4 Wisata Desa Adat yang Memikat di Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan menang terkenal memiliki sejumlah tempat wisata alam yang sangat menakjubkan. Nggak cuma itu, lo juga bisa menikmati wisata budaya lewat desa adat yang sangat memikat, bro. Penasaran kan, dimana saja destinasi wisata desa adat yang sangat memikat di Sulawesi Selatan? Berikut ulasan selengkapnya!

4 Wisata Desa Adat yang Memikat di Sulawesi Selatan

Kearifan lokal warga setempat dan pemandangan desa yang indah pasti bakal lo temukan saat menjalani wisata desa adat. Selain itu, lo pasti bisa mendapatkan banyak pengalaman baru yang sangat berkesan dari wisata desa adat ini, bro.

Salah satu Provinsi di Indonesia yang terkenal dengan wisata desa adatnya yaitu Sulawesi Selatan. Yup, nggak hanya menyajikan keindahan pesona alam, Sulawesi Selatan juga punya beberapa wisata desa adat yang menyajikan pembelajaran dan pengalaman yang nggak bakal bisa dilupakan, bro.

Langsung saja, simak informasi destinasi wisata desa adat yang sangat memikat di Sulawesi Selatan berikut ini!

1. Kampung Adat Ammatoa, Bulukumba

4 Wisata Desa Adat yang Memikat di Sulawesi Selatan

Image source: journeyaroundsouthsulawesi.wordpress.com

Destinasi wisata desa adat di Sulawesi Selatan yag pertama ini menjadi salah satu kampung adat tertua di Sulawesi Selatan lho, bro. Suku Kajang, suku penghuni asli Kampung Adat Ammatoa ini dikenal memiliki ilmu gaib dan hal berbau mistis.

Hal ini bisa dibilang menjadi salah satu alasan kenapa suku ini cukup disegani, bro. Selain itu, warga Kampung Adat Ammatoa ini juga memiliki keunikan dalam hal berpakaian. Biasanya, warga di sini mengenakan pakaian serba hitam dari hasil tenunan dengan pewarna alami.

Warna yang seragam ini memiliki makna kesetaraan, kesederhanaan dan bersahaja, bro. Selain pakaian, bentuk, warna dan ukuran rumah dari suku ini pun seragam dengan dinding papan dan atap rumbia serta menghadap kiblat semua, bro.

2. Kampung Adat Sillanan, Tana Toraja

4 Wisata Desa Adat yang Memikat di Sulawesi Selatan

Image source: official.cbtindonesia.com

Para petualang pasti sudah nggak asing dengan Tana Toraja. Yup, salah satu desa yang masih mempertahankan adat dan budaya Tana Toraja yaitu Desa Sillanan, Mengkendek. Desa ini seringkali juga disebut sebagai Desa Bebatuan, karena hampir seluruh permukaan tanah di desa ini berasal dari batu kapur, bro.

Kebanyakan warga di sini bermata pencaharian sebagai petani kopi dan sayuran. Jadi lo nggak cuma bisa melihat rumah adat Tongkonan yang dilengkapi lumbung padi, bro. Tapi juga ada perkebunan kopi dan sayuran sebagai agrowisata.

Kalau lo suka dengan wisata sejarah, maka lo bisa melihat beberapa bangunan megalitikum seperti kubur batu dan menhir di tempat ini, bro. Selain itu, ada juga benteng pertahanan yang disebut Tangdi Rompo di puncak bukit sekitar Desa Sillanan.

Ada pula Sumur Tintiri yang merupakan sumur adat di desa ini. Air dari sumur ini dipercaya bisa membuat awet muda lho, bro.

3. Kampung Adat Karampuang, Sinjai

4 Wisata Desa Adat yang Memikat di Sulawesi Selatan

Image source: festivaljalanjalan.com

Kampung Adat Karampuang yang terletak di Kabupaten Sinjai ini memiliki ritual unik bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke sini, bro. Sebagai tanda penghormatan pada para leluhur, lo harus mengambil sebuah batu dan selembar daun. Kemudian meletakkan batu tersebut di atas selembar daun tadi, bro.

Masyarakat disini sangat menjunjung tinggi derajat wanita dan menganut matrilineal. Selain itu, rumah adat Karampuang pun memiliki filosofi seperti tubuh manusia. Ada beberapa objek yang dikeramatkan di desa ini, antara lain sebuah kolam tua untuk memandikan balita dan makam purba.

4. Desa Kete Kesu, Toraja Utara

4 Wisata Desa Adat yang Memikat di Sulawesi Selatan

Image source: bataritours.com

Desa Kete Kesu memang sudah sangat populer dengan kebudayaannya di mata dunia. Jika berkunjung ke sini, lo akan menjumpai barisan Tongkonan, rumah adat Toraja, bro.

Selain itu, ada juga tradisi kubur tebing, yaitu orang yang sudah meninggal disemayamkan di sebuah tebing dan ditandai dengan patung kayu yang wujudnya menyerupai sang mendiang, bro.

Nah, itulah beberapa informasi terkait destinasi wisata desa adat yang sangat memikat di Sulawesi Selatan. Mana yang bakal lo kunjungi setelah ini, bro?

 

Referensi: https://www.idntimes.com/travel/destination/fatma-roisatin-nadhiroh/menjunjung-tinggi-budaya-ini-5-desa-adat-di-sulawesi-selatan-c1c2/5
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Hari Tristiyanto
Terimakasih i formasinya
Mawan
Keren banget
Agus Sungkawa
Warisan budaya Indonesia
dephy
bangga akan budaya Indonesia
SRI YAYA ASTUTI
ASET DAN BUDAYA ASLI INDONESIA YANG HARUS KITA JAGA
Ricko Pratama Putra
Kerennnnn
Juang Pratama
keren, jadi pengen kesana
Senuadi Tandun
informasi bagus nih
Bahar
nice info