Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wisata Campervan

Traveling menggunakan campervan dan tinggal lebih lama di satu titik sambil menikmati alam sekitar seperti kicauan burung, serta matahari pagi bersinar melalui jendela mobil pasti bakal menjadi pengalaman yang sulit dilupakan. Namun, sebelum berangkat ada hal-hal yang harus lo perhatikan biar perjalanan terasa menyenangkan dan berkesan, bro. Mau tahu apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum wisata campervan? Berikut ulasan selengkapnya!

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wisata Campervan

Mengunjungi tempat baru, mendapatkan pengalaman baru dan menemukan budaya baru di daerah lain memang sangat menyenangkan. Apalagi, kalau lo bisa menjelajahi suatu daerah dengan campervan. Pasti bakal sangat berkesan dan nggak bakal terlupakan deh, bro.

Wisata campervan atau berpetualang dengan mobil yang nyaman, kini bukanlah hal asing di Indonesia. Sebab, lo bisa memodifikasi mobil kesayangan atau menyewanya langsung di jasa rental campervan, bro.

Sama seperti aktivitas wisata lainnya, traveling menggunakan campervan juga butuh persiapan biar semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana. Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat wisata campervan, bro!

Pastikan Memiliki Lisensi Mengemudi

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wisata Campervan

Image source: unsplash.com/@evanbollag

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum berangkat wisata campervan yaitu pastikan lo harus memiliki keahlian mengemudi yang mumpuni disertai dengan lisensi berkendara atau Surat Izin Mengemudi mobil atau SIM A, bro.

Keahlian tersebut sangat dibutuhkan mengingat medan yang sulit ditebak, jarak yang cukup jauh serta beban dan tinggi mobil yang sedikit berbeda dari mobil biasa. Sementara itu, surat izin mengemudi sudah tentu diwajibkan bagi lo yang akan mengendari kendaraan dan surat tersebut juga umumnya akan dipertanyakan saat lo menyewa campervan, bro.

Siapkan Pendanaan dan Barang Bawaan

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wisata Campervan

Image source: unsplash.com/@brina_blum

Jika SIM A sudah aman, maka hal selanjutnya yang harus dipersiapkan sebelum berangkat wisata campervan yaitu siapkanlah pendanaan dan barang bawaan yang lo butuhkan selama perjalanan, bro.

Walaupun nggak memerlukan biaya akomodasi, tetap saja ada beberapa hal yang membutuhkan biaya selama perjalanan. Sebut saja biaya sewa campervan, bahan bakar kendaraan, bahan makanan, cemilan, air dan sebagainya. Dalam hal penyewaan campervan, lo perlu menentukan pilihan pada jenis mobil yang akan lo gunakan serta ukuran dan fasilitas yang bakal lo dapatkan, bro.

Selain itu, siapkan juga barang-barang lainnya yang perlu di bawa, seperti pakaian secukupnya, peralatan mandi, P3K, charger smartphone, senter, lotion anti nyamuk, sunscreen, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, sebaiknya lo membuat daftar barang bawaan biar nggak lupa dan nggak membawa barang berlebihan, bro.

Tentukan Rute dan Tempat Wisata Tujuan

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wisata Campervan

Image source: unsplash.com/@julensan09

Jika SIM, pendanaan dan barang bawaan dirasa sudah aman, maka hal selanjutnya yang harus dipersiapkan sebelum berangkat wisata campervan yaitu tentukan rute dan tempat wisata tujuan lo, bro.

Tentukan di mana saja lo bakal berhenti untuk parkir, tempat mana saja yang akan lo datangi, dan berapa biaya tiket masuknya serta apa saja peraturan yang berlaku di sana. Hal ini tentu saja sangat membantu lo buat menyusun budget dan memperkirakan berapa lama durasi perjalanan lo, bro.

Setelah menentukan tempat-tempat tujuan, rencanakan juga rute mana yang akan diambil. Hal ini ini tentu berpengaruh pada efisiensi waktu tempuh dalam perjalanan. Selain itu, perencanaan ini juga bakal membantu memperkirakan biaya sewa campervan, mengingat biasanya penyedia jasa rental campervan telah menentukan batasan jarak yang bakal ditempuh, bro.

Pastikan Bahan Bakar Cukup

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wisata Campervan

Image source: unsplash.com/@sebastiengoldberg

Last but not least nih bro, sebelum berangkat wisata campervan pastikan juga bahan bakar yang tersedia cukup buat bertualang. Pasalnya, nggak semua daerah atau jalan memiliki SPBU, apalagi jika sudah memasuki daerah pedesaan.

Oleh karena itu, rencanakan juga estimasi penggunaan bahan bakar, sehingga lo tahu kapan dan di mana saja harus berhenti mengisi bahan bakar, bro.

Nah, itulah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat wisata campervan. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat wisata campervan ya, bro. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://www.bobobox.co.id/blog/ikuti-tips-tips-wisata-campervan-berikut-ini-agar-perjalananmu-menyenangkan/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
Agung Sutrisno
Jadi pengen punya campervan... Bisa berpetualang bebas...
muslimin
Jangan bosan menulisakan tips untuk kita
Sumardiyono
nice infonya
Heni Oen
sayang fisini belum.ada caravan
Muhammad Romli
Nyimak kaka
Hari Tristiyanto
Hanjakal Van na euweuh euy hehehh Mantap info na
Yuniarto ( Tato )
Di indo kyanya blom banyak nih
Cecep Jajang
Belum pernah lihat,kalau di indo ada kaya nya bagus
Bahar
Nice infoo