Pakai Ban Offroad Buat Motor Harian, Apa Efeknya Ya Bro?

Fungsi ban dalam berpetualangan dengan motor trail itu vital banget, bro. Kegiatan offroad lintas alam harus benar-benar proper dari segi performa kendaraan, mulai dari mesin sampai ban, maupun kaki-kakinya.

Pakai Ban Offroad Buat Motor Harian, Apa Efeknya Ya Bro?

Nggak cuma mobil, motor yang roda dua juga sama. Ban nggak bisa asal pakai karena medannya yang nggak biasa. Apalagi kalau medannya licin, berlumpur habis diguyur hujan. Kalau pakai ban botak bakal rawan tergelincir.

Motor kalau sudah dipasang ban bergigi, tampilannya auto ganteng. Bahkan bisa-bisa nggak mau ganti lagi deh, kalau motor trail kesayangan lo mendadak mau dipakai buat mengaspal.

Sah-sah saja sih ban kembang dipakai buat di jalan aspal. Namanya juga modifikasi, nggak ada bisa debat soal selera dan kesukaan. 

Tapi memang idealnya pemakaian ban itu menyesuaikan dengan kebutuhan. Terus memangnya ada efeknya ban off road dipakai ngaspal?

Bisa Tapi Nggak Direkomendasikan

Pakai Ban Offroad Buat Motor Harian, Apa Efeknya Ya Bro?

Image source: unsplash.com/@introspectivedsgn

Ban kembang khas offroad sama sekali nggak direkomendasikan buat perjalanan dengan trek datar atau aspal. Kenapa? Kalau ban kembang dipakai di aspal bakal cepat rusak. Pattern atau kembang pada ban offroad bisa retak. 

Karena sebenarnya fungsi dari kembang atau pattern di bang offroad itu buat mencangkul medan biar nggak gampang selip. Misalnya di jalan tanah, kalau pakai ban biasa akan tergelincir karena permukaan ban yang rata. Beda cerita kalau pakai ban kembang, dia bakal lebih kokoh di atas tanah dengan cengkraman yang apik.

Jenis Ban Offroad

Pakai Ban Offroad Buat Motor Harian, Apa Efeknya Ya Bro?

Image source: unsplash.com/@kaziiparkour

Ada 3 pilihan jenis ban yang bisa lo pilih untuk menaklukan jalur offroad. Pertama tipe hard, cocok buat menempuh jalur tanah kering dan berbatu. Tipe foft, cocok untuk digunakan di jalur basah dan penuh dengan lumpur. Terakhir tipe intermediate, cocok digunakan di jalur kering, tapi lumayan juga ketika digunakan di jalur offroad basah. Intinya pertengahan di antara dua jenis ban di atas.

Nah, kalau lo punya budget lebih, minimal Lo harus punya 2 tipe ban, yakni hard dan soft. Buat jaga-jaga aja kalau-kalau medan yang lo lalui bertipe basah dan kering tingkat menengah. Tapi kalau budget pas-pasan, pilihan paling ideal ya ban tipe intermediate. 

Ukuran Ban

Pakai Ban Offroad Buat Motor Harian, Apa Efeknya Ya Bro?

Image source: unsplash.com/@introspectivedsgn

Nggak cuma itu bro, Lo juga harus mempertimbangkan ukuran ban. Ban offroad yang dijual itu berdasarkan ukuran diameter pelek, termasuk ban 16 inch, 18 inch, 19 inch hingga 21 inch, yang memang sudah lumrah untuk digunakan kegiatan adventure.

Kalau pilihan merek, di Indonesia sendiri ada banyak mulai dari merek seperti Dunlop, Bridgestone, Pirelli, Metzeler, Kenda dan Maxxis. Itu merupakan merek yang paling banyak digunakan, dengan rentang harga antara Rp 1,7 jutaan hingga Rp 3 jutaan per set. Tinggal Lo sesuaikan saja dengan kebutuhan.

 

Source: https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/13/104200015/menggunakan-ban-off-road-untuk-motor-harian-ada-efeknya-
Gear Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Terimakasih, artikel yang bermanfaat
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Agung Sutrisno
Harus mempertimbangkan ukuran ban.
Yuniarto ( Tato )
Mahal nihhh
Muhammad Romli
Sesuai kan dengan kebutuhan
Wafiroel N
makasih infonya
dimas
mmmaaannnttttaaaaapppp
Yeni Kurniasih
duinya kaum adam olahraga ini ya
Sumardiyono
mantap bro
agung
tq info ya