Catet Nih Bro, Rumah Singgah Gratis Buat Backpacker di Seluruh Indonesia

Traveling keliling Indonesia dengan cara backpacking mungkin menjadi impian sebagian orang. Nggak hanya itu, kegiatan ini juga butuh budget yang cukup. Buat menekan budget tersebut, lo bisa menginap di rumah singgah secara gratis di beberapa daerah di seluruh Indonesia, bro. Simak ulasan selengkapnya!

Catet Nih Bro, Rumah Singgah Gratis Buat Backpacker di Seluruh Indonesia

Jalan-jalan atau traveling dengan cara backpacking sudah bukan jadi hal yang baru lagi di kalangan traveler. Cara ini sering dipilih karena bisa menghemat dalam segi keuangan. Para backpacker juga nggak jarang meminimalkan budget menginap yang biasanya memakan biaya cukup besar. Atau bahkan ada juga yang rela tidur di alam terbuka supaya lebih hemat lagi.

Nah, buat para traveler yang suka backpacking khususnya ke berbagai daerah di Indonesia, bisa berbahagia tentunya. Karena sekarang ini di beberapa kota Indonesia ternyata sudah ada rumah singgah gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Mau tahu di mana aja? Berikut ini daftar selengkapnya.

Rumah Singgah Lombok Backpacker

Catet Nih Bro, Rumah Singgah Gratis Buat Backpacker di Seluruh Indonesia

Image source: instagram.com/@rinjanitrekker 

Rumah singgah satu ini dibilang sederhana dan penuh cinta, kenapa? Yup, karena memang kondisi rumah yang sangat sederhana tapi dijaga oleh Mamak dan Bapak yang sangat baik hati dan perhatian. Buat yang akan traveling ke Lombok, bisa singgah di rumah ini tanpa harus bayar sepeserpun. Tapi tetap harus perhatikan aturan yang ada, bro.

Rumah singgah ini terletak di Jalan Bangil V BTN Taman Baru Nomor 6, Pagesangan Timur, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Rumah Singgah Ola Ngari, Flores Tengah

Catet Nih Bro, Rumah Singgah Gratis Buat Backpacker di Seluruh Indonesia

Image source: emanuelndeluwele.blogspot.com

Rumah singgah yang ada di Kampung Nuapaji, Desa Jopu, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Flores Tengah ini adalah rumah milik Mama Fransiska. Kalau lo bertanya para warga sekitar kampung ini, pasti sudah banyak yang tahu.

Di sini lo bisa menginap gratis dan juga bisa mengenal lebih dekat warga lokalnya. Lo juga bisa melihat aktivitas para wanita desa ini yang setiap harinya membuat Kain Tenun Ikat Khas Ende Lio, atau melihat secara langsung kehidupan masyarakat, adat, dan budaya di kampung terpencil ini.

Kompas Masohi, Maluku

Catet Nih Bro, Rumah Singgah Gratis Buat Backpacker di Seluruh Indonesia

Image source: emanuelndeluwele.blogspot.com

Rumah singgah semi permanen ini nggak hanya memberikan tumpangan untuk para backpacker aja, tapi juga untuk transit para pendaki Gunung Binaya. Jadi kalau mau menjajal naik gunung ini, atau hanya ingin main ke Pulau Seram Maluku, bisa singgah dan tidur di Rumah Singgah Kompas Masohi ini. Lo bisa langsung datang ke Jalan Chamar, Kelurahan Namaelo, Pulau Seram Maluku, bro.

Rumah Singgah Backpacker Banyuwangi

Catet Nih Bro, Rumah Singgah Gratis Buat Backpacker di Seluruh Indonesia

Image source: akichi2212.files.wordpress.com

Pengelola rumah singgah satu ini adalah Rahmat, yang ingin rumah singgah ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Jadi para pelancong dari manapun boleh menginap gratis di sini dan saling berbagi cerita apapun.

Nah, kalau melakukan backpacker sendirian, di sini lo bisa bertemu partner jalan. Karena mayoritas orang yang singgah di rumah ini akan melakukan tour Banyuwangi dengan sistem sharing cost yang tentu bikin pengeluaran lebih hemat.

Rumah Singgah Backpacker Bali

Buat yang jalan-jalan di sekitaran pusat kota Bali dan bingung mau menginap di mana, jawabannya adalah ke Rumah Singgah Backpacker Bali, bro. Rumah singgah ini gratis, tapi dengan syarat nggak boleh datang secara mendadak. Jadi harus kasih kabar terlebih dahulu sebelumnya jika mau datang dan menginap di sini.

Omah Backpacker, Malang

Omah Backpacker ini dibuat untuk bantu anak-anak Malang khususnya Desa Ngijo supaya bisa dapat buku bacaan yang layak. Ajeng membuat rumah singgah ini agar bisa ditempati gratis oleh backpacker. Tapi dengan syarat lo harus bayar dengan buku bekas atau baru yang layak baca untuk anak-anak.

Selain itu, lo juga bisa berbagi cerita dengan anak-anak Desa Ngijo, tentang perjalanan yang sudah dilalui. Tujuan Ajeng membuat rumah singgah ini sekaligus agar anak-anak desa ini bisa punya pandangan luas tentang dunia luar.

Kalau berkunjung ke Malang, harus banget menginap di sini, bro. Alamatnya di Jalan Raya Ngepeh Nomor 17 Ngijo Karangploso, Malang.

Itulah beberapa rumah singgah gratis di berbagai daerah di Indonesia yang nggak memungut biaya sepeserpun. Kalau lagi backpacking ke daerah tersebut, jangan lupa menginap di rumah singgah tadi, bro!

 

Source: https://phinemo.com/rumah-singgah-gratis-backpacker/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Banyak juga daftr rumah singgah. Catetan buat yg suka melancong
Yuniarto ( Tato )
Catetttttt
Wafiroel N
keren sekali
Sumardiyono
Nice infonya
Ahmad Juhanda
Nice info
Karlina
Nice info
RISNA
Makasih infonya
Juang Pratama
keren keren juga
Heni Oen
Baru tau ada.. lumayan buat catatan nih
Rival S.  Janurl
keren yaaaaaa