informasi selengkapnya!

Aplikasi yang Bikin Traveling di Tengah Pandemi Jadi Lebih Aman

Sejak awal, hadirnya pandemi Covid-19 memang membuat banyak orang merasa khawatir buat keluar rumah, apalagi traveling ke luar kota. Namun, kini berkat kecanggihan teknologi, lo nggak perlu khawatir lagi, bro.

Pasalnya, ada sejumlah aplikasi yang bisa mengurangi atau mencegah penularan virus saat dalam perjalanan maupun di tempat wisata. Sejumlah aplikasi ini pastinya menawarkan berbagai kemudahan, bro.

Bahkan, ada juga aplikasi yang berguna untuk tracing atau melacak jejak penularan jika terjadi kasus wisatawan yang positif Covid-19. Langsung saja, simak informasi beberapa aplikasi smartphone yang bisa bikin traveling di tengah pandemi jadi lebih aman berikut ini, bro!

eHAC Indonesia

Aplikasi yang Bikin Traveling di Tengah Pandemi Jadi Lebih Aman

Image source: Aplikasi e-HAC

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang menjadi aplikasi smartphone utama yang bisa bikin traveling di tengah pandemi jadi lebih aman, bro. Oleh karena itu, sebelum berangkat traveling lo wajib unduh eHAC Indonesia untuk memudahkan tracing jika terjadi kasus positif COVID-19.

eHAC (Electronic Health Alert Card) atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan merupakan aplikasi pendataan kesehatan yang diluncurkan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sejak awal pandemi Covid-19, eHAC Indonesia menjadi dokumen wajib bahkan untuk perjalanan domestik sekalipun, bro.

Lo bisa mengunduh aplikasi ini di Playstore atau AppStore. Cara mengisinya juga cukup mudah, yakni hanya melengkapi data diri dan mengisi riwayat kesehatan. Data tersebut bakal disimpan dalam QR code, yang kemudian akan dipindai oleh petugas bandara atau pelabuhan saat lo tiba di kota tujuan, bro.

PeduliLindungi

Aplikasi yang Bikin Traveling di Tengah Pandemi Jadi Lebih Aman

Image source: Aplikasi PeduliLindungi

PeduliLindungi merupakan aplikasi smartphone selanjutnya yang bisa bikin traveling di tengah pandemi jadi lebih aman, bro. Aplikasi ini diluncurkan sebagai upaya untuk membantu yang berwenang dalam menghentikan penyebaran Covid-19.

PeduliLindungi mengandalkan partisipasi penggunanya untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian. Dengan menggunakan perangkat Bluetooth, aplikasi ini memungkinkan untuk tracing riwayat kontak dengan penderita Covid-19, bro.

Nah, Bluetooth ini berfungsi buat mengidentifikasi orang-orang yang pernah ada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19, PDP (Pasien Dalam Pengawasan), dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). Selain itu, lo juga bisa tahu sedang berada di zona merah, kuning, atau hijau lewat aplikasi ini canggih ini, bro.

Aplikasi Traveling dan Akomodasi

Aplikasi traveling dan akomodasi seperti Loket.com bisa dibilang menjadi aplikasi smartphone selanjutnya yang bisa bikin traveling di tengah pandemi jadi lebih aman, bro. Sebab, lo pasti membutuhkan akomodasi yang memenuhi standar kesehatan agar lo tetap merasa aman selama traveling.

Aplikasi tersebut bisa sangat membantu karena menyediakan beragam pilihan hotel, penginapan, dan resort yang sudah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan, bro.

Aplikasi Konsultasi Kesehatan

Fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas bisa dibilang menjadi tempat yang sebaiknya dihindari saat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, aplikasi konsultasi kesehatan seperti Halodoc atau Alodokter menjadi aplikasi traveling di tengah pandemi yang wajib lo unduh di smartphone lo, bro.

Aplikasi konsultasi kesehatan ini pasti bakal sangat memudahkan jika lo memiliki masalah kesehatan saat sedang traveling di tengah pandemi. Lo bisa berkonsultasi secara online dengan dokter umum atau dokter spesialis, tanpa harus datang langsung ke rumah sakit, bro.

Nggak cuma itu, aplikasi konsultasi kesehatan ini juga menyediakan berbagai fitur, seperti mencari dokter terdekat saat dalam keadaan darurat. Lo juga bisa mendapatkan resep dan membeli obat secara langsung lewat satu aplikasi saja, bro.

So, itulah beberapa aplikasi smartphone yang bisa bikin traveling di tengah pandemi jadi lebih aman. Tetap utamakan keamanan dan jaga kesehatan saat traveling ya, bro. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://www.bobobox.co.id/blog/7-aplikasi-wisata-pandemi-covid-19/
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Tanks Infonya
Helmi salim wachdin
Super aman
Bahar
Nice info
Yeni Kurniasih
aplikasi yang bermanfaat di masa pandemi
Hari Tristiyanto
Sangat beanfaat
Ricko Pratama Putra
Nice Info
Yadi pitriadi
Bermanfaat infonya gan
Ahmad Rizza
Matur suwun
Yoga prisma haryanto
Info terbaik