Mengenal Spesifikasi Sandal Gunung dengan Kualitas Terbaik

Sandal outdoor atau sandal gunung biasa digunakan para petualang untuk menjelajahi alam bebas. Menggunakan sandal gunung juga nggak bisa asal, untuk itu lo harus mengenal spesifikasi sandal gunung dengan kualitas terbaik, bro. Simak ulasan selengkapnya!

Mengenal Spesifikasi Sandal Gunung dengan Kualitas Terbaik

Sandal gunung merupakan sebuah sandal yang didesain sedemikian rupa dengan tujuan memberikan kenyamanan, kekuatan, dan juga perlindungan pada kaki ketika dikenakan bertualang di alam bebas. Sandal gunung juga memiliki banyak model serta bentuk, namun secara umum dapat dikatakan bahwa kombinasi straps webbing dan rubber outsole adalah yang paling sering diaplikasikan.

Sandal gunung atau sandal outdoor tentu harus nyaman digunakan pada medan apapun yang dilalui. Dan hal ini tentu membutuhkan sebuah sandal dengan kualifikasi yang sempurna. Lantas apa aja spesifikasi sandal gunung dengan kualitas terbaik? Berikut ini di antaranya.

Memiliki Anatomi Sempurna

Mengenal Spesifikasi Sandal Gunung dengan Kualitas Terbaik

Image source: gearmoose.com

Ada yang membagi anatomi sebuah sandal menjadi 12 item. Namun secara sederhana untuk sebuah sandal gunung, dapat dibagi dalam lima komponen paling fundamental. Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut;

Rubber Outsole. Ini adalah bagian paling utama dari sebuah sandal gunung secara umum. Rubber outsole sendiri adalah tapak utama sandal yang bersentuhan langsung dengan permukaan medan jelajah. Penggunaan rubber atau karet adalah unsur yang harus diperhatikan dari sandal gunung.

Midsole. Pengertian sederhananya adalah tapak tengah yang berada di antara rubber outsole dan insole. Midsole pada sandal gunung memiliki fungsi utama sebagai suspensi atau peredam kejut dari semua pergerakan menapak di atas bermacam medan yang dilalui.

Insole. Merupakan sebuah lapisan tapak sandal gunung yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki penggunanya. Insole haruslah dapat memenuhi unsur kenyamanan, lembut, nggak bikin cedera, dan juga anti-slip atau nggak licin.

Strap Webbing atau Polyester. Strap atau tali menjadi salah satu bagian sandal yang paling krusial karena bersentuhan langsung pada punggung dan juga sisi-sisi kaki. Material strap yang kasar dan pola yang nggak tepat tentu bisa menyebabkan lecet dan cedera.

Buckle Pengunci dan Penghubung Strap. Pada implementasinya, buckle pengunci ataupun buckle strap penghubung adalah bagian sangat penting dari anatomi sandal gunung secara keseluruhan. Buckle penghubung tali yang nggak tepat, maka bisa mengganggu kesempurnaan dari sandal gunung itu sendiri.

Memiliki Desain Komprehensif

Mengenal Spesifikasi Sandal Gunung dengan Kualitas Terbaik

Image source: outdoor.openingdesk.com

Setelah anatomi yang lengkap, bagian dari spesifikasi sandal gunung yang dapat diperhatikan adalah desainnya yang komprehensif. Yang dimaksud adalah desainnya mampu memenuhi unsur-unsur penopang yang paling diperlukan. Misalnya terdapat sol yang sempurna, juga penempatan strap tali yang lengkap.

Memiliki Adjustment untuk Setiap Strap

Mengenal Spesifikasi Sandal Gunung dengan Kualitas Terbaik

Image source: Mr.TinDC on Flickr.com

Sandal gunung yang baik adalah yang bisa diperkecil dan diperbesar (adjust) strap-nya sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya sandal gunung mengadopsi teknologi velcro dalam hal strap adjustment. Namun, ada pula sandal gunung yang nggak menggunakan velcro, tapi material lain yang fungsinya untuk adjustment.

Untuk Semua Kegiatan Outdoor

Mengenal Spesifikasi Sandal Gunung dengan Kualitas Terbaik

Image source: unsplash.com/@emmafranceslogan

Sandal gunung dengan kualitas terbaik haruslah bisa digunakan untuk melibas semua medan apapun. Hal ini berarti sandal tersebut bisa digunakan untuk berbagai aktivitas outdoor yang dilakukan.

Mulai dari kegiatan hiking (mendaki gunung), scrambling (memanjat tebing yang nggak terlalu sulit), boating (kayak, arung jeram), fishing (memancing, berlayar), dan lain sebagainya. Untuk semua jenis kegiatan petualangan tersebut, sandal gunung dengan kualitas terbaik sudah seharusnya mengakomodasi semuanya.

Itulah beberapa spesifikasi penting dari sandal gunung dengan kualitas terbaik yang harus diperhatikan para petualang alam bebas. Perhatikan beberapa spesifikasi tersebut sebelum memilih sandal gunung ya, bro!

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/spesifikasi-sandal-gunung-terbaik-dan-tips-dalam-memilihnya
Gear Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Yadi pitriadi
Sandal gunung memastikan pijakan tetap empuk meski Medan yang di injak cukup keras ... mantap
dephy
Sandal outdoor atau sandal gunung biasa digunakan para petualang untuk menjelajahi alam bebas
Heni Oen
thanks infonya jadi tau
Cecep Jajang
Ternyata pungsi nya banyak juga.
Yoga prisma haryanto
Safety first
Wafiroel N
tambah ilmu makasih bro
agung
tq info ya
Dewandi amirullah
Info yang bermanfaat jadi bisa bedakan
Sumardiyono
txs infonya
Agus Sungkawa
spesifikasi penting dari sandal gunung dengan kualitas terbaik