Tips Memilih Masker yang Tepat Buat Berolahraga

Menggunakan masker memang sangat dianjurkan dalam segala aktivitas di tengah masa pandemi ini, termasuk saat berolahraga. Sedikit berbeda dengan masker biasa, masker buat olahraga ternyata harus memiliki sejumlah fitur khusus lho, bro. Apa saja tips memilih masker yang tepat buat berolahraga? Simak informasi selengkapnya berikut ini, bro!

Tips Memilih Masker yang Tepat Buat Berolahraga

Olahraga bisa dibilang merupakan aktivitas yang harus dilakukan setiap orang untuk membuat tubuhnya lebih bugar dan sehat. Lo bisa melakukan olahraga sederhana seperti jogging dan bersepeda santai, atau olahraga ekstrem yang memacu adrenalin seperti skateboard, sepeda BMX, sepeda gunung, trail running dan lain sebagainya, bro.

Berolahraga di masa pandemi tentu memiliki sedikit perbedaan pada penerapan protokol kesehatan guna memperkecil kemungkinan penularan virus. Mulai dari menjaga jarak, mencuci tangan sampai memakai masker.

Yup, saat berolahraga di masa pandemi lo harus tetap menggunakan masker untuk memperkecil risiko penularan virus, bro. Masker buat berolahraga tentu memiliki sejumlah fitur guna memudahkan pernapasan penggunanya.

Biar nggak salah pilih, lebih baik simak tips memilih masker yang tepat buat berolahraga berikut ini, bro!

Sebaiknya Gunakan Masker dengan Bahan Katun dan Nonwoven

Tips Memilih Masker yang Tepat Buat Berolahraga

Image source: cntraveler.com

Tips pertama dalam memilih masker yang tepat buat berolahraga yaitu sebaiknya gunakan masker dengan bahan katun dan nonwoven. Kalau lo mau masker olahraga yang bisa dicuci dan bisa digunakan kembali, maka pilihlah produk berbahan katun, bro.

Bahan ini memiliki tekstur yang lembut, ringan, dan adem saat dipakai. Alhasil, meskipun menggunakan masker, aktivitas olahraga di luar ruangan bisa tetap nyaman dan mengasyikkan, bro.

Selain itu, seorang ahli paru-paru bernama Dr. Gustavo Ferrer mengatakan bahwa masker yang terbuat dari kain katun merupakan salah satu bahan terbaik untuk melindungi dari virus. Sebab, kain katun memiliki serat yang kecil, sehingga partikel virus pun sulit menembus ke dalam masker, bro.

Berbeda dengan masker yang terbuat dari bahan nonwoven. Bahan ini terbuat dari serat panjang atau pendek (stapel) dan sering digunakan untuk membuat masker surgical atau bedah. Karena pembuatannya nggak ditenun, masker ini pun terbilang breathable atau memudahkan pernapasan. Masker nonwoven juga ini merupakan masker sekali pakai yang terjamin higienis, bro.

Sesuaikan Tipe Masker dengan Jenis Olahraga

Tips Memilih Masker yang Tepat Buat Berolahraga

Image source: meeturlife.com

Tips memilih masker yang tepat buat berolahraga selanjutnya yaitu sesuaikanlah tipe masker dengan jenis olahraga yang bakal lo jalani, bro. Kalau lo melakukan olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang, maka gunakanlah masker kain atau bedah.

Olahraga dengan intensitas rendah ditandai dengan denyut nadi yang nggak terlalu tinggi dan masih bisa berbicara saat melakukannya. Masker kain dan bedah tergolong breathable. Namun sayangnya, ketika masker tersebut basah oleh keringat, lo pasti bakal kesulitan bernapas. Jadi, bawalah masker cadangan dan segera ganti ketika sudah berkeringat ya, bro.

Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi biasanya dilakukan oleh atlet yang akan bertanding. Ciri-ciri olahraga berat adalah menghasilkan denyut nadi lebih tinggi, pernapasan lebih cepat, dan susah berbicara ketika melakukannya, bro.

Sebenarnya, ketika melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, lebih baik jangan memakai masker biar pernapasan nggak terganggu. Namun, jika harus melakukan olahraga di luar ruangan, lo bisa memilih masker yang memiliki ventilasi seperti tambahan katup udara atau kipas kecil. Dengan begitu, napas lo tetap lancar saat melakukan aktivitas olahraga kesukaan lo, bro.

Pastikan Kebersihan Filter

Biasanya, tipe masker olahraga memiliki filter khusus. Jika masker bedah memiliki 3–4 lapisan penyaring yang menjadi satu, maka masker kain umumnya memiliki kantong khusus yang bisa diselipkan tisu sebagai filter. Di sisi lain, masker dengan ventilasi udara memiliki filter yang lebih canggih seperti rechargeable air filter, bro.

Kegunaan dari filter pada masker yaitu mencegah droplet, debu, virus, dan polusi udara. Oleh karena itu, filter perlu diganti secara rutin. Jadi, selain memperhatikan ketersediaan filter, lo juga perlu rajin menggantinya biar masker bisa berfungsi dengan optimal, bro. 

Nah, itulah beberapa tips memilih masker yang tepat buat berolahraga. Jadi, jangan sampai salah pilih ya, bro! 

 

Referensi: https://my-best.id/136739#toc-1
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
samsul hadi
Memding gak pake masker aih sbenernya
Bahar
Nice info
mutochir jufri
Nice info
Sumardiyono
tanks infonya
Senuadi Tandun
Info yang bermanfaat
Karlina
nice info
Hari Tristiyanto
Jadi ngeri ... kayaknya bakalan lama nih pakai masker nya
Yadi pitriadi
Bermanfaat infonya
MuhammadAsrul
Nice info
Rival S.  Janurl
jgn lama lamalh pake maskernyaaa,,,,,