Spesifikasi yang Harus Dimiliki Celana Outdoor Buat Pendakian

Celana outdoor umumnya digunakan saat melakukan aktivitas luar ruangan di alam bebas, salah satunya aktivitas pendakian gunung. Ternyata celana outdoor juga harus memiliki spesifikasi khusus agar nyaman digunakan saat beraktivitas di alam bebas. Simak ulasan selengkapnya!

Spesifikasi yang Harus Dimiliki Celana Outdoor Buat Pendakian

Celana yang masuk dalam kategori outdoor tentu aja adalah celana yang digunakan untuk aktivitas luar ruangan atau outdoor. Secara lengkap, celana outdoor dapat diterjemahkan sebagai celana atau outfit bagian bawah yang digunakan secara khusus untuk aktivitas di alam bebas semacam hiking, camping, hunting, dan lain sebagainya.

Karena sifat penggunaannya yang khusus, maka celana outdoor pun memiliki spesifikasi yang berbeda dari celana casual pada umumnya. Pada umumnya perbedaan tersebut bisa pada material yang digunakan sebagai bahan bakunya, bisa berupa desainnya yang lebih teknikal, atau bisa pada penambahan kompartemen tertentu yang menunjang aktivitas alam bebas.

Berikut ini beberapa spesifikasi yang harus dimiliki celana outdoor untuk melakukan aktivitas pendakian gunung.

Material atau Bahan Celana

Spesifikasi yang Harus Dimiliki Celana Outdoor Buat Pendakian

Image source: unsplash.com/@heftiba

Dari sisi material yang digunakan, sebuah celana dengan segmentasi aktivitas luar ruang harus memiliki beberapa kualifikasi yang khusus seperti kuat, nyaman, elastis, cepat kering, dan juga ringan.

Celana jeans tentu aja solid dan kuat, jika hanya dilihat dari faktor kekuatannya aja. Akan tetapi jika kemudian dilihat dari faktor ringan, elastis, dan juga cepat kering, material jeans tentu nggak memenuhi syarat. Keharusan sebuah celana outdoor untuk ringan, elastis, dan juga cepat kering adalah keunggulan yang harus ada dari sebuah celana outdoor.

Desain dan Anatomi Celana Outdoor

Spesifikasi yang Harus Dimiliki Celana Outdoor Buat Pendakian

Image source: unsplash.com/@jonathonreed

Untuk desain, celana outdoor mungkin memiliki banyak model. Beberapa brand perlengkapan outdoor dalam negeri mungkin kadang mengaplikasikan desain ini dalam produk mereka. Akan tetapi secara spesifik, celana hiking dan sejenisnya setidaknya memiliki beberapa kompartemen berikut;

Belt Loops. Pada bagian pinggang terdapat belt loops yang memungkinkan sebuah celana dapat terintegrasi dengan ikat pinggang atau sabuk. Pada bagian ini sebuah celana outdoor mungkin nggak memiliki perbedaan dengan celana jeans atau yang lainnya.

Deep Slash Pocket. Kompartemen kedua yang biasanya dimiliki oleh celana outdoor adalah deep slash pocket yang terdapat pada bagian dalam reguler pocket. Deep slash pocket biasanya lebih dalam dan dapat menyimpan benda-benda kecil yang dianggap penting.

Zippered Back Pocket. Anatomi ketiga dari sebuah celana outdoor yang umum adalah zippered back pocket atau saku belakang dengan resleting. Aplikasi kompartemen ini kadang nggak digunakan untuk celana outdoor yang menggunakan desain cargo atau tactical. Meski pada desain yang ideal, zippered back pocket pun tetap ada untuk desain tactical outdoor pants.

Gusseted Crotch. Selanjutnya adalah desain pada selangkangannya yang populer dengan istilah gusseted crotch. Setiap brand perlengkapan outdoor mungkin menerapkan desain berbeda pada inovasi gusseted crotch, akan tetapi prinsip utama pada gusseted crotch adalah bagian ini harus kuat dan lebih fleksibel.

Zippered Cargo Pocket. Alasan utama mengapa zipper selalu ditambahkan pada kantong celana outdoor adalah untuk mengantisipasi benda yang disimpan di dalamnya terjatuh atau tercecer ketika aktivitas outdoor dilakukan. Adanya resleting yang dilekatkan pada saku baik depan, belakang maupun cargo (kiri dan kanan paha) dapat meminimalisasi risiko ini.

Articulated Knees. Bagian celana outdoor yang juga mendapat perhatian khusus adalah lutut. Articulated knees juga kadang menggunakan material yang digandakan, juga menerapkan teknologi yang lebih fleksibel pada bagian lutut baik jahitan maupun desainnya sebagai bagian support gerakan engkel lutut yang aktif saat di alam bebas.

Drawcord Ankle Adjustment. Anatomi celana outdoor lainnya yang cukup penting adalah drawcord ankle adjustment yang dapat diakomodasi dengan desain velcro, tali cord, ataupun smooth webbing. Fungsi bagian ini adalah sebagai upaya mengantisipasi panjang celana menjadi mengganggu ketika dalam kondisi yang mengharuskannya untuk diringkas atau bahkan digulung.

Nah, itulah beberapa spesifikasi khusus yang harus dimiliki celana outdoor untuk melakukan aktivitas di alam bebas. Beberapa spesifikasi tersebut tentu berguna untuk kenyamanan saat beraktivitas, bro.

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/spesifikasi-dan-rekomendasi-celana-outdoor-terbaik-untuk-pendakian-gunung
Gear Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
spesifikasi khusus yang harus dimiliki celana outdoor
Muhammad Romli
Nice info
dephy
celana outdoor juga harus memiliki spesifikasi khusus agar nyaman digunakan saat beraktivitas
Sumardiyono
nice infonya
Agung Sutrisno
Harus nyaman dipakai
Bahar
Nice info
Cecep Jajang
Lebih suka pakai celana outdoor yang pendek lebih nyaman
Amirul Bahri
Kerenn.......