Olahraga Ekstrem Kuno yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Olahraga ekstrem tentu berbeda dari jenis olahraga pada umumnya, karena risiko dan bahaya yang ditanggung cukup besar. Bahkan olahraga ekstrem sudah ada dari zaman kuno dan tercatat dalam sejarah, bro. Mau tahu apa aja? Simak ulasan selengkapnya!

Olahraga Ekstrem Kuno yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Kegiatan berolahraga biasanya dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, bagaimana kalau olahraga yang dilakukan juga mengandung hal berbahaya? Di zaman modern ini, olahraga berbahaya yang memiliki risiko tinggi tersebut dikenal dengan olahraga ekstrem.

Ada berbagai jenis olahraga ekstrem yang berbahaya sekaligus menyehatkan seperti gulat, tinju, ataupun panjat tebing. Tapi tahu nggak sih bro, dalam sejarahnya olahraga ekstrem sudah dilakukan manusia sejak ribuan tahun lalu. Mau tahu olahraga ekstrem kuno yang pernah ada dalam sejarah? Berikut ini di antaranya:

Ancient Polo

Olahraga Ekstrem Kuno yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Image source: lapolo.in

Polo merupakan salah satu permainan tertua di dunia. Olahraga ini masih sering dimainkan hingga kini, hanya nuansa dalam memainkannya adalah kekeluargaan. Ancient Polo dimainkan oleh Kekaisaran Persia Kuno beberapa waktu sebelum abad keenam SM.

Berbeda dengan sekarang dimana polo dimainkan dengan suasana kekeluargaan, dulu olahraga ini dimainkan para pejuang oleh pasukan kavaleri dengan nuansa serius dan digunakan sebagai latihan perang dengan menggunakan ramming kuda kecepatan tinggi.

Bahkan, Kaisar Byzantine Manuel mengalami gegar otak, Kaisar Alexander dan John dari Trebizond meninggal kala memainkan olahraga ini.

Calcio Fiorentino

Olahraga Ekstrem Kuno yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Image source: Alessandro Iovino / Culture Trip

Olahraga satu ini banyak dikaitkan dengan Italia. Permainan ini sebenarnya nggak jauh berbeda dengan rugby, bedanya kalau rugby sekarang memakai pelindung lengkap, nggak demikian dengan Calcio Fiorentino.

Ini adalah olahraga yang dimainkan oleh Bangsa Romawi Kuno dan biasa dipertontonkan di alun-alun pusat kota Florence. Mereka akan dibagi menjadi dua tim yang saling berebut bola dengan mencoba cara apapun. Pemain bisa saling bergulat, meninju, menendang, menerjang semua sah.

Untuk menambah nuansa bela diri, setiap kali gol meriam akan ditembakkan. Menariknya pemenang hanya diberi hadiah makanan, atau seekor sapi. Dan yang kalah akan mendapat luka-luka untuk dirawat di rumah.

Chariot Racing

Olahraga Ekstrem Kuno yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Image source: telegraph.co.uk

Dimainkan oleh bangsa Romawi, Chariot Racing biasa disebut balapan kereta kuda. Olahraga ini dimainkan di tempat yang juga digunakan untuk pertarungan gladiator. Chariot Racing yang biasa digunakan sebagai ajang berjudi, menggunakan kereta yang ditarik oleh dua atau empat ekor kuda dalam tujuh lap.

Kunci untuk menyalip dalam permainan Chariot Racing adalah dengan memotong jalur dalam, sehingga kecelakaan menjadi hal lumrah terjadi. Hasil studi menunjukkan, rata-rata pemain Chariot Racing meninggal di usia 22 tahun.

Water Jousting

Olahraga Ekstrem Kuno yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Image source: en.wikipedia.org

Olahraga Water Jousting bisa dibilang sangat berbahaya, karena alat yang digunakan bertanding yaitu tongkat tajam dengan pelindung sebuah perisai lengkap, serta tim pendayung berjumlah sepuluh orang berkecepatan tinggi yang siap menenggelamkan para pemainnya jika kalah terjauh.

Masyarakat sekitar sungai Nil di Mesir malah memiliki sistem permainan lebih mengerikan terkait olahraga ini. Jika di tempat lain pemain yang jatuh akan tenggelam, di Mesir mereka yang jatuh ke sungai Nil ancamannya bukan hanya tenggelam tapi juga buaya dan kuda nil yang menanti di bawah.

Cretan Bull

Olahraga Ekstrem Kuno yang Pernah Ada Dalam Sejarah

Image source: EKDOTIKE ATHENON S.A.

Peraturan dalam olahraga Cretan Bull Leaping sangatlah sederhana, yaitu pemainnya diharuskan untuk melompati banteng. Olahraga ini awalnya muncul pada 1400 SM di Kreta.

Dan yang perlu diingat bahwa banteng Kreta berbeda dengan banteng sekarang, karena banteng Kreta terkenal akan keganasannya dan kecepatannya. Kalau di olahraga lompat tinggi ketika pemain gagal melompati tiang maka akan jatuh di atas matras, namun jika terjatuh dalam Cretan Bull Leaping maka taruhannya nyawa.

Itulah beberapa olahraga ekstrem kuno yang pernah ada dalam sejarah. Olahraga kuno mana yang menurut lo paling ekstrem, bro?

 

Source: https://international.sindonews.com/berita/1364711/45/olahraga-ekstrem-pada-jaman-kuno-yang-pernah-ada-dalam-sejarah?showpage=all
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

22 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Permainan yg sdh puluhan tahun adanya
Adam Gilang Fadhillah
ngeri anjir yang banteng itu
DEVI TRI HANDOKO
Olahraga ekstrem tentu berbeda dari jenis olahraga pada umumnya, karena risiko dan bahaya yang ditanggung cukup besar
Heni Oen
ekstrem karena jaman dulu
Bahar
nice info
Sumardiyono
nice infonya
Muhammad Romli
olahraga ekstrem kuno yang pernah ada dalam sejarah.
Yoga prisma haryanto
Mungkin sekarang sedikit yg minat.. terkecuali masih mematuhi aturan keluhur dr adat masjng masing
Hari Tristiyanto
Mantap i nfonya
Agung Sutrisno
Olah raga jaman dulu yang selalu mengandung resiko tinggi bagi pesertanya